NOW READING

YouTube Gaming adalah Layanan Terbaru dari YouTube untuk Gamers

 3132
+
 3132

YouTube Gaming adalah Layanan Terbaru dari YouTube untuk Gamers

by The Daily Oktagon

Dengan lebih dari 100 juta pengunjung tiap bulan, istilah streaming game langsung mengingatkan orang pada Twitch. Tapi sebelum ia dimiliki oleh Amazon, terdengar rumor bahwa Google-lah yang berniat mengakuisisinya. Mungkin merasa gerah melihat ‘dominasi’ Twitch, Google akhirnya mengungkap ekspansi baru YouTube ke ranah gaming.

Kabar soal platform live streaming YouTube khusus permainan video sudah terdengar semenjak kuartal pertama 2015, tak lama setelah Google terpantau sedang sibuk merekrut sejumlah teknisi ahli. Niatan tersebut terungkap di pertengahan Juni lalu, di mana developer mengumumkan YouTube Gaming, sebuah website dan aplikasi yang bertugas menjaga Anda tetap terhubung ke segala hal terkait hobi jutaan orang ini.

Google mempunyai visi untuk menjadikan YouTube Gaming sebagai komunitas gaming terbesar di web. Pengembang menjanjikan sebuah rumah bagi puluhan ribu permainan, baik judul-judul klasik hingga jajaran game paling anyar, dari mulai ‘Asteroids’ sampai ‘Zelda’. Maksudnya? Tiap permainan akan memiliki laman terdedikasi tempat koleksi video serta live stream. Lalu Anda juga dimudahkan dalam mencari channel publisher atau para kreator video YouTube.

YouTube_Gaming_01

YouTube merasa sangat yakin dengan langkahnya ini melihat perkembangan tren menarik di situs video-sharing tersebut. Hobi gaming memunculkan banyak sekali genre video baru. Selain ulasan, let’s play dan walkthrough standar, tema gaming menginspirasi pembuatan video musik (biasanya penghormatan dari fans), acara memasak hingga speedrun. Yang terakhir itu adalah upaya gamer menyelesaikan permainan secepat-cepatnya.

Buat akses singkat, kita hanya perlu memasukkan judul-judul game ke daftar koleksi, kemudian YouTube Gaming secara otomatis akan menyajikan video terbaru. Untuk notifikasi live stream, kita hanya tinggal ‘subscribe’ ke channel pilihan. Momen-momen live itu diletakkan pada bagian homepage.

Product Manager YouTube Gaming Alan Joice menuturkan, “Saat ingin mencari sebuah nama spesifik, Anda dapat melakukannya dengan percaya diri. Anda akan tahu bahwa mengetik ‘Call’ segera menghasilkan ‘Call of Duty’ dan bukan ‘Call Me Maybe’.

YouTube Gaming akan diluncurkan berbekal fitur boardcast yang lebih simpel namun canggih. Selain kemampuan streaming di 60 frame rate per detik, DVR, sistem converter otomatis dari stream ke video YouTube, tim telah mendesain ulang sistem penjadwalan event live. Tersedia pula fitur single link supaya proses sharing stream ke manapun jadi lebih sederhana.

YouTube Gaming rencananya segera dirilis pada Musim Panas tahun ini, tetapi baru untuk wilayah Amerika Serikat dan Inggris. Supaya tidak ketinggalan berita mengenai YouTube Gaming, daftarkan email Anda di website resminya. Siapa tahu Indonesia segera menyusul di belakangnya.

0 comments