NOW READING

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Dijual di Indonesia, Apa Bedanya ?

 706
+
 706

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Dijual di Indonesia, Apa Bedanya ?

by The Daily Oktagon

Ada persamaan dan perbedaan antara Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Akhir tahun lalu, Xiaomi resmi memerkenalkan smartphone terbarunya yaitu Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Dan kedua smartphone ini akan segera dijual di Indonesia. Memiliki nama yang hampir mirip apa saja perbedaan dan persamaan kedua smartphone ini ?

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus memiliki desain tampilan yang identik. Selain itu keduanya sama-sama mengusung fitur kekinian atau yang sedang menjadi tren smartphone saat ini. Di antaranya yaitu layarnya yang berdesain Full View. Desain layar ini memiliki tampilan luas dengan aspek rasio 18:9. Selain itu pinggiran layarnya didesain dengan bezel yag tipis, atau biasa disebut desain bezel-less.

Namun ada perbedaan pada layar kedua smartphone Xiaomi tersebut. Yaitu Redmi 5 mengusung layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD+. Sedangkan layar pada Redmi 5 Plus memiliki ukuran lebih luas yaitu 5,99 inci.

Baca juga : Smartphone Xiaomi Redmi 5 Dirilis dengan Harga Sejutaan

Untuk kinerjanya Redmi 5 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 450 octa-core dengan kecepatan clock 1,8 GHz. Sedangkan Redmi 5 Plus disokong prosesor yang lebih tinggi yaitu Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2.0 GHz. Untuk kekuatan prosesor yang digunakan, terlihat perbedaan cukup mencolok antar kedua smartphone ini.

Kinerja smartphone juga tidak lepas dari kekuatan RAM dan juga kapasitas memori internal. Kedua smartphone ini memiliki beberapa pilihan kapasitas RAM dan memori internal. Redmi 5 tersedia dalam dua pilihan, yaitu  kapasitas RAM 2 GB / memori 16 GB dan pilihan RAM 3 GB dengan memori 32 GB. Sedangkan Redmi 5 Plus memiliki pilihan RAM dan memori yang lebih tinggi, yakni RAM 3 GB/ memori internal 32 GB dan RAM 4 GB/ memori internal 64 GB.

Untuk daya tahan hidupnya, kedua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Redmi 5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh. Sedangkan Redmi 5 Plus menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Meskipun berbeda, namun kapasitas baterai di kedua smartphone terbilang besar, dan bisa mendukung penggunaan seharian penuh.

Selain beberapa perbedaan yang ada, kedua smartphone Xiaomi ini ternyata juga ada persamaannya. Antara lain yaitu keduanya sama-sama sudah dilengkapi fitur fingerprint scanner yang letaknya ada di bagian belakang bodi kedua smartphone ini.

Baca juga : Tangguhnya Kembaran Xiaomi Redmi 5 Plus dengan Baterai 5.000 mAh

Selain itu kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi slot memori tambahaan berjenis microSD, Jadi meski kapasitas memori internal berbeda, pengguna bisa menambahkan kartu memori hingga kapasitas 128 GB pada kedua smartphone Xiaomi ini.

Persamaan lainnya yaitu kedua smartphone ini mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.1.2. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan user interface MIUI 9, yang disebut UI buatan Xiaomi yang paling stabil.

Dan untuk fitur kameranya, ternyata kedua smartphone terbaru Xiaomi ini sama-sama mengusung resolusi sama kuat. Baik Redmi 5 maupun Redmi 5 Plus diperkuat kamera dengan resolusi 12 megapiksel di bodi belakang dan kamera 5 megapiksel di bodi depan untuk foto selfie.

Soal harganya, Redmi 5 dijual lebih murah, yaitu Rp1.699.000 (RAM 2 GB/memori 16 GB) dan Rp1.899.000 (3GB/memori 32 GB). Sedangkan Redmi 5 Plus dibanderol dengan harga Rp2.199.000 (RAM 3GB/memori 32 GB) dan Rp2.699.000 (RAM 4 GB/memori 64 GB)

0 comments