NOW READING

MWC 2020 Batal Digelar Karena Virus Corona, Gimana Nasib Industri Mobile dunia?

 183
+
 183

MWC 2020 Batal Digelar Karena Virus Corona, Gimana Nasib Industri Mobile dunia?

by The Daily Oktagon

Wabah Virus Corona makin meluas. Kali ini berimbas pada Industri mobile dunia, yang menyebabkan event Mobile World Congress atau MWC 2020 di Barcelona, Spanyol, GSMA, dibatalkan. Keputusan pembatalan ini diumumkan secara melalui laman resmi MWC.

“Dengan memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah saat ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena kekhawatiran global terkait wabah coronavirus, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya, membuat GSMA tidak mungkin menyelenggarakan acara tersebut”, demikian pernyataan yang dilansir dari laman resmi MWC.

Baca juga: Ini 5 Ponsel Nokia Terbaru yang Rilis di MWC 2018

MWC 2020 Batal Digelar

Acara semula akan digelar pada 21-24 Februari 2020 gagal setelah sebelumnya banyak vendor smartphone dan perusahaan teknologi menyatakan mundur dalam event tersebut. Beberapa perusahanaan besar seperti Facebook, LG, Sony, Intel, Ericsson, Nvidia, ZTE, TCL dan Amazon sebelumnya menyatakan mundur karena khawatir akan wabah Virus Corona.

Alasan GSMA membatalkan event ini memang bukan tanpa alasan. Tahun lalu, lebih dari 100.000 orang telah menghadiri MWC. Di event ini banyak dari pengunjung pameran memiliki basis di China yang merupakan wilayah pertama yang terkena wabah korona.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi pun semakin meningkat. Kabarnya virus korona telah menginfeksi lebih dari 60 ribu orang dan lebih dari seribu orang meninggal dunia. Menurut GSMA, ada sekitar 6.000 orang peserta yang berangkat dari China.

Ratusan ribu orang kumpul dari berbagai negara yang ditakutkan bisa menjadi ajang penularan virus, walaupun GSMA sempat menyatakan bakal mengambil langkah-langkah preventif. Ajang MWC setiap tahunnya dihadiri tak kurang dari 100.000 pengunjung dan ribuan perusahaan.

Baca juga: Gadget dan Teknologi Terbaik di Ajang MWC 2017

Bagaimana Nasib Industri Mobile Dunia?

Dengan dibatalkannya MWC 2020 di Barcelona, Spanyol tersebut, dapat dipastikan sejumlah vendor menelan kerugian besar-besaran. Pada pernyataannya GSMA, pihak penyemenggara MWC juga menyampaikan simpati bagi Cina atas wabah virus Corona dan negara-negara yang terkena dampaknya.

Dengan pembatalan event MWC 2020 nampaknya akan cukup berdampak pada industri teknologi, khususnya mobile. Sebab selain peluncuran produk, MWC merupakan tempat pertemuan para profesional dan eksekutif dari berbagai perusahaan besar.

Ajang ini bahkan sering dijadikan tempat pertemuan dan kesepakatan atntar perusahaan baik dengan rekanan, pemasok, distributor, hingga akusisi. Tidak hanya dari sisi industri teknologi, pembatalan juga berdampak pada kota Barcelona. Kenapa? karena event besar bisa menciptakan 14 ribu pekerjaan dan nilai ekonomi hingga 500 juta euro untuk negara tersebut.

Batalnya acara MWC 2020 tidak menyurutkan beberapa vendor yang telah menjadwalkan perilisan produk barunya baru dengan cara lain. Vendor seperti TCL dan Xiaomi akan tetap memperkenalkan inovasi smartphone barunya di gedung eksibisi lain. Bahkan vendor vendor Sony menyatakan tetap meluncurkan produknya melalui gelaran live streaming.

Meski MWC 2020 dibatalkan, GSMA sebagai penyelenggara MWC mengatakan akan tetap digelar di tahun-tahun berikutnya. Selain itu masih sejumlah ajang serupa sehingga beberapa perusahaan dapat menyiapkan alternatif lain untuk merilis produk baru mereka.

0 comments