NOW READING

Vimble vs Zhiyun: Adu Kestabilan Gimbal Elektronik

 74
+
 74

Vimble vs Zhiyun: Adu Kestabilan Gimbal Elektronik

by The Daily Oktagon
  • Kedua penstabil gambar ini memiliki kemampuan yang hampir sama.
  • Vimble mempunyai kelebihan di desain yang futuristik.
  • Zhiyun lebih fleksibel untuk digunakan bagi para penggunanya.

Gimbal merupakan salah satu aksesori untuk para pencinta fotografi yang ingin mendapatkan gambar yang stabil. Selain digunakan untuk menghasilkan gambar yang tidak guncang, gimbal akan menahan smartphone tetap tegak. Sehingga pergerakan panning bisa didapatkan dengan mudah.

Terdapat dua gimbal yang memiliki keunikan dan fitur yang diunggulkan, yakni Feiyutech Vimble dan Zhiyun Smooth Q saling beradu kemampuan dan menunjukkan siapa yang paling stabil. Selain itu, model yang dimiliki masing-masing gimbal ini menggambarkan identitas bagi pemiliknya. Tidak heran alat ini menjadi idaman para pembuat vlog.

 

 

Tampak Luar

Jika dilihat dari penampilan kotak yang membungkus kedua gimbal tersebut, sekilas terlihat hampir sama. Namun pada bagian dalam, Vimble memiliki logo yang memperlihatkan brand mereka. Secara tampilan fisik, Vimble dan Zhiyun sangat berbeda. Vimble mempunyai desain yang futuristik, warna putih dan abu-abu Vimble membuat produknya terkesan modern.

Berbeda dengan Vimble, desain minimalis diterapkan oleh pesaing Vimble. Gimbal Zhiyun Smooth Q memiiki warna dominan hitam. Hal ini membuat Zhiyun terlihat lebih monoton dibandingkan dengan Vimble. Namun ini menunjukkan kesan Zhiyun lebih elegan dan netral. Karena warna hitam bisa digunakan untuk siapa saja.

Vimble memiliki pegangan yang sangat ergonomis. Kenyamanan akan langsung dirasakan ketika menggenggam bagian handle dari Vimble. Pegangan yang dilapisi busa berwarna abu-abu ini lembut dan empuk saat digenggam. Jika dibandingkan dengan Zhiyun, bagian pegangan dari Zhiyun sedikit lebih besar.

Ingin tahu aksesoris kamera yang ringkas? Lihat di sini!

Kelengkapan Aksesori

Vimble memberikan aksesori tambahan berupa kabel pengisi daya yang bisa digunakan untuk mengisi baterai ketika indikator dari Vimble sudah berkedip merah. Zhiyun justru memberikan banyak aksesori tambahan untuk para pemiliknya. Aksesori berupa tali pelindung dan kabel untuk melakukan charging sudah tersusun dengan rapi di dalam kotak Zhiyun.

Berbeda dengan Vimble, Zhiyun Smooth Q dilengkapi dengan berbagai aksesori lain. Salah satunya adalah tas berwarna abu-abu yang terlihat sangat elegan. Tas ini berfungsi untuk melindungi Zhiyun dari debu dan tubrukan dari luar yang bisa mengakibatkan kerusakan pada Zhiyun. Sehingga pemberian tas dianggap sangat berguna untuk membuat Zhiyun agar lebih terawat.

Hal ini tidak bisa didapatkan dari Vimble karena Vimble tidak memberikan tas untuk menyimpan unitnya. Namun, kotak dari Vimble sudah dilengkapi busa yang cukup tebal. Pemberian busa ini bisa dikatakan penyelamat Vimble karena dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan yang baik tapi akan membuatnya sulit dibawa kemana-mana karena ukuran kotak yang cukup besar.

Adu Kestabilan dan Rotasi

Saat keduanya dinyalakan, secara otomatis kedua unit tersebut bergerak untuk menyesuaikan ke posisi awal. Zhiyun dan Vimble sama-sama memiliki analog pad untuk menggerakkan mounting ke posisi yang kita inginkan. Keduanya sangat mudah digunakan dan fleksibel untuk penentuan arah pengambilan gambar.

Ketika percobaan rotasi gimbal, terdapat perbedaan yang signifikan antara Vimbal dan Zhiyun. Vimbal tidak dapat memutar 360 derajat. Tangkai penahan mounting tertahan pada bagian depan dan langsung kembali ke posisi awal. Zhiyun memiliki kelebihan dibanding Vimbal yaitu dapat memutar 360 derajat. Selain itu, jika tidak dinyalakan, Zhiyun tetap bisa digunakan namun hanya berfungsi sebagai stabilizer.

Lihat gadget dan aksesori yang cocok untuk liburan di sini!

Keduanya sama-sama memiliki lampu indikator yang dapat digunakan sebagai penanda bahwa alat bisa berfungsi dengan baik. Ketika analog digerakkan, maka indikator langsung menyala. Warna biru untuk Zhiyun dan kuning untuk Vimbal. Jika perlu diisi ulang dayanya, maka indikator merah akan berkedip.

 

 

Kedua gimbal ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun hal ini akan dikembalikan kepada konsumen karena keduanya masih menunjukkan kualitas gimbal yang baik. Penambahan fungsi elektronik merupakan terobosan baru bagi sebuah stabilizer sehingga gimbal lebih mudah digunakan dan lebih fleksibel. Anda bisa mendapatkan Feiyutech Vimble dengan harga Rp2.090.000, sedangkan untuk Zhiyun Smooth Q sudah bisa dimiliki dengan harga Rp2.190.000.

Setelah membaca perbandingan keduanya, sudah memutuskan akan membeli gimbal yang mana untuk menunjang hobi fotografi/vlog Anda?

0 comments