NOW READING

Xiaomi Redmi 5 Plus vs Asus Zenfone Max Plus M1, Bezel-less Terjangkau dan Memori Besar

 856
+
 856

Xiaomi Redmi 5 Plus vs Asus Zenfone Max Plus M1, Bezel-less Terjangkau dan Memori Besar

by The Daily Oktagon
  • Xiaomi Redmi 5 Plus dan Asus Zenfone Max Plus M1 dihadirkan dengan layar luas dengan bingkai tipis.
  • Kedua smartphone ini juga dibekali dengan penyimpanan berkapasitas besar.
  • Sama-sama dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp 2 jutaan, mana yang lebih tangguh?

Xiaomi Redmi 5 Plus dan Asus Zenfone Max Plus M1 merupakan smartphone menarik dengan harga terjangkau yang sama-sama dibekali layar bezel-less dan memori besar.

Xiaomi Redmi 5 Plus (versi tertinggi) dan Asus Zenfone Max Plus M1 dihadirkan dengan desain kekinian dan layar berbingkai tipis. Kedua smartphone ini juga ditunjang dengan penyimpanan berkapasitas besar, yang memungkinkan pengguna meng-install berbagai aplikasi dan menyimpan banyak berkas tanpa khawatir memori cepat penuh.

Tak hanya desain masa kini dan memori luas, Redmi 5 Plus dan Zenfone Max Plus M1 juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Sama-sama dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, mana yang lebih tangguh diantara keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Oppo F5 vs Samsung Galaxy J7+, Andalkan Kamera dengan Fungsi Berbeda

Asus Zenfone Max

Desain dan Layar

Xiaomi Redmi 5 Plus dan Asus Zenfone Max Plus M1 membawa desain masa kini dengan layar bezel-less dan rasio layar 18:9. Keduanya juga mengusung bodi bermaterial aluminium yang dipadukan bahan plastik di bagian sisi atas dan bawah, memberikan tampilan yang cukup elegan dengan membawa bahasa desain khas masing-masing.

Namun, di sektor layar, Redmi 5 Plus lebih unggul karena ditunjang layar sedikit lebih besar, yakni 5,99 inci dan beresolusi Full High Definition Plus (Full HD+) 2.160 x 1080 piksel. Sementara, Zenfone Max Plus M1 membawa layar 5,7 inci beresolusi hanya HD+ 1.440 x 720 piksel.

Prosesor dan Penyimpanan

Di sektor dapur pacu, lagi-lagi Xiaomi Redmi 5 Plus mengungguli Asus Zenfone Max Plus M1. Ponsel kelas menengah Xiaomi ini ditunjang prosesor Snapdragon 625 dari Qualcomm yang memiliki delapan inti pemrosesan (octa core) dan clockspeed 2,0 gigahertz (GHz). Prosesor ini cukup banyak digunakan di smartphone kelas menengah lain karena terkenal hemat konsumsi daya berkat teknologi fabrikasi 14 nanometer (nm).

Sementara Zenfone Max Plus M1 ditunjang prosesor MediaTek MT6750T yang juga octa core dengan kecepatan hingga 1,5 GHz. Prosesor ini masih dibangun dengan teknologi fabrikasi 28 nm, jadi konsumsi dayanya tidak lebih hemat dibanding Snapdragon 625. Namun, chipset ini sudah cukup membuat perangkat bisa diandalkan dalam menjalani berbagai aplikasi dan game ringan hingga sedang.

Meski tak lebih baik di sektor Zenfone Max Plus M1 bisa dibilang setara dalam sektor penyimpanan, karena sama-sama dibekali random access memory (RAM) sebesar 4 gigabyte (GB) dan storage seluas 64 GB. Memori dan penyimpanan sebesar itu memungkinkan kedua perangkat dapat menampung banyak aplikasi dan berkas, sehingga pemakaian bisa lebih lama.

Baca juga: Asus Zenfone Max Plus M1, Ponsel Bezel-less Pertama Asus di Indonesia

Xiaomi Redmi 5 Plus

Foto: Xiaomi

Kamera

Soal fotografi, Zenfone Max Plus M1 di atas kertas lebih diunggulkan. Karena ia ditunjang kamera utama ganda 16 megapiksel (MP) (aperture f/2.0, ukuran lensa 35 milimeter (mm), phase detection autofocus (PDAF), light emitting diode (LED) flash) dan 8 MP (17 mm, lensa wide angle 120 derajat). Yang menarik, kameranya mampu menjepret foto hingga resolusi 64 MP dengan mode khusus.

Selain kamera belakang mumpuni, seri Zenfone Max terbaru ini juga punya kamera depan lumayan, yakni beresolusi 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan ukuran lensa 25 mm.

Sementara itu, Redmi 5 Plus dibekali kamera yang terbilang biasa saja. Di belakang, terdapat kamera utama 12 MP dengan bukaan f/2.2, PDAF, dan dual LED flash. Di bagian depan, tersemat kamera 5 MP untuk kebutuhan berfoto selfie.

Baterai

Mengenai sumber daya, Redmi 5 Plus dan Zenfone Max Plus membawa baterai dengan kapasitas yang tidak jauh berbeda. Redmi 5 Plus didukung baterai sebesar 4.000 miliampere hour (mAh), sementara Zenfone Max Plus sedikit lebih besar dengan baterai berkapasitas 4.130 mAh.

Namun, karena Redmi 5 Plus didukung prosesor yang hemat daya, konsumsi baterainya bisa membuatnya lebih awet. Sementara, meski Zenfone Max Plus M1 tidak ditunjang prosesor serupa, Asus membekali smartphone ini dengan fitur PowerMaster agar penggunaan daya menjadi lebih efisien.

Baca juga: Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Dijual di Indonesia, Apa Bedanya?

Asus Zenfone Max

Fitur Lainnya dan Harga

Selain itu, kedua smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Nougat yang masing-masing dipercantik dengan tampilan antarmuka besutan sendiri. Ada pun, keduanya juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tersemat di bagian belakang dan tentunya telah mendukung internet cepat di jaringan 4G long-term evolution (LTE) di Indonesia.

Soal harga dan ketersediaan, baik Redmi 5 Plus dan Zenfone Max Plus M1 telah hadir untuk pasar Indonesia dan bergaransi resmi. Redmi 5 Plus sedikit lebih murah dengan banderol harga Rp 2,699 juta, sementara Zenfone Max Plus M1 ditawarkan sebesar Rp 2,799 juta.

Kesimpulan

Setelah melihat perbandingan di atas, kita bisa menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua smartphone tersebut. Jika kamu mencari ponsel untuk bermain game dan ukuran layar lebih luas, Xiaomi Redmi 5 Plus bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu.

Sedangkan, jika kamu mencari smartphone untuk diandalkan dalam penggunaan sehari-hari, ukuran lebih ringkas, dan kamera yang mumpuni, Asus Zenfone Max Plus M1 sekiranya dapat memenuhi kebutuhan kamu.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari kedua smartphone tersebut, ada beberapa kesamaan, yakni Redmi 5 Plus dan Zenfone Max Plus M1 sama-sama memiliki desain masa kini dan baterai besar yang awet, sehingga kamu tak perlu beberapa kali mengisi daya dalam sehari untuk penggunaan normal.

0 comments