NOW READING

Xiaomi Mi 5X, Goda Konsumen Kelas Menengah dengan Desain Menawan

 1274
+
 1274

Xiaomi Mi 5X, Goda Konsumen Kelas Menengah dengan Desain Menawan

by The Daily Oktagon
  • Xiaomi Mi 5X adalah salah satu dari sejumlah smartphone anyar Xiaomi yang diluncurkan pada 2017. Xiaomi mengklaim, Mi 5X ditujukan khusus untuk kelas menengah.
  • Mi 5X dilego sekitar Rp 3 jutaan di negara asalnya. Harga ini tergolong terjangkau mengingat Mi 5X mengusung desain yang begitu memikat.
  • Bagi calon pembeli yang punya range budget di kisaran Rp 3 jutaan, smartphone ini dirasa cocok untuk memenuhi kebutuhan.

Xiaomi tampaknya begitu getol “menelurkan” jajaran smartphone terbaru pada tahun ini. Salah satu sorotan utamanya adalah sang flagship Mi 6.

Walau Mi 6 yang notabene menjadi flagship untuk kelas atas masih tetap jadi primadona, perusahaan teknologi asal Negeri Tirai Bambu ini buktinya masih tetap fokus pada segmen kelas menengah dengan beberapa seri Mi baru. Sebagai bukti, Xiaomi merilis Mi 5X. Ya, smartphone ini adalah salah satu dari sejumlah smartphone anyar Xiaomi yang diluncurkan pada 2017. Xiaomi mengklaim, Mi 5X ditujukan khusus untuk kelas menengah.

Menariknya, penerus Mi 5 ini hadir dengan desain elegan sekelas flagship. Tak cuma itu, ia juga ditopang beberapa fitur yang cukup membuatnya gahar, salah satunya adalah konfigurasi dual-camera seperti yang diusung Mi 6.

Beruntung, The Daily Oktagon berkesempatan punya pengalaman untuk membuka boks penjualan Xiaomi Mi 5X. Seperti apa isinya? Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung intip prosesi unboxing-nya di bawah ini.

Monoton Tapi Manis

Xiaomi adalah perusahaan yang selalu “mengagung-agungkan” kesederhanaan, baik dalam pengemasan produknya maupun mendesain sistem antarmuka smartphone. Hal itu terbukti pada boks penjualan Mi 5X yang kami nilai begitu monoton.

Mungkin bagi sebagian orang yang menyukai desain minimalis dengan tone satu warna yang mendominasi seperti putih, bahkan boks penjualan Mi 5X dianggap eye catching dan manis. Boksnya tidak terlalu besar, mengingat layar smartphone ini cuma 5,5 inci saja. Ia mengusung bentuk persegi panjang seperti boks penjualan smartphone Xiaomi lainnya.

foto unbox oktagon Xiaomi Mi 5X 2

Di tengah-tengah boks, ada logo ikonik “Mi” muncul dengan apik, sedangkan di pojok kanan depan boks terpampang tulisan “4GB/64GB” yang menandakan unit tersebut mengusung RAM 4GB dan memiliki memori internal (ROM) 64GB.

Simak artikel unboxing Redmi Note 4 di sini

Prosesi pembukaan boks pun sama halnya dengan yang kami lakukan pada prosesi unboxing smartphoneXiaomi yang sudah-sudah. Kami hanya perlu mengangkat kover depan boks ke atas, dan voila! Satu unit Mi 5X terpasang rapih lengkap dengan plastik pelindung.

Mengangkat unit smartphone juga tidak sulit. Sekiranya, kami bisa membredeli kover boks depan dan unit smartphone dalam hitungan waktu 10 detik saja. Mungkin value inilah yang diinginkan Xiaomi kepada penggunanya saat pertama kali melakukan unboxing, Mudah, cepat, dan tidak bertele-tele.

Beranjak ke bagian dalam, boks penjualan smartphone menyimpan sejumlah komponen standar. Adapun di antaranya seperti buklet manual dan garansi, serta kabel USB Type-C dan port charging yang tersusun dalam skema vertikal.

Kami tidak merasa kesulitan sama sekali saat mengambil satu per satu aksesori dari dalam boks. Semua terasa begitu smooth dan simpel, meletakannya ke dalam boks kembali pun tidak ribet, karena ruangan di dalamnya sudah dirancang sedemikian rupa untuk membuat semua aksesori muat.

Harga Bersahabat, Desain Memikat

Sekadar informasi, Mi 5X dilego sekitar Rp 3 jutaan di negara asalnya. Harga ini tergolong terjangkau mengingat Mi 5X mengusung desain yang begitu memikat. Bahkan, kami bisa menilai look dari smartphoneini bak pinang dibelah dua dengan saudaranya, yakni Mi Max 2.

Soal kemolekan desain, intip juga artikel unboxing Mi MIX di sini

foto unbox oktagon Xiaomi Mi 5X 3

Walau kebanyakan smartphone Xiaomi (apalagi seri Redmi) mengusung desain yang sama dan itu-itu saja, setidaknya Mi 5X masih punya desain yang autentik. Bicara bahan, ia dibalut material metal. Meski materialnya metal, kover belakang smartphone tetap terasa ala material doff. Kami sempat khawatir, karena material metal smartphone ini akan tampak glossy dan meninggalkan sidik jari yang berminyak.

Namun kenyataannya, saat membuka unit smartphone dengan tangan berminyak dan keringat, kover belakang tetap aman dan tidak meninggalkan sidik jari yang menganggu. Mi 5X dengan Mi Max 2 secara desain boleh saja sama. Namun, salah satu faktor yang membedakan kedua smartphone adalah kameranya.

Ya, jika Mi Max 2 mengusung kamera utama tunggal dengan resolusi 12MP, Mi 5X dipersenjatai kamera utama ganda ala Mi 6, di mana masing-masing lensa resolusinya 12MP dengan kemampuan menjepret 2x optical zoom dan mode portrait. Posisi dan desain kamera Mi 5X dan Mi 6 juga berbeda. Mi 6 memiliki desain kamera utama ganda di mana masing-masing lensa dan slot LED Flash-nya terpisah.

Lantas, Mi 5X memiliki struktur desain kamera utama ganda ala iPhone 7 Plus, di mana masing-masing lensanya bergabung dalam slot khusus. Bedanya, LED Flash terpisah sendiri dari slot kamera utama ganda.

Sensor yang digunakan Mi 5X dan Mi 6 berbeda, Mi 5X mengusung sensor OmniVision, sedangkan Mi 6 sensornya Sony. Walau demikian, kualitas jepretan Mi 5X tetap menyamai Mi 6. Efek depth of field yang tercitra di dalam foto bisa menciptakan bokeh yang cukup baik. Akan tetapi, perlu dicatat jika kamera Mi 5X belum memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilizer).

foto unbox oktagon Xiaomi Mi 5X

Beranjak ke bagian lain, yang lagi-lagi sama membuat Mi 5X identik dengan Mi Max 2 adalah posisi slot pemindai sidik jari di tengah bagian kover belakang. Tak cuma itu, peletakkan slot lain seperti port USB Type-C juga sama. Ia ada di bawah layar, tepat di tengah-tengah. Di sebelah kanan port USB Type-C, ada speaker, sedangkan di sisi kirinya ada lubang headphone jack 3.5mm.

Dengan demikian, kami bisa simpulkan Mi 5X adalah seri smartphone Xiaomi yang menjanjikan–dalam segi desain. Bagi calon pembeli yang punya range budget di kisaran Rp 3 jutaan, smartphone ini dirasa cocok untuk memenuhi kebutuhan.

Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan rupa dan performa ala Mi Max 2 dan kualitas kamera rasa Mi 6.

0 comments