NOW READING

Waspada! Perangkat IoT Bisa Menjadi Sasaran Kejahatan Siber

 847
+
 847

Waspada! Perangkat IoT Bisa Menjadi Sasaran Kejahatan Siber

by The Daily Oktagon
  • Kita tengah menyongsong era Internet of Things
  • Banyak perangkat yang telah terkoneksi IP internet
  • Perangkat IoT rentan terhadap serangan siber

Sebagai bentuk respons terhadap pesatnya perkembangan kecanggihan teknologi, para produsen teknologi tak henti meluncurkan inovasi terbaru mereka. Begitu juga halnya dengan dunia robotik. Pada era digital ini, teknologi robotik semakin dikembangkan kecanggihannya.

Pada era digital saat ini, secara tidak sadar kita tengah menyongsong era Internet of Things atau yang biasa disebut dengan IoT. Saat ini tak sedikit perangkat pemenuh kebutuhan manusia yang telah terkoneksi IP internet. Contohnya wearable device seperti gelang pintar atau smartwatchsmartlock, perangkat smarthome dan lain sebagainya.

perangkat IoT

foto: shutterstock

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi yang terdapat pada perangkat tersebut, hal ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku kejahatan siber untuk meretas teknologi tersebut. Alasan mengapa perangkat IoT ini menjadi sasaran utama para pelaku kejahatan siber adalah karena masih adanya celah keamanan yang bisa dijadikan jalan masuk untuk diretas. Masa pengembangan yang terkesan terburu-buru ini seringkali melewatkan sistem keamanan mereka.

Perangkat Internet of Things (IOT) Akan Memiliki IQ

Michal Salat, selaku Director of Threat Intelligence Avast, mengatakan “karena perangkat pintar tidak memiliki pengamanan yang cukup, perangkat tersebut dapat diretas menggunakan sejumlah metode, mulai dari yang mudah, seperti pembobolan kredensial login, hingga yang lebih canggih seperti beragam teknik eksploitasi, atau rekayasa balik firmware atau sistem operasi serta mendeteksi kerentanan hari ke 0”.

IoT rentan terhadap serangan siber karena perangkat tersebut seringkali menggunakan sistem operasi berbasis Linux, di mana pelaku siber dapat dengan mudah menulis kode berbahaya yang umum dan secara langsung dapat menargetkan beberapa perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Hal yang dikhawatirkan ketika telah terjadi kejahatan siber adalah diretasnya data pribadi milik kita. Bahkan, ketika kita menggunakan perangkat pintar untuk keperluan perusahaan, para pelaku kejahatan siber dapat membobol segala informasi tentang perusahaan dan kita dapat mejadi korban tersangka utama kejahatan tersebut.

Dulu Kita Tidak Terpikir Produk IoT Ini Bakal Ada. Apa saja?

perangkat IoT

foto : shutterstock

Cara Melindungi Perangkat IoT

Berikut ini, The Daily Oktagon memiliki cara yang dapat dilakukan untuk melindungi perangkat IoT

  1. Jika tidak diperlukan, jangan mengakses perangkat Anda dari jaringan eksternal
  2. Nonaktifkan semua layanan jaringan yang tidak Anda perlukan pada saat sedang menggunakan perangkat Anda
  3. Jika ada kata sandi yang standar atau general yang tidak dapat diubah, atau akun preset tidak dapat dinonaktifkan, maka nonaktifkan layanan jaringan yang digunakan, atau tutup akses ke jaringan eksternal
  4. Sebelum menggunakan perangkat, ganti kata sandi default, dan atur yang baru
  5. Secara teratur perbarui perangkat firmware ke versi terbaru, jika memungkinkan
0 comments