NOW READING

Xiaomi Mi Notebook Air vs MacBook Air, Mana Lebih Unggul?

 4685
+
 4685

Xiaomi Mi Notebook Air vs MacBook Air, Mana Lebih Unggul?

by The Daily Oktagon
  • Xiaomi merilis notebook perdananya tahun ini dengan bentuk mirip MacBook Air.
  • Ada dua tipe yang dirilis, yaitu Mi Notebook Air 12,5 dan Mi Notebook Air 13,3.
  • Dengan bentuk yang identik, Mi Notebook Air pun kerap dibandingkan dengan MacBook AIr, siapa lebih unggul?

Sudah jadi rahasia umum kalau Xiaomi, perusahaan teknologi asal China, sedang melaju sangat cepat menggarap berbagai produk tahun ini. Selain smartphone dan wearable, ada produk jenis baru yang dirilis oleh Xiaomi yang tak lain adalah notebook.

Bukan cuma satu, Xiaomi langsung merilis dua notebook sekaligus yang bisa dibilang terinspirasi oleh MacBook Air. Tapi bagaimana kalau notebook Xiaomi itu dibandingkan langsung dengan salah satu varian laptop andalan Apple, MacBook Air?

Simak ulasan The Daily Oktagon berikut ini:

Desain Identik

Xiaomi diketahui sudah terinspirasi oleh Apple sejak lama, saat pertama kali merilis smartphone seri Mi. Hal ini terus berlanjut ketika mereka menciptakan notebook bernama Mi Notebook Air. Selain mirip dari sisi penamaan, Mi Notebook Air juga punya bentuk yang cukup identik dengan MacBook Air.

Ada dua ukuran Mi Notebook Air yang tersedia, yakni 12,5 inci dan 13,3 inci. Dimensi keduanya dirancang compact agar mudah digunakan di berbagai kondisi. Jika bicara soal tipis, ketebalan MacBook Air versi 11,6 inci ternyata masih lebih tipis dari Mi Notebook Air 12,5 inci.

Begitu pun dengan varian 13,3 inci, Mi Notebook Air masih kalah tipis dari MacBook. Namun dari sisi bobot, Mi Notebook Air dan MacBook Air punya berat yang sama, yakni kurang dari 1,5 kg.

xiaomi mi notebook

Lanjut ke bagian material, kami menilai MacBook Air punya bodi yang lebih solid dan kokoh. Sebenarnya Mi Notebook Air pun terbuat dari bahan metal di sekujur bodinya. Tapi finishing-nya tidak sebaik MacBook Air.

Selain itu, ketiadaan logo Xiaomi di bagian depan notebook secara subyektif membuatnya terlihat aneh, bahkan tidak nampak seperti notebook jika layarnya dalam kondisi tertutup.

Baca lebih lengkap tentang device Xiaomi Mi Notebook di sini

Untuk Mobilitas Tinggi

Xiaomi membekali Mi Notebook Air 12,5 inci dengan CPU Intel Core-M, sementara untuk versi 13,3 inci mengandalkan CPU Intel Core i5. Di atas kertas, spesifikasi tersebut bisa dibilang seimbang dengan yang dimiliki MacBook Air.

Varian MacBook Air 11,6 inci maupun 13,3 inci sama-sama mengandalkan CPU Intel Core i5. Begitu pun dengan kapasitas RAM, Mi Notebook Air 12,5 dan MacBook Air 11,6 punya kapasitas 4 GB, sedangkan versi 13,3 inci sama-sama mengusung RAM 8 GB.

Di atas kertas, performa komputasi keduanya bakal setara. Tapi pada kenyataanya, performa MacBook Air ternyata masih lebih cepat, meski tidak terpaut jauh. MacBook Air mampu menjalankan aplikasi Office, browsing, atau pun streaming video dengan sedikit lebih cepat.

xiaomi mi notebook

Hanya saja ketika bicara soal game, Mi Notebook Air 13,3 inci dapat mengungguli MacBook Air. Pasalnya Mi mempunyai GPU NVIDIA GeForce 940MX dengan VRAM 1 GB.

Tentu saja Anda tidak bisa bermain game yang kelewat berat seperti Assassins Creed atau seri Call of Duty terbaru dengan lancar. Tapi jika yang Anda mainkan hanya seperti sepak bola Pro Evolution Soccer atau game online seperti Warcraft, Mi Notebook Air 13,3 bisa diandalkan.

Ikuti juga pembahasan tentang perangkat lainnya yang meski relatif murah, tapi punya kemampuan segudang, di sini

Konektivitas Lumayan

Karena dirancang untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, Xiaomi Mi Notebook Air dan MacBook Air bisa dibilang agak pas-pasan dalam hal konektivitas. Tapi kalau mau lebih praktis, dalam hal ini Mi Notebook Air lebih unggul dari MacBook Air.

Mi Notebook Air dibekali dua buah port USB, terdiri dari satu port USB standar dan satu port USB Type-C. Nah, port USB Type-C ini, selain bisa digunakan untuk transfer data via flash disk, juga berfungsi untuk pengisian baterai. Selain itu, ada pula port HDMI standar untuk melempar tampilan notebook ke layar eksternal.

MacBook Air sebenarnya juga menawarkan dua buah port USB standar. Hanya saja tidak ada port HDMI. Sebagai gantinya Apple menyediakan port thunderbolt untuk berbagai kebutuhan, termasuk mentransfer tampilan layar notebook ke layar eksternal.

Hanya saja, Anda membutuhkan konektor khusus yang harus dibeli secara terpisah dengan harga di atas Rp 150 ribu.

xiaomi mi notebook

Baterai dan Harga

Ketika performa sudah terasa memuaskan, hal selanjutnya yang menjadi perhatian adalah baterai. Kami pun mengadu daya tahan antara Xiaomi Mi Notebook Air 12,5 dan MacBook Air 11,6. Hasilnya, daya tahan baterai MacBook Air lebih baik dengan selisih 1,5 jam.

Ya, MacBook Air 11,6 rata-rata bisa bertahan tujuh jam, sementara Mi Notebook Air 12,5 bisa bertahan lima hingga enam jam. Hal ini bisa terjadi karena resolusi layar Mi Notebook Air yang lebih tinggi (Full HD) ketimbang MacBook Air (HD), sehingga lebih boros daya.

Sementara untuk harga, Xiaomi Mi Notebook Air jelas lebih unggul. Perbedaan harga versi termurah dari keduanya terpaut sekitar Rp 3 juta. Di Indonesia, MacBook Air 11,6 dibanderol dengan harga rata-rata Rp 11 jutaan (garansi resmi), sedangkan Mi Notebook Air 12,5 dibanderol Rp 8,5 juta (garansi internasional).

Baca juga tentang gadget pilihan yang masuk IFA 2016 beberapa waktu lalu, di sini

Spesifikasi dan kemampuan yang relatif serupa, rasanya akan membuat konsumen sulit untuk memilih salah satunya. Bahkan tampilan?

Namun bagi penggemar Apple, keunggulan Xiaomi Mi Notebook Air yang hanya ada di beberapa faktor saja, sepertinya tidak akan membuat mereka beralih.

Sementara bagi konsumen yang lebih netral, apalagi yang lebih menitikberatkan pada nilai ekonomis, Mi Notebook Air dapat menjadi jawaban alternatif. Anda sendiri, pilih yang mana?

0 comments