NOW READING

Yuk, Kenalan dengan Tiga Aplikasi Serbaguna Terbaru

 3560
+
 3560

Yuk, Kenalan dengan Tiga Aplikasi Serbaguna Terbaru

by The Daily Oktagon

Kemajuan teknologi telah meresap ke dalam berbagai sendi kehidupan. Tidak terkecuali yang berhubungan dengan transportasi dan navigasi. Di berbagai sisi, malah teknologi menjadi kunci dalam memperbaiki proses transportasi.

Pengguna smartphone di Indonesia juga terus tumbuh dan menjadikan peresapan teknologi juga ikut menjadi lebih cepat. Kini, smartphone tidak hanya digunakan untuk telepon saja, kehadiran aplikasi terkait transportasi dan navigasi menjadikan benda ini sebagai teman setia menjalani hidup di kota.

Kota besar seperti Jakarta yang dikenal dengan kemacetannya menjadi salah satu masalah yang bisa dicari pemecahannya. Para pengembang aplikasi menghadirkan berbagai layanan dan fitur untuk memudahkan pengguna smartphone.

Setidaknya, ada sejumlah cara yang bisa digunakan pengguna smartphone untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Yuk, kenalan dengan tiga aplikasi serbaguna terbaru. Menariknya, di antara aplikasi ini ada yang buatan lokal.

Sebelumnya, baca dulu artikel menarik berikut, Kuota Internet Anda Habis? Saatnya Memakai Google Maps Offline!

KeMana

Aplikasi ini memang bukan buatan pengembang lokal tetapi layanan yang dihadirkannya sangat lokal. KeMana menghadirkan berbagai fitur yang membantu penggunanya untuk hidup di kota, terutama bagi para pendatang di kota Jakarta yang membutuhkan panduan untuk berkeliling. Sebagai contoh, jika Anda hendak menggunakan bus TransJakarta.

Anda bisa melihat secara real-time peta TransJakarta, mempelajari, atau membantu memutuskan bus mana yang akan digunakan Selain itu, ada pula peta semua koridor bus TransJakarta yang bisa dijelajah.

aplikasi-kemana-play-store

Satu fitur yang cukup seru adalah rencana perjalanan. Misalnya untuk mejelajah berbagai tempat di kota Jakarta. Nah, aplikasi akan memberikan informasi terkait jadwal, koridor bus, serta informasi jika ingin berganti bus. Informasi yang dihadirkan real-time ini memudahkan Anda mendapatkan bus.

Untuk Anda yang memiliki rute rutin, alias tidak banyak berubah setiap harinya, aplikasi juga menyediakan fasilitas untuk memberikan tanda favorit di berbagai lokasi, sehingga perjalanan bisa lebih mudah lagi. Fitur pencarian, cuaca, juga night service adalah beberapa fasilitas pelengkap lain yang dihadirkan di aplikasi KeMana.

Berfokus pada penyediaan data untuk bus TransJakarta, aplikasi ini akan sesuai dengan mereka yang ingin atau memang menggunakan TransJakarta secara rutin. Dalam keterangan laman resminya, pengembang juga akan menambahkan rute moda transportasi lain. Aplikasi yang sementara baru tersedia untuk Android ini dapat diunduh secara gratis.

Qlue Transit

Aplikasi lain yang bisa membantu dalam kegiatan transportasi adalah Qlue Transit. Aplikasi ini masih berhubungan dengan transportasi bis alias TransJakarta tetapi dengan cara penggunaan yang berbeda.

Jika di KeMana lebih merujuk pada rute dari TransJakarta, aplikasi Qlue Transit memberikan fasilitas yang memudahkan Anda menentukan halte mana yang akan dituju, dan menghindari halte bus yang ramai sebelum menuju ke halte tersebut. Informasi lalu lintas serta keramaian halte didapatkan dari sistem media sosial, artinya pengguna bisa saling berbagi kondisi yang sedang ada halte, apakah sedang ramai atau lengang.

QLUE-Transit

Selain itu, di aplikasi ini Anda juga bisa melihat secara real-time pergerakan bus yang sedang melaju. Sehingga, dapat memprediksikan kapan bis tersebut akan tiba di halte.

Fitur lain yang akan berguna bagi para pengguna TransJakarta adalah fitur Go-To. Fitur ini membantu pengguna mengetahui rute terbaik perjalanan beserta tarifnya. Kombinasi antara TransJakarta, ojek online, dan taksi menuju lokasi yang dituju akan dijumlahkan dan diestimasi biayanya.

Porter Kaki Lima

Jika dua aplikasi di atas lebih merujuk pada bagaimana caranya memanfaatkan teknologi untuk navigasi dan transportasi menggunakan TransJakarta, layanan ketiga ini berguna bagi Anda yang tidak ingin bermacet ria untuk memesan jajanan kaki lima favorit.

Porter Kaki Lima memiliki format yang sedikit berbeda karena merupakan layanan web yang memungkinkan Anda memesan makanan kaki lima secara mudah. Tinggal memesan dari web, makanan pun diantarkan langsung ke tempat Anda.

Saat kelaparan di kantor atau kondisi kota Jakarta yang macet luar biasa, Anda masih tetap bisa membeli makanan favorit yang daftarnya tersedia di situs Porter. Pilihan makanan serta area yang tersedia memang masih terbatas, serta waktu pemesanan juga masih berbeda tergantung lokasi. Namun, layanan ini bisa membantu Anda mengindari lalu lintas yang padat dan ujungnya juga mengurangi kemacetan karena Anda dan rekan tidak perlu pergi hanya untuk makan makanan favorit.

Di situs Porter akan ada berbagai pilihan menu yang bisa dipesan, sebelum memilih Anda harus memasujkan kode pos dan lokasi karena masih terbatas. Setelah memilih makanan Porter akan mengirim ke lokasi. Tersedia pula layanan hotline untuk memudahkan komunikasi.

porter

Adanya layanan seperti ini juga sedikit banyak membantu mengurangi kemacetan karena yang menggunakan kendaraan hanya satu saja, alias pengantar.

Itu dia tiga layanan yang berhubungan dengan transportasi, dua yang pertama memiliki tujuan serupa, namun dengan fungsi berbeda. Keduanya bisa memudahkan Anda hidup di kota Jakarta karena berhubungan dengan transportasi TransJakarta. Keduanya juga bisa saling melengkapi karena keduanya bisa memberi manfaat bagi Anda yang membutuhkan bantuan navigasi rute bis TransJakarta serta informasi halte mana yang ramai atau sepi.

Sedangkan satu lagi, meski tidak secara langsung memberikan layanan transportasi tetapi bisa mendukung juga dalam mengurangi kemacetan. Anda yang biasanya pergi ke luar untuk makan makanan favorit bersama rekan, menggunakan mobil atau taksi, kini bisa tetap stay di kantor dan melakukan pemesanan lewat Porter. Jadi, tidak perlu menambah kemacetan namun tetap bisa menikmati makanan favorit.

Kemajuan teknologi akan memberikan manfaat dan memecahkan masalah jika digunakan untuk tujuan yang baik. Smartphone dan aplikasi yang ada bisa menjadi alat penting dalam navigasi di kota, khususnya Jakarta.

Aplikasi menarik di atas, akan lebih menarik jika disematkan di smartphone keren. Cari informasinya dengan membaca artikel berikut, HTC One M9+, Penyempurnaan Para Pendahulunya

0 comments