NOW READING

Tujuh Aplikasi Ciamik dan Praktis untuk Mengatur Foto Liburan Anda

 588
+
 588

Tujuh Aplikasi Ciamik dan Praktis untuk Mengatur Foto Liburan Anda

by The Daily Oktagon
  • Semua orang selalu ingin mengabadikan setiap momen indah saat liburan. Tak heran jika pasca liburan panjang, smartphone pasti juga penuh dengan ratusan foto.
  • Menyimpan foto di Cloud bisa menggunakan ukuran asli, sehingga kualitas gambar tidak menurun.
  • Android dan iOs mendukung beberapa aplikasi yang dapat menyortir foto berdasarkan kategori-kategori tertentu.

Galeri bawaan smartphone yang penuh dengan foto-foto seru saat liburan memang menyenangkan, kecuali di bagian saat ingin mencari foto tertentu dan tak kunjung ketemu. Gara-garanya cuma satu, terlalu banyak foto dan semuanya berantakan. Belum lagi jika smartphone juga menjadi lamban karena storage yang terlalu penuh.

Jangan khawatir, ada beberapa aplikasi yang bisa membuat foto terorganisir dengan rapi, teratur, dan hemat memori smartphone. Yuk, atur dan rapikan penyimpanan foto dengan aplikasi ini!

 

Foto: Shutterstock.com

Google Photos

Cara terpraktis menyimpan foto tanpa menyesakkan memori smartphone adalah dengan Cloud. Nah, Google Photos merupakan aplikasi yang praktis untuk mengatur penyimpanan foto gratis di Cloud. Semua ukuran foto dan resolusi juga tak perlu dikompres sehingga foto tetap berkualitas tinggi. Serunya lagi, aplikasi ini juga bisa merangsang kreatifivitas karena memiliki fitur untuk membuat kolase, gif, foto panorama, hingga film pendek. Yang juga penting, fitur pencari fotonya juga bekerja dengan cepat.

QuickPic

Salah satu aplikasi foto yang digemari banyak orang karena bisa berintegrasi dengan beragam penyimpanan Cloudseperti Google Drive, Dropbox, Flickr, One Drive, Box, Xandex, 500x, dan banyak lagi. QuickPic juga mendukung berbagai format dan video mulai dari jpg, mp4, mkv, mov, hingga webm. Tak ingin foto dilihat orang lain? Jangan khawatir, koleksi foto pribadi ini akan tetap aman karena fitur QuickPic juga menyediakan pengunci foto yang hanya bisa dibuka dengan password.

Focus

Aplikasi ini mirip seperti fitur dalam Gmail yang memungkinkan penggunanya mengelompokkan foto dengan sistem label. Jadi foto saat bersama teman kantor, teman kuliah, keluarga, pacar, foto liburan ke Bali, semua akan mudah dicari. Metadata foto pun lengkap dan detil. Yang penting, pastikan memberi tag yang tepat pada setiap foto.

MyRoll Gallery

Tak ingin bersusah payah mengelompokkan foto? MyRoll Gallery sangat cerdas sehingga bisa mempelajari foto-foto dan memasukkannya ke dalam berbagai kategori secara otomatis. Asyiknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan 50 GB untuk ruang menyimpan foto di Cloud!

 

Foto: Shutterstock.com

Cleen

Pernah bermain Tinder? Cara kerja Cleen agak mirip Tinder karena penggunanya cukup menggeser ke kiri dan kanan untuk merapikan penyimpanan foto. Geser ke atas untuk menyimpan, geser ke bawah untuk menghapus foto, geser kanan atau kiri jika belum memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap foto tersebut. Cleen lebih difungsikan agar memori smartphone tak kunjung penuh karena membantu penggunanya untuk fokus memutuskan foto mana yang akan di-delete.

Photo File

Memiliki cara kerja yang agak sedikit berbeda dengan aplikasi foto lainnya. Photo File meminta penggunanya untuk mengelompokkan sebelum foto diambil. Cukup dengan menekan label yang cocok untuk foto tersebut. Geser ke kiri atau kanan untuk mengubah kategori label, dan ketuk tombol shutter untuk mengambil foto. Sisi plusnya, karena ‘dipaksa’ memasukkan foto yang diambil ke label tertentu, para pengguna tak perlu lagi mengorganisir hasil foto setelah memotret.

Crunch Gallery

Merasa malas harus repot-repot mengecilkan foto dan video? Crunch Gallery cocok menjadi penghuni smartphone Anda. Aplikasi ini bisa mengecilkan ukuran foto hingga 6 kali. Video juga bisa dikecilkan ukurannya hingga 50 persen dengan kualitas dan resolusi 1080p HD. Cocok bagi para social media freak yang ingin pamer momen liburan di Facebook, Twitter, atau Path, karena durasi video bisa lebih panjang.

0 comments