NOW READING

Type Designer: Mendesain Huruf Bisa Dapat Penghasilan

 996
+
 996

Type Designer: Mendesain Huruf Bisa Dapat Penghasilan

by The Daily Oktagon
  • Beragamnya jenis bentuk huruf ini tak terlepas dari peran para perancang bentuk huruf.
  • Profesi ini cukup menjanjikan bagi seseorang yang suka menciptakan gaya huruf yang unik.
  • Pemakaiannya bukan hanya untuk mengetik di Microsoft Word saja.

Saat menggunakan aplikasi Microsoft Word seringkali jenis bentuk huruf (font) yang digunakan adalah Times New Roman. Namun, selain jenis font tersebut terdapat juga jenis bentuk huruf lainnya. Beragamnya jenis bentuk huruf ini tak terlepas dari peran para perancang bentuk huruf ini. Profesi ini biasa disebut dengan font/type designer.

Sebagian besar beralasan bahwa mereka tidak mengetahui bagaimana cara memulai rancangan huruf tersebut. Prospek dari segi material pun kurang diketahui oleh masyarakat luas. Sebenarnya, profesi ini cukup menjanjikan bagi seseorang yang suka menciptakan gaya huruf yang unik. Pemakaiannya bukan hanya untuk mengetik di Microsoft Word saja, tapi juga untuk industri lain seperti perfilman, grafis, dan sebagainya.

Baca juga : Gemar Membaca? 7 Aplikasi iOS Ini Layak Kamu Coba

foto : shutterstock

Dasar Ilmu Menjadi Tipografi

Type designer adalah orang yang mendesain bentuk huruf baru dan berbeda dari yang sudah ada. Sifat dari huruf yang dihasilkan sungguh beragam, sesuai kreasi dari si pembuat huruf. Seorang type designer biasanya sangat suka bereksperimen dalam membentuk huruf-huruf atau lapisan angka yang unik. Sebenarnya untuk menghasilkan sebuah huruf, terdapat ilmu yang bisa dipelajari, tapi juga bisa dipahami secara otodidak.

Sebagai permulaan, Anda dapat membaca buku karangan Karen Cheng berjudul Designing Type. Buku ini membahas antologi desain glyph serif dan sans serif pada berbagai karya typeface terkenal dari masa ke masa. Kemudian, cobalah mulai membuat huruf unik dengan media dasar seperti di atas kertas. Lalu, gunting huruf yang dibentuk dan buat sebuah kata sehingga terlihat keunikan dari hasil karya tersebut.

Cara Membuat yang Cukup Mudah

Sebelum menghasilkan sebuah huruf, pelajari dulu font yang sudah ada sebelumnya. Terdapat perbedaan antara font dan jenis huruf. Jenis huruf mengacu pada desain keseluruhan sedangkan font sendiri adalah ukuran tertentu dan bobot dari suatu huruf. Jenis font juga dibedakan menjadi font-serif dan sans-serif. Pada font serif terdapat tonjolan pada ujung huruf sedangkan font sans-serif tidak memiliki tonjolan. Ketahui juga perbedaan kerningleading, dan tracking agar pembuatan huruf lebih teratur.

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dapat memudahkan pembuatan huruf kreasi sendiri. Aplikasi ini di antaranya FontStruc, Type Light, atau Bitfontmaker2 yang dapat diunduh secara cuma-cuma. Pengerjaan huruf juga bisa dilakukan di mana saja, seperti di rumah atau tempat wisata jika mendapatkan suatu ide. Untuk pembuatan huruf, para kreator membutuhkan laptop seperti Lenovo Ideapad 110 dengan prosesor Intel Quad Core sehingga pengerjaan lebih cepat selesai.

Baca juga : Ini Kata-kata Gaul Baru ‘Kids Jaman Now’

foto : shutterstock

Prospek Menguntungkan

Menjadi seorang type designer sepertinya kurang menarik bagi publik secara luas. Kenyataannya, profesi ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Font menjadi salah satu jenis perangkat lunak, yang pada umumnya memiliki lisensi terbatas. Oleh karena itu, beberapa vendor besar membaginya menjadi lima jenis lisensi, lisensi desktop, lisensi web, lisensi aplikasi, lisensi e-book dan lisensi server. Pada lisensi desktop, nilai untuk satu font dikaitkan dengan jumlah pengguna dan akan ditambah 10 kali untuk lisensi berikutnya.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pembuat huruf. Jika satu paket font dikenakan biaya sekitar Rp13 ribuan, kalikan saja dengan pengguna yang akan mengunduhnya. Tentu akan memberi penghasilan yang cukup besar. Terdapat situs yang menyediakan jasa penjualan font, seperti Graphiciver dan Fontshop. Selain itu, peluang karier sebagai type designer juga cukup besar seperti di bidang perfilman, meski hanya sebagai pekerjaan sambilan.

Hal utama yang harus direlakan seorang type designer adalah waktu. Rancangan sebuah huruf biasanya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Sebuah font harus menunjukkan satu karakter tersendiri sehingga memberi ciri khas sesuai penggunaannya. Salurkan hasrat Anda pada dunia grafis, khususnya dalam pembuatan huruf yang unik dan menarik.

0 comments