NOW READING

Xiaomi Redmi 4X, Idola Baru Smartphone Entry Level

 1617
+
 1617

Xiaomi Redmi 4X, Idola Baru Smartphone Entry Level

by The Daily Oktagon
  • Xiaomi dikenal piawai menciptakan smartphone dengan banderol terjangkau.
  • Di Indonesia sendiri, Xiaomi memiliki fans yang sangat banyak dan cukup fanatik, setia menunggu produk-produk terbaru dari Xiaomi.
  • Untuk meneruskan eksistensinya di tanah air, Xiaomi menghadirkan smartphonen 4G terjangkau buatan lokal, yakni Redmi 4X.

Xiaomi bukanlah merek pendatang baru di Indonesia. Perangkat bikinan produsen asal Tiongkok ini sudah begitu familiar dan banyak digunakan di Tanah Air. Namun mayoritas perangkat tersebut memang hadir non resmi.

Nah, menariknya Xiaomi kini sudah bekerjasama dengan PT. Erajaya berkomitmen membangun pabrik di Indonesia untuk bisa memenuhi aturan TKDN dari pemerintah. Karenanya, sekarang sudah ada dua smartphone baru Xiaomi yang dijual resmi, yakni Redmi 4X dan Redmi Note 4.

Prediksi kami, Xiaomi Redmi 4X bakal lebih laris dan banyak diburu. Mengapa? Karena banderol harganya yang hanya Rp 2 juta saja. Harga tersebut memang tak terlalu murah, tapi tetap menggoda. Berikut ulasan The Daily Oktagon.

Paling Murah di Pasaran

Kalau dibandingkan dengan merek lain, maka harga yang dibawa Xiaomi Redmi 4X sangatlah menggiurkan. Smartphone merek lain dengan spesifikasi mirip-mirip, sebut saja Nokia 6 atau BlackBerry Aurora dibanderol lebih tinggi di atas Rp 3 jutaan.

Sementara Xiaomi Redmi 4X hanya dipatok Rp 2 juta saja. Ya, Xiaomi memang jago mengatur harga pasar karena mereka memang mengambil untung sangat sedikit dari penjualan smartphone-nya. Itulah mengapa harga smartphone Xiaomi bisa murah.

Bicara harga murah, smartphone dari Moto ini juga tak kalah bersahabat!

CPU Rendah Tertinggi

Jangan keburu menafsirkan CPU rendah identik dengan performa di bawah standar. Xiaomi Redmi 4X datang membawa chipset Qualcomm berisi CPU Snapdragon 435 dan GPU Adreno 505.

CPU ini lebih baru dari Snapdragon 430 pada Nokia 6 atau Snapdragon 425 pada BB Aurora. Memang benar, kastanya ada di kelas entry. Tapi merupakan yang tertinggi di kelas entry sehingga spesifikasi di dalamnya lumayan menjanjikan.

Ulasan Nokia 6 bisa Anda lihat di artikel ini

Sebagai gambaran, Anda masih bisa bermain game Asphalt 8 terbaru dengan nyaman. Sementara untuk Anda yang addict dengan media sosial, dukungan RAM 3 GB membuat performa multitasking-nya bisa diandalkan.

Plus, ada kamera beresolusi 13 MP yang bisa digunakan untuk “jeprat-jepret” dan eksis di media sosial. Dari apa yang kami coba, tangkapan kameranya bagus di outdoor, tapi lemah saat indoor. Kalau mau lebih mendapat hasil foto lebih menawan, ada baiknya gunakan mode HDR.

ROM Global Orisinil

Hal yang tidak enak dan bikin repot ketika membeli smartphone Xiaomi non resmi adalah soal ROM yang tidak orisinil. Kadangkala ada ROM yang orisinil, tapi versi Cina. Di dalamnya terdapat banyak bloatware yang tidak terpakai.

Lain halnya dengan Redmi 4X yang sudah dijual resmi. ROM yang dibawanya adalah versi global dan tentu saja orisinil. Karenanya ada pilihan bahasa Inggris dan Indonesia. Bloatware di dalamnya juga lebih sedikit. Dan yang paling penting adalah notifikasi pesan yang langsung muncul alias tidak delay.

Bodi Ramping, Baterai Jumbo

Menyasar segmen entry level, Xiaomi Redmi 4X dibekali layar sedang 5 inci. Kami pribadi menilai layar ini pas untuk pengguna pemula atau anak sekolahan yang memang jadi target market-nya. Smartphone ini nyaman digunakan satu tangan atau pun disimpan di saku baju sekolah.

Tapi meski bodinya ramping, di luar dugaan kapasitas baterai yang dibawanya tergolong jumbo, yakni 4.100 mAh. Berdasarkan pengujian, kapasitas baterai besar, spesifikasi hardware kelas menengah, dan layar 5 inci membuat daya tahannya bisa sampai satu setengah hari.

Cari smartphone untuk selfie yang bagus? Intip di sini

Adapun waktu pengisian baterainya dari kosong hingga penuh memakan waktu hampir dua jam. Ya, cukup standar untuk saat ini. Kalau saja Redmi 4X dibekali teknologi Quick Charge terbaru, durasinya pasti bisa lebih singkat lagi.

Sebagai smartphone berkategori entry level, Redmi 4X tentu lebih cocok digunakan untuk penggunaan fungsi minimum sehingga kinerjanya masih bisa memuaskan. Mungkin bisa Anda gunakan produk ini sebagai smartphone kedua, atau penunjang pekerjaan sehari-hari saja.

 

0 comments