NOW READING

Wah, Gambar Lucu 4D Bisa Muncul Dari Baju dengan Teknologi AR

 2579
+
 2579

Wah, Gambar Lucu 4D Bisa Muncul Dari Baju dengan Teknologi AR

by The Daily Oktagon
  • Edukasi kepada anak mengenai wawasan umum saat ini mulai dilakukan secara digital.
  • Salah satu caranya dengan teknologi augmented reality yang muncul pada permukaan pakaian mereka.
  • Selain unik, anak juga akan merasa gembira dengan munculnya hewan kesukaan di pakaian mereka.

Era digital menghadirkan teknologi Augmented Reality. Gambar 2D hingga 4D dapat muncul seperti pada kertas dengan kode perintah tertentu.

Saat ini, teknologi AR sudah semakin berkembang. Media untuk memunculkan bentuk gambar 4D pun bukan hanya dari kartu saja. Keseruan melihat objek ini bisa didapat dari media pakaian berjenis kaos. Salah satu pengembang aplikasi Indonesia, Octagon Studio, mengembangkan teknologi ini yang dirilis pada 2016 lalu. Gambar yang dimunculkan pun sangat lucu dan pastinya disukai banyak orang, termasuk anak-anak.

 

Foto: Shutterstock

Hadir untuk Mengedukasi Buah Hati

Octagon Studio mencoba berinovasi pada teknologi AR dengan menghasilkan kaos yang gambarnya dapat muncul dalam format 4D. Gambar yang tersedia saat ini masih seputar hewan seperti dinosaurus atau beruang kutub. Namun, dari gambar ini dapat mengedukasi anak-anak khususnya pada usia belajar untuk mengetahui secara rinci hewan tersebut.

Untuk mendapatkan gambar 4D, pengguna harus mengunduh aplikasi Wear 4D+ pada telepon pintar. Setelahnya, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke gambar pada kaos tersebut. Lalu akan muncul objek dari gambar yang keluar dan bergerak layaknya hewan sesungguhnya. Pada aplikasi terdapat kursor yang bisa dipakai untuk mengarahkan objek bergerak ke kanan atau kiri.

Gambar 4D yang ditampilkan sangat nyata, bahkan untuk beruang kutub terdapat salju dan es sebagai tempat tinggalnya. Sudah terdaftar pada lembaga Standar Nasional Indonesia (SNI), baju ini bisa dipakai setiap hari di setiap kegiatan. Anak-anak juga sangat senang dengan hadirnya hewan lucu kesukaan mereka. Tidak hanya keceriaan, tetapi juga mengedukasi mereka untuk lebih mengenal hewan dengan lebih dekat.

Perangkat AR juga hadir dalam bentuk pistol. Seperti apa? Berikut ulasannya.

 

Foto: Shutterstock

Teknologi AR Terus Dikembangkan

AR di Indonesia sendiri sudah banyak digunakan untuk membantu dunia medis dan manufaktur. Seiring berjalannya waktu, penggunaan teknologi AR sudah dapat menghibur serta memberi pengajaran secara visual. Teknologi ini masih dikembangkan, khususnya oleh Octagon Studio. Meski teknologi VR sudah mulai populer, tetapi AR masih diminati khususnya para pengembang situs dan aplikasi.

Octagon Studio sendiri sudah memunculkan dua produk AR mereka. Selain baju, mereka juga mengeluarkan deretan kartu 4D+ yang hadir dalam berbagai macam gambar. Ada dinosaurus, mobil, hingga luar angkasa yang bisa muncul dan bergerak mengikuti pergerakan benda aslinya. Terdapat juga aplikasi yang baru saja diluncurkan yaitu Wandr. Aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi AR yang bisa menambah keseruan saat mengambil foto atau video.

Kehadiran baju dengan memanfaatkan teknologi AR ini berhasil membuat inovasi di bidang fesyen maupun teknologi. Baju ini bisa digunakan bukan hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa yang ingin menambah kebahagiaan anaknya. Aplikasi sendiri juga bisa digunakan oleh siapapun pada iOS maupun Android. Serunya proses kreatif ‘penciptaan’ menggunakan augmented reality pun dapat membuat sang anak maupun orang tua berbahagia dengan hadirnya 4D+.

Kecanggihan teknologi AR juga bisa digunakan dalam bidang industri dan lainnya. Baca selengkapnya di sini.

0 comments