NOW READING

Beragam Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan dengan Smartwatch

 4854
+
 4854

Beragam Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan dengan Smartwatch

by The Daily Oktagon

Jam tangan pintar adalah perpanjangan dari ponsel cerdas Anda. Jika perangkat ini melakukan tugasnya dengan benar, frekuensi Anda mengeluarkan ponsel dari saku akan jauh berkurang. Sama seperti ponsel, Anda bisa menerima notifikasi, membaca pesan atau surel dan membalasnya dengan singkat, hingga mengontrol pemutar musik lewat aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Karena usianya relatif masih baru, aplikasi yang tersedia belum banyak. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan banyak hal pintar dengannya. Perkembangan smartwatch bahkan sudah mulai lebih dari sebatas aplikasi saja, tetapi integrasinya dengan benda selain ponsel. Bahkan, ada juga jam tangan pintar yang sudah tidak lagi memerlukan ponsel untuk bisa berfungsi.

Berikut ini ada beberapa contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan dengan smartwatch. Yuk, ketahui beragam hal menarik yang bisa Anda lakukan dengan Smartwatch.

Alternatif Pembayaran Transaksi

Suatu hari nanti, jam tangan pintar milik Anda akan menggantikan dompet. Cukup dengan menempelkan pergelangan tangan pada alat khusus di kasir, Anda pun bisa membayar segelas kopi atau tiket bioskop. Di beberapa negara maju, ini sudah bisa dilakukan. Misalnya lewat fitur Apple Pay pada Apple Watch. Samsung pun sebentar lagi akan menyusul dengan Samsung Pay yang kabarnya akan disematkan pada jam tangan pintar terbaru mereka, Samsung Gear S2.

Alternatif_Pembayaran_Transaksi_-_Apple_Watch

Ini dimungkinkan berkat teknologi nirkabel bernama NFC (Near Field Communication). Di Indonesia, NFC belum begitu populer. Penggunaan teknologi yang juga terdapat pada sejumlah ponsel iOS dan Android ini lebih untuk transfer data. Lagipula, bank di Tanah Air belum banyak yang tertarik mengadopsi fitur ini sebagai alternatif pembayaran transaksi. Bank Mandiri, misalnya, sudah memanfaatkan NFC pada ponsel, namun lebih untuk mengisi ulang kartu e-Money.

Anda juga pasti suka artikel menarik ini, Apa Saja Smartwatch Terbaru yang Siap Bersaing di Segmen Wearable Device?

Mengatur Fungsi Mobil
Menggunakan aplikasi pada jam tangan pintar, Anda dapat mengontrol beberapa fungsi pada mobil. Beberapa produsen mobil seperti Volvo dan Hyundai sudah melakukannya duluan. Ford menyusul belakangan. Sejak mendirikan pusat ristek di Silicon Valley, Ford memang tidak ingin dikenal sebagai produsen otomotif saja, tetapi juga perusahaan mobility.

Mengatur_Fungsi_Mobil_-_Apple_Watch

Mengontrol di sini bukan berarti mengendalikan kemudinya—walaupun ini mungkin saja di masa depan—tetapi mengaktifkan beberapa fitur seperti menyalakan mesin, membuka kunci, atau mengatur temperatur kabin. Ini bisa dilakukan via update terbaru aplikasi MyFord Mobile untuk Apple Watch dan Android Wear. Namun, bagi Anda yang memiliki mobil Ford, perlu diketahui bahwa fungsi-fungsi tadi baru bisa dilakukan pada lini mobil listrik saja.

Merespons Pesan Skype
Alih-alih mengeluarkan ponsel dari saku setiap ada pesan Skype masuk, Anda dapat membalasnya lewat pergelangan tangan. Update terakhir Skype untuk Android hadir dengan dukungan Android Wear, sehingga Anda kini dapat merespons pesan Skype dengan suara yang akan diubah menjadi teks, Skype Mojis atau Emoji gerak versi Skype, serta beberapa template pesan yang sudah tersedia.

Merespons_Pesan_Skype_-_LG_Watch_Urbane_1st_Gen

Sayangnya, belum ada fitur untuk melakukan atau menjawa panggilan suara ala Power Rangers. Anda hanya bisa menerima atau menolak panggilan Skype dari jam pintar, namun berbicaranya tetap menggunakan ponsel. Fitur ini teresedia untuk Moto 360, Huawei Watch, LG Watch Urbane, atau ASUS ZenWatch. Sedangkan untuk Apple Watch, fitur serupa sudah tersedia sejak beberapa waktu lalu.

Tak Lagi Bergantung Pada Ponsel
Tanpa ponsel, fungsi jam tangan pintar tak ubahnya jam tangan biasa atau sekedar alat penunjuk waktu. Memang, ada beberapa jam tangan pintar dengan koneksi selular, seperti Samsung Galaxy Gear S atau Timex Ironman One GPS+, tetapi bentuknya lebih seperti komputer mini yang membalut pergelangan ketimbang jam tangan. Belum lama ini, LG mengembalikan jam tangan pintar independen ke jalan yang benar.

Tak_Lagi_Bergantung_Pada_Ponsel_-_LG_Watch_Urbane_2

LG Watch Urbane 2 merupakan jam tangan pintar pertama dengan koneksi LTE. Karena itu, smartwatch ini tidak perlu ponsel untuk tersambung ke internet. Meski demikian, tetap terdapat koneksi Wi-Fi dan Bluetooth bagi yang ingin menghubungkannya ke ponsel. Dengan jam tangan pintar independen seperti ini, mungkin saja kita tidak akan heboh sendiri ketika lupa membawa ponsel.

Memonitor Anak-Anak
Jam tangan pintar bukan hanya untuk memudahkan aktivitas orang dewasa. Orangtua pun dapat menggunakannya untuk memantau aktivitas buah hati mereka. Adalah Bipbip Watch, jam tangan pintar pemantau anak yang terintegrasi dengan ponsel orangtua. Menggunakan GPS atau posisi Wi-Fi dan BTS, keberadaan anak yang menggunakan jam pintar ini dapat diketahui dengan mudah.

Memonitor_Anak-Anak_-_Bipbip_Watch

Orangtua dapat memasang radius zona aman keberadaan anak, seperti lokasi sekolah atau rumah. Ketika anak berada di luar radius yang ditentukan, Bipbip akan mengirim alarm ke ponsel orangtua. Bipbip juga dapat memberi notifikasi apabila baterai habis atau jam tangan dilepas. Dalam kondisi darurat, anak bisa mengirimkan sinyal tanda bahaya. Selain itu, karena dilengkapi dengan kartu SIM, anak dapat menelepon orang tua, begitu pun sebaliknya.

Pencinta digital, jangan lewatkan artikel berikut, Ini Dia Update Dunia Digital yang Patut Anda Ketahui

0 comments