NOW READING

Yakin Smartphone Kamu Tidak Dibajak Orang Lain ? Coba Cek Tandanya Berikut Ini !

 2021
+
 2021

Yakin Smartphone Kamu Tidak Dibajak Orang Lain ? Coba Cek Tandanya Berikut Ini !

by The Daily Oktagon

Selama ini biasanya kita menyimpan berbagai data penting di smartphone. Untuk menjaga agar smartphone aman, tidak dibajak orang lain sehingga bisa mengakses data penting tersebut, bisa memanfaatkan berbagai fitur keamanan. Mulai dari password, fingerprint, iris scanner hingga face recognition.

Tapi ternyata bukan berarti smartphone tersebut benar-benar aman dari ancaman pembajakan. Meski dari system operasi smartphone juga terus diupdate system keamanannya, ternyata masih saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Masih ada kemungkinkan Hp yang kita gunakan ternyata bisa dibajak oleh orang lain.

Baca juga : Hati-Hati! Orang Lain Ternyata Bisa ‘Intip’ Pesan WhatsApp, Ini Cara Menangkalnya

Jadi sebaiknya cek apakah Hp yang kita gunakan sudah dibajak atau masih aman. Karena ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan apakah Hp kita sedang dibajak, yaitu :

  1. Kuota Internet Cepat Habis.

Biasanya kita sudah hafal seberapa besar penggunaan paket kuota internet pada smartphone. Kita tahu jika berlangganan suatu paket internet, maka akan habis dalam durasi waktu tertentu. Biasanya kita hafal berapa lama kuota akan bertahan.

Tapi jika ditemui kondisi kuota internet habis dengan lebih cepat, segera periksa aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone. Karena bisa jadai ada aplikasi yang tidak dikenal yang terinstall dan aktif ‘di belakang layar’. Dan ada kemungkinan aplikasi jenis itu sedang mencuri data-data pribadi di smartphone.

 

  1. Tiba-tiba WiFi Aktif Sendiri.

Saat sedang berada di lokasi umum, coba cek apakah tiba-tiba Wifi di smartphone aktif dengan sendirinya, padahal kamu tidak mengaktifkan Wifi. Itu bisa jadi salah satu tanda jika smartphone sedang dibajak.

Itu berarti pembajak memanfaatkan koneksi WiFi di tempat umum. Atau memang pembajak sengaja menyediakan akses Wifi sebagai cara untuk membajak. Dengan begitu pembajak bisa dengan mudah mengakses berbagai data yang berada di smartphone.

Selain itu, ada baiknya juga untuk tidak sembarangan menggunakan koneksi Wifi gratis yang tersedia di lokasi umum.

 

  1. Baterai Smartphone Cepat Terkuras

Tanda lain kalau smartphone sedang dibajak yaitu kapasitas baterai yang tiba-tiba berkurang secara drastis. Padahal pemakaian smartphone biasa-biasa saja. Hal ini bisa disebabkan karena ada aplikasi tak dikenal yang aktif sendiri dan bekerja secara background. Aplikasi itu bisa saja berupa jenis malware yang bisa mencuri data-data di smartphone. Makanya harus periksa benar aplikasi yang ingin diinstall di smartphone. Apakah aplikasi tersebut dibuat oleh developer yang ternama dan terpercaya atau bukan.

Baca juga : Smartphone Android Hilang ? Ini Cara Mudah Menemukannya !

  1. Smartphone Tiba-Tiba Panas Sekali

Akibat adanya aplikasi tak dikenal yang mengandung malware yang aktif dengan sendirinya, membuat kondisi suhu smartphone bisa naik. Sehingga bodi smartphone akan terasa sangat panas. Jadi sebaiknya cek aplikasi apa saja yang sedang berjalan, lalu hapus aplikasi yang tak dikenal.

 

  1. Terdengar Suara Orang Lain Saat Menelpon

Jika kamu sedang menelpon dengan seseorang, lalu terdengar suara bising atau suara aneh yang tak dikenal, bisa jadi itu smartphone kamu sedang disadap oleh orang lain. Kalau itu terjadi, maka harus waspada saat bertelepon. Terlebih lagi jika lawan bicara merasa tidak ada suara aneh yang terdengar.

0 comments