NOW READING

ZUK Z1, Pendatang Baru dengan Kualitas Kelas Atas

 2218
+
 2218

ZUK Z1, Pendatang Baru dengan Kualitas Kelas Atas

by The Daily Oktagon

Potensi yang masih terbuka lebar di industri smartphone membuat semakin banyak brand baru bermunculan. Mereka hadir dengan berbagai strateginya masing-masing. Salah satu yang mendapat perhatian cukup besar adalah kehadiran ZUK. Produsen asal Tiongkok ini terbilang masih bayi. Didirikan pada Mei 2015 dengan kantor di Beijing dan Shenzhen, ivestor utama ZUK adalah Lenovo.

Adapun kini, ZUK diklaim bergerak secara independen tanpa campur tangan Lenovo. Berbeda dengan Motorola yang kemudian dilebur menjadi bagian Lenovo. Produk ZUK diberi nama Z1 yang diluncurkan perdana pada Agustus 2015.

zuk_z1_u-touch_snapdragon_02 Penerimaan pasar terhadap produk baru ini terbilang sangat bagus. Perusahaan mendapatkan 1,5 juta pre-order hanya dua hari di China daratan. Hal ini membuat sejumlah kompetitor ketar-ketir. Setelah berhasil di Tiongkok, mereka melakukan ekspansi ke pasar global, salah satunya Indonesia.

Apa resep yang membuat ZUK Z1 diminati oleh konsumen. Produk ini dibekali dengan spesifikasi dan kualitas premium, namun dibanderol dengan harga menengah, yakni di kisaran Rp 4 jutaan. Build quality yang bagus, pemilihan sasis alumunium yang kokoh dengan desain minimalis dan berlimpah fitur canggih menandakan bahwa mereka tidak main-main dalam membuat produk.

Agar tidak bersaing dengan induknya, mereka membidik target pasar yang berbeda. Jika di Lenovo semua segmen bisa masuk, ZUK lebih spesifik menyasar pengguna anak muda. Untuk mengetahui lebih detail mengenai ZUK Z1, pendatang baru dengan kualitas kelas atas, The Daily Oktagon mengajak Anda untuk membedah spesifikasi dan fitur-fiturnya.

Baca juga artikel ini untuk menambah pengetahuan Anda mengenai mobile device, Oppo R7s Ramaikan Persaingan Smartphone Premium RAM 4 GB

Desain Unibody

Hadir dengan desain unibody, ZUK Z1 dibalut dengan sasis aluminium kokoh yang biasa digunakan untuk membuat pesawat. Jika dilihat sekilas, ponsel ini mirip iPhone. Meskipun setelah diperhatikan seksama terlihat berbeda.

Dengan material berkualitas dan desain tepi yang melengkung, ponsel ini terasa nyaman di genggaman tangan sekaligus terlihat minimalis. Namun, casing belakang terbuat dari plastik glossy. Desain yang simpel dan elegan membuatnya tetap terlihat berkelas.

ZUK_Z1_Phone_001

Di bagian depan, terdapat panel layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi 1080p dengan kamera sekunder di bagian atasnya. Di bawah layar terdapat tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. ZUK menyebut sensor ini dengan nama ZUK’s U-Touch.

U-Touch mendukung lebih dari satu sidik jari untuk pengguna yang berbeda. Saat dicoba, fitur ini berfungsi dengan baik dan responsif.

zuk_z1_mobile_9_

Bagian bawah ponsel ini cukup menarik. Terdapat konektor USB tipe C di bagian tengah yang melampaui standar smartphone saat ini. Kebanyakan produk masih memakai konektor microUSB. Dimensinya terasa lebih lebar dari microUSB 2.0, namun lebih tipis. Di kanan kirinya, masing-masing terdapat lubang mikrofon dan pengeras suara.

zuk_z1_mobile_10_

Layar Full HD

Beralih ke bagian layar, ZUK mempersenjatainya dengan kualitas layar jempolan. Z1 memiliki layar 5,5 inci beresolusi 1.080 x 1.920 pixel atau Full HD dengan kontras rasio 1.500 : 1. Layarnya memimliki kerapatan 401 ppi dan dukungan teknologi BrightView 450nit yang diklaim membuat layar terlihat jelas meski diterpa sinar terang. Saat dicoba dibawa ke ruang terbuka, Z1 secara otomatis mengubah konfigurasi layar sehingga lebih mudah dibaca di bawah sinar matahari.

ZUK-Z1-3

Terdapat LiveDisplay yang dapat digunakan untuk meningkatkan akurasi warna sesuai keinginan. Ada juga LiveDisplay yang menyediakan dua preset untuk suhu warna, satu digunakan pada siang hari dan satu untuk malam. Anda bisa dengan mudah beralih antara mode siang atau malam secara manual maupun otomatis. Antarmuka yang dipakainya secara umum cukup user friendly dan nyaman dilihat.

Fitur Melimpah

Alih-alih memakai sistem operasi Android yang tinggal pakai, ZUK memilih bekerjasama dengan developer Cyanogen. Smartphone milik anak perusahaan Lenovo ini dilengkapi dengan sistem operasi Cyanogen OS 12.1. Sistem operasi yang merupakan modifikasi Android ini diklaim cepat dan powerful yang disertai sejumlah fitur handal untuk meningkatkan kinerja, konsumsi daya keamanan dan privasi.

Cyanogen memungkinkan personalisasi antarmuka secara mendalam di hampir semua aplikasi, termasuk wallpaper, font, ikon, boot animasi, dan lainnya. Selain aplikasi standar milik Google seperti Google Play, Maps, YouTube, Gmail, dan lainnya, Cyanogen juga menambahkan beberapa aplikasi eksklusif pada paket perangkat lunaknya.

Untuk konektivitas, ponsel ZUK Z1 di Indonesia mendukung koneksi Dual 4G SIM standby yang memungkinkan pengguna dapat bertukar otomatis layanan 4G LTE yang aktif dipakai, sesuai kondisi jaringan operator. Smartphone ini juga mendukung jaringan global berbasis TDD-LTE maupun FDD-LTE. Sehingga bisa dipakai di seluruh dunia. Ini juga karena didukug teknologi jaringan yang lebih rendah, yaitu 3G WCDMA dan 2G (EDGE).

zuk-z1

Agar lebih kekinian, ZUK Z1 dilengkapi teknologi terbaru seperti sensor sidik jari FPC1155. Teknologi ini mendukung kemampuan rotasi jari 360 derajat dan memberikan waktu respon yang cepat untuk memberikan keamanan ekstra pada ponsel. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi solusi optimasi suara Dirac untuk speaker kecil yang didesain memaksimalkan potensi transduser kecil dalam mereproduksi kualitas suara lebih baik pada volume tertinggi dengan distorsi minimal.

ZUK mengklaim produknya ini sebagai salah satu smartphone pertama di dunia yang menanamkan fitur revertible USB 3.0 tipe C atau USB 3.1. Ini merupakan standar baru bagi port perpindahan data yang digunakan dalam industri komputer. Keuntungannya,Anda bisa mencolokkan kabel charge dari berbagai sisi dibolak-balik. Konsepnya seperti kabel charger Lightning di iPhone.

Adapun port ini bisa memindahkan data dengan kecepatan hingga 10 Gbps. Kabel USB Type C juga mampu mentransfer daya hingga 20 Volt dan 5 ampere ketimbang 5 Volt dan 1,8 ampere dari USB tipe sebelumnya. Dengan demikian, waktu pengisian ulang baterai akan lebih cepat, diklaim sepuluh kali lebih cepat dibanding USB 2.0.

Hal yang patut diperhatikan adalah durasi pengisian baterainya yang berkekuatan 4.100 mAh. Anda membutuhkan waktu 2,5 jam untuk mengisinya hingga penuh. Tak heran jika untuk pemakaian normal, ponsel sanggup bertahan digunakan hingga dua hari. Namun, jangan lupa untuk selalu membawa kabel charger kemana pun pergi. Pasalnya, masih jarang ponsel yang memiliki port USB 3.0. Sehingga kemungkinan Anda akan sulit meminjam punya teman.

Kamera Berkualitas

Fotografi sudah menjadi fitur wajib bagi smartphone. Produsen berlomba-lomba menyajikan kualitas kamera bermutu tinggi. Untuk itu, ZUK mempercayakan sensor Sony IMX214 CMOS dengan stack technology yang sudah teruji unggul mereproduksi gambar yang kaya dan natural. Resolusi lensa kamera depan 8 MP dan kamera belakang 13 MP yang dilengkapi dual-LED flash.

hasil-footo-malam-hari
Hasil Foto Malam Hari

Kamera menghasilkan aperture lebar f/2.0 sehingga bisa menangkap lebih banyak cahaya. Tak hanya itu, kamera juga disuntik OIS (Optical Image Stabilization) yang bisa meredam getaran atau noise agar gambar lebih tajam ketika memotret. Kamera tersebut juga mengadopsi teknologi Qualcomm dual ISP, merupakan prosesor imaji yang bisa menghasilkan output hingga maksimal 7.000w pixel gambar per detik.

Di sini, Anda bisa bereksperimen dengan memanfaatkan berbagai fitur fotografi seperti Touch Fous, face detectoin, panorama, dan HDR. Sedangkan untuk urusan video, kamera ini mampu merekam video dengan kualitas sampai di resolusi Full HD saja.

Saat dicoba di outdoor, hasilnya bagus dan tajam dengan warna yang natural. Kamera belakang dan depan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Satu hal lagi yang menjadi catatan, belum ada fitur pengaturan secara manual untuk yang suka bereksperimen lebih jauh. Namun secara umum, kualitas kamera ZUK Z1 terbilang memuaskan.

hasil-foto-outdoor
Hasil Foto Outdoor

Kinerja Maksimal

Spesifikasi ZUK Z1 di Indonesia ditunjang prosesor Qualcomm Snapdragon 801 yang berkecepatan 2,5 GHz. Modal dapur pacu high-end ini untuk menjamin kinerja yang kuat dan dapat diandalkan. Snapdragon dikenal sebagai prosesor kelas premium yang memberikan kualitas tangkapan kamera lebih tajam, pengolahan yang lebih baik, dan hemat daya. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan RAM 3 GB, GPU Adreno 330 dan memori internal 64 GB ROM untuk menjalankan file multimedia dan 3D secara simultan dengan kecepatan yang stabil dan efisien. Tertarik menjadikan ZUK Z1 sebagai teman Anda beraktivitas sehari-hari?

Anda tentu juga suka ulasan berikut, Mengintip Mi Pad 2, Jagoa Baru dari Xiaomi

0 comments