NOW READING

Yi 4K, Kamera Action Terbaru Xiaomi yang ‘Naik Kelas’

 4976
+
 4976

Yi 4K, Kamera Action Terbaru Xiaomi yang ‘Naik Kelas’

by The Daily Oktagon
  • Yi 4K merupakan action cam terbaru Xiaomi yang dirilis pada tahun ini, dan digadang-gadang menjadi penantang seri GoPro Hero 4 karena sudah ‘naik kelas’ dalam hal spesifikasi.
  • Acungan dua jempol untuk Xiaomi karena mereka benar-benar menyulap Yi 4K menjadi kamera yang jauh lebih sakti dibandingkan seri sebelumnya, Yi Action Camera.
  • Yi 4K bisa menjadi salah satu perangkat starter bagi para pemula atau juga bisa buat traveler penggila fotografi yang butuh action cam dengan harga terjangkau.

Tantangan Xiaomi terhadap berbagai vendor teknologi seolah tak pernah berhenti, mereka terus merilis varian produk yang beragam, dengan kualitas yang semakin baik.

Termasuk dalam kategori action cam, meski ada merek yang sudah dikenal luas lantaran kualitasnya, seperti GoPro, banyak pengguna tak ragu memilih Xiaomi. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tapi juga akibat kualitasnya dianggap lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Kini, perusahaan teknologi yang bermarkas di Beijing itu kembali ‘mengancam’ lewat Yi 4K, atau juga sering disebut Yi 2 4K Action Cam. Secara teknis dan fitur disejajarkan dengan GoPro Hero 4! Tentunya, dengan harga lebih rendah.

xiaomi yi 4k

Xiaomi betul-betul melakukan pengembangan signifikan pada Yi 4K dibandingkan pendahulunya, Yi Action Camera (atau juga sering disebut XiaoYi).

Peningkatan spesifikasi itu membuat Yi 4K memiliki bobot teknikal setara dengan GoPro Hero 4. Yang menarik adalah, jika GoPro Hero 4 dijual dengan harga Rp 5,6 juta (Silver Edition) dan Rp 6,9 juta (Black Edition), Yi 4K bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 3,1 juta saja!

Nah, seperti apa detailnya kemampuan kamera ini? Simak ulasan The Daily Oktagon berikut untuk jadi panduan buat Anda yang masih mereka-reka, setangguh apa action cam besutan Xiaomi ini.

Baca juga panduan untuk memilih action cam ini, agar tak salah beli

Evolusi Drastis yang Kaya Fitur

Acungan dua jempol untuk Xiaomi karena mereka benar-benar menyulap Yi 4K menjadi evolusi drastis dari Yi Action Camera. Nyaris seluruh fitur standar pendahulunya itu sudah diperbarui dan makin mutakhir di action cam terbaru ini.

Pada bagian lensa, Xiaomi menyematkan sensor Sony IMX377 dengan resolusi 12MP yang mampu merekam video 4K dalam frame rate 30 fps (frame per second).

xiaomi yi 4k

Pengguna juga bisa memanfaatkan modus recording dengan resolusi 1080p dalam frame rate 60 fps, serta resolusi 720p yang menawarkan frame rate lebih tinggi, yaitu 120 fps dan 240 fps. Dengan demikian hasil video seperti lebih halus dan nyata.

Rombakan selanjutnya adalah hadirnya layar sentuk di bagian belakang kamera. Jika Yi Action Camera yang dirilis pada tahun lalu tidak memiliki layar sama sekali, kini Yi 4K memiliki layar sentuh dengan ukuran 2,19 inci (yang tentunya dilindungi Gorilla Glass), dan sangat responsif serta mudah digunakan.

Bahkan, user interface kamera action ini bisa dibilang sangat smooth dan intuitif; setiap bar menu begitu mudah diakses. Praktis dan cepat.

Lalu mengenai kapasitas daya, Yi 4K hadir dengan baterai lebih besar—dengan kapasitas 1400mAh, dan diklaim bisa tahan untuk penggunaan rekaman 4K dalam tempo sampai 120 menit.

Dukungan maksimal untuk pengambilan video itupun dilengkapi dual microphones, konektivitas Wi-Fi 5GHz, serta fitur Electronic Stabilization untuk video resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps.

Jikapun pengguna merasa layar Yi 4K masih kecil, jangan khawatir. Sebab, Xiaomi juga telah merilis aplikasi Yi 4K khusus untuk perangkat iOS dan Android, untuk bisa mengontrolnya via smartphone.

xiaomi yi 4k

Aplikasi ini sekilas mirip dengan aplikasi GoPro, ada elemen social network, di mana pengguna bisa berbagi foto dan video hasil bidikan Yi 4K, serta mem-follow pengguna Yi 4K lainnya yang berada di seluruh dunia.

Untuk urusan desain, kami bisa mengatakan bahwa Yi 4K jelas memiliki padanan aksen desain yang lebih mantap ketimbang pendahulunya, meski material bodi masih sama terbuat dari plastik.

Yi Action Cam hanya memiliki bodi kotak yang terkesan kaku, sementara Yi 4K memiliki aksen lengkungan pada bodinya, sehingga membuatnya lebih terlihat casual dan stylish. Belum lagi pilihan warna elegan, seperti Pearl White, Rose Gold, dan Night Black.

Simak pula ulasan 3 action cam 4K tangguh penantang GoPro berikut ini

Hasil Video yang Mengesankan

Sekilas, dari harga yang dijanjikan Xiaomi, kami sempat skeptis untuk hasil bidikan foto dan video action cam ini. Namun secara mengejutkan, hasilnya sangat bagus dan mengesankan—terlebih untuk video.

Terbukti, Yi 4K mampu menciptakan video yang tajam dengan kontras seimbang; gambar jadi terlihat halus dan fluid. Bahkan, dari beberapa hasil video yang direkam, kualitas video Yi 4K bisa menyaingi kualitas video GoPro Hero 4.

xiaomi yi 4k vs gopro

Kamera action ini mampu mengatur eksposur ketika penggunanya bergerak saat merekam. Padanan warna di video rekaman Yi 4K pun tetap warm dan pekat.

Untuk rekaman video 4K, pengguna sebetulnya bisa memilih opsi ingin merekam video dengan pilihan 4K dalam frame rate 30 fps atau 4K dalam frame rate 30 fps Ultra (yang mana dapat memberikan efek lebih luas namun terdapat distorsi geometric).

Nah, untuk yang ini kami sarankan pengguna bisa memilih rekaman video 4K dengan frame rate 30 fps yang normal, agar hasil video tidak terlalu mendapatkan distorsi.

Walau begitu, apapun pilihan resolusi Anda, action cam ini akan selalu bisa merekam dalam resolusi 848x480px, dengan track HD high-quality. Jadi, kamu bisa berbagi hasil rekaman dengan mudah dan tak perlu lagi meng-editnya sebelum benar-benar diperlihatkan.

xiaomi yi 4k

Kekurangannya, hasil video dan foto yang diambil pada malam hari memang tidak sebagus saat kita mengambilnya pada siang hari atau di tengah kondisi pencahayaan yang cukup. Padahal, kamera action ini sudah memiliki lensa dengan tutupan f/2.8, serta dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization.

Jadi, jika ingin mengambil foto atau video dalam kondisi gelap, kami sarankan pengguna mengatur ISO,white balance, serta opsi lainnya secara manual untuk bisa mendapatkan hasil optimal.

Dengan begitu, Yi 4K bisa menjadi salah satu perangkat starter bagi para pemula, atau juga bisa buattraveler penggila fotografi yang butuh kamera action dengan harga yang terjangkau.

Terkait hal ini, Xiaomi betul-betul ‘mengabulkan’ apa yang diinginkan banyak orang untuk sebuah action cam dengan spesifikasi hampir lengkap, namun tetap ramah kantong. Apalagi, Yi 4K bisa disejajarkan dengan GoPro Hero 4 di kelas yang sama.

Mana yang lebih baik untuk urusan action cam, di antara Xiaomi, LG, atau Sony? Baca bahasannya di sini

0 comments