NOW READING

Tutwuri, Aplikasi Pencari Beasiswa Impian

 966
+
 966

Tutwuri, Aplikasi Pencari Beasiswa Impian

by The Daily Oktagon
  • Aplikasi ini mempermudah penggunanya untuk mencari beasiswa.
  • Tutwuri sangat mudah digunakan dan user friendly.
  • Pengembangan masih diteruskan agar bisa digunakan seluruh sistem operasi.

Anda pasti pernah mendengar slogan “Tut Wuri Handayani” di dunia pendidikan. Satu dari tiga slogan Ki Hajar Dewantara ini memiliki arti ‘dari belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan’. Ternyata slogan tersebut menjadi inspirasi seseorang untuk menamakan inovasi terbarunya di bidang teknologi.

TutWuri adalah salah satu aplikasi yang lahir dan terinspirasi dari slogan Ki Hajar Dewantara di mana fungsi utama aplikasi ini adalah menemukan beasiswa yang tepat bagi para pelajar dan juga mahasiswa. Selain membantu mencarikan beasiswa, berbagai informasi untuk mendapatkan beasiswa yang tepat juga tersedia di dalam aplikasi ini.

Gunakan aplikasi ini untuk membantu mahasiswa saat belajar.

Buatan Lokal

Aplikasi ini dibuat oleh Audrey Maximillan, seorang founder startup Riliv.co ketika dirinya masih menjadi mahasiswa Universitas Airlangga. Inspirasi untuk membuat aplikasi ini berangkat dari pengalaman pribadinya. Audrey sering merasa kesulitan untuk mencari informasi mengenai universitas mana atau perusahaan mana yang menyediakan beasiswa.

Hadirnya aplikasi ini akan membantu mereka yang butuh informasi akan beasiswa. Notifikasi akan muncul jika ada beasiswa baru yang bisa didapatkan. Selain itu, pengguna aplikasi ini dapat mencari tahu informasi universitas mana saja yang sedang membuka program beasiswa untuk mereka yang membutuhkan.

Menjuarai Kompetisi

Aplikasi yang membantu banyak mahasiswa tersebut ternyata telah menjuarai suatu kompetisi bernama Djarum Black Apps Competition. Hal ini disebabkan karena TutWuri memberikan solusi dari masalah yang dekat dengan masyarakat. Jadi para pemburu beasiswa tidak perlu kesulitan dan kebingungan untuk mancari hal yang bisa membantu proses pendidikan mereka.

Berkat kemenangan Audrey, aplikasi ini akhirnya bisa direalisasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Aplikasi TutWuri ini bisa dipasang ke dalam smartphone sejak 29 Juni 2013 lalu. Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana dan berwarna ini bisa digunakan untuk berbagi informasi tentang beasiswa ke sosial media.

Masih Terus Dikembangkan

Untuk mempertahankan kenyamanan saat penggunaan aplikasi, TutWuri sampai saat ini masih terus dikembangkan. Aplikasi ini juga akan terus memperbarui informasi tentang beasiswa yang tersedia. Selain itu, TutWuri terus memperbarui sistem kerja aplikasi mereka dengan mencocokan data dari pengguna dan juga database. Sehingga beasiswa yang ditawarkan akan sesuai dengan keinginan pengguna aplikasi TutWuri.

Sampai saat ini, aplikasi penyedia informasi tentang beasiswa ini hanya bisa dipasang pada smartphone dengan sistem operasi Android seperti Xiaomi Mi 5. Untuk para pengguna iPhone atau sistem operasi iOS, tidak perlu khawatir. Karena kedepannya TutWuri akan dikembangkan untuk sistem operasi tersebut.

Inilah cara mudah untuk mengembangkan aplikasi iOS, cari tahu di sini.

Kini para pencari beasiswa tidak perlu kebingungan untuk mencari informasi tentang beasiswa yang mereka inginkan. Adanya aplikasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu portal pendidikan untuk berbagi informasi untuk sesama pemburu beasiswa. Selain itu, harapan lain yang muncul dari TutWuri adalah agar bisa menjadi pelopor untuk education social network di Indonesia.

0 comments