NOW READING

Xiaomi Perkaya Jajaran Produk dengan Dua Notebook Air Perdana

 1758
+
 1758

Xiaomi Perkaya Jajaran Produk dengan Dua Notebook Air Perdana

by The Daily Oktagon
  • Dikenal sebagai produsen smartphone, Xiaomi memperkaya jajaran produknya dengan cakupan lebih luas lagi.
  • Selain smartphone dan wearable device, Xiaomi baru saja memperkenalkan dua notebookperdananya tahun ini.
  • Mi Notebook Air adalah nama yang digunakan Xiaomi untuk perangkat notebook buatannya, yang juga terinspirasi dari MacBook Air.

Sekali lagi, Xiaomi membuktikan keseriusannya dalam berkiprah di ranah teknologi.

Keseriusan ini terlihat dari semakin luasnya jangkauan Xiaomi lewat berbagai varian pada deretan produk teranyarnya. Setelah berhasil jadi salah satu pemain utama industri smartphone di Cina, Xiaomi kini melebarkan sayapnya merilis perangkat notebook.

Sebagai permulaan sekaligus penanda kehadirannya di industri personal computer (PC), ada dua perangkat notebook yang dirilis Xiaomi. Kedua notebook ini terlihat cukup identik dengan MacBook milik Apple.

Ya, ternyata Xiaomi memang terinspirasi dari notebook besutan Apple itu.

xiaomi mi notebook

Xiaomi bahkan menamakan notebook-nya dengan sebutan Mi Notebook Air. Ada dua tipe yang dirilis, yaitu Mi Notebook Air 12,5 dan Mi Notebook Air 13,3. Nama Air yang digunakan Xiaomi adalah untuk menandakan kalau kedua notebook miliknya ini punya desain, bentuk, dan dimensi yang compact.

Sementara angka yang digunakan dalam sistem penamaannya, yaitu “12,5” dan “13,3” melambangkan dimensi layar notebook. Meski dimensinya berbeda tipis hanya terpaut 0,8 inci saja, kinerja serta peruntukannya sangat jauh berbeda.

Xiaomi Mi Notebook Air 12,5 dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna yang punya mobilitas ekstra tinggi yang harus siap bekerja dimana saja. Kinerjanya ditunjang CPU low power Intel Core M3, RAM 4 GB, dan SSD 128 GB.

Penggunaan SSD, selain berpengaruh terhadap dimensi notebook yang jadi lebih ramping dan ringan, juga hasilkan proses booting dan loading ekstra cepat.

Sayang, Anda yang hobi bermain game berat tidak terlalu bisa mengandalkannya, karena GPU yang digunakan adalah bawaan Intel, yakni HD Graphics 515.

xiaomi mi notebook

Kalau ingin kinerja yang lebih maksimal, Xiaomi Mi Notebook Air 13,3 punya spesifikasi lebih tinggi. Kinerjanya kira-kira dua kali lebih baik ketimbang Mi Notebook Air 12,5.

Dapur pacunya dipimpin oleh CPU Intel Core i5-6200U dan dibantu RAM 8 GB serta SSD 256 GB. Buat yang hobi nge-game, kinerja grafisnya lumayan bisa diandalkan dengan GPU NVIDIA 940MX.

Selain perbedaan ukuran dan kinerja, kedua Mi Notebook Air milik Xiaomi ini bagai pinang dibelah dua. Layarnya sama-sama kinclong dengan resolusi full HD.

Keyboard-nya sama-sama nyaman dengan ukuranfull size dan disertai backlight. Speaker-nya juga sama detail dan mentereng dengan chip buatan AKG.

xiaomi mi notebook

Kesamaan lain yang dimiliki kedua compact notebook ini adalah desainnya. Kalau Anda perhatikan, sisi depan Mi Notebook Air benar-benar polos tanpa logo apapun.

Ada yang bilang, seperti notebook belum jadi, ada pula yang justru menyukainya karena terlihat unik. Dengan begitu kita juga bisa mempercantiknya dengan sticker khusus.

Saat ini, Xiaomi Mi Notebook Air baru tersedia resmi di Cina. Di negara asalnya itu, Mi Notebook Air di-bundling dengan Microsoft Windows 10 versi Bahasa Cina saja.

Demi mendapatkan Mi Notebook Air 12,5 kita perlu merogoh kocek US$ 520 (atau sekitar Rp 6,8 juta), sementara Mi Notebook Air 13,3 dipasarkan seharga US$750 (sekitar Rp 9,8 juta).

0 comments