NOW READING

Trik Memotret Panggung Runway dan Menghasilkan Foto Keren

 2813
+
 2813

Trik Memotret Panggung Runway dan Menghasilkan Foto Keren

by The Daily Oktagon

Dalam dunia fotografi, salah satu ‘medan’ yang seringkali cukup menantang untuk ditaklukkan adalah festival fashion. Bayangkan saja perjuangan yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil foto yang tajam di momen yang tepat. Cahaya yang berubah-ubah serta obyek yang terus bergerak cepat membuat fotografi fashion menjadi lebih seru.

Mengabadikan aksi pada model di runway tidak cukup hanya cekatan lantaran harus bersaing atau berdesakan dengan fotografer fashion lainnya. Keterbatasan juga dihadapi para pencinta fotografi yang tak berada di photo pit, tapi justru duduk di jajaran bangku penonton. Banyak faktor yang harus diperhatikan. Nah, mengambil foto para model yang sedang melenggang di runway memang tak bisa dipandang sebelah mata tapi bisa disiasati. Kuasai triknya!

 

Foto: Shutterstock.com

Cek Ombak

Datanglah ke lokasi lebih awal demi mencari titik terbaik pengambilan foto. Jangan lupa, ada banyak fotografer yang juga ingin mendapatkan hasil foto bagus sehingga mereka pasti melakukan hal serupa. Jadi datang lebih awal adalah langkah bijak. Pastikan titik terbaik ini memiliki pencahayaan yang bagus untuk antisipasi jika saat fashion show berlangsung ada momen tertentu yang tidak boleh menggunakan lampu flash.

Cek ombak di ajang outdoor seperti konser bisa dilakukan dengan cara seperti ini.

Kamera

Ibarat berangkat perang, saat akan memotret, senjata andalan yang harus diusung tentulah kamera. Foto yang berkualitas biasanya dihasilkan dari kamera dengan ukuran sensor yang besar. Tak heran jika banyak fotografer fashion atau pencinta fotografi fashion yang memilih kamera dengan sensor full-frame.

Salah satu yang bisa ditenteng untuk menangkap momen di runway adalah Canon EOS 6D. Dengan sensor kamera beresolusi 20,2 MP tentu foto yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi. Kamera ini dapat memotret dengan kecepatan 4,5 frame foto per detik. Tak hanya itu, fitur Handheld Night Scene yang dimilikinya memungkinkan foto diambil dalam kondisi rendah cahaya tanpa memerlukan tripod.

Foto-foto yang diambil bahkan juga bisa langsung dipindahkan ke smartphone atau gadget lainnya via WiFi dengan kecepatan 150 mbps. Satu hal penting lagi, kini kamera full-frame ternyata tak hanya ditemui pada kamera high-end saja. Mulai banyak kamera dengan harga terjangkau yang memiliki sensor besar.

 

Foto: Shutterstock.com

Setting Kamera

Mengingat cahaya di runway mungkin tak konsisten, pengaturan white balance sangat penting agar warna hasil foto bisa sesuai aslinya. Apalagi karena tak semua runway diterangi lampu daylight yang bisa ditangkap normal tone-nya oleh fitur auto white balance kamera. Jangan lupa juga atur diafragma, ISO, dan shutter speed kamera, untuk menimimalkan hasil foto yang blur dan adanya noise.

Untuk pencahayaan, gunakan mode Tv/S (shutter priority ) dan atur speed di 1/250 seconds agar model yang sedang melangkah bisa terekam berpose dalam kamera. Sesuaikan juga ISO dengan kadar pencahayaan di lokasi. Untungnya, kini sebagian besar panggung runway di fashion festival memiliki pencahayaan yang baik sehingga ISO 640-1250 masih bisa digunakan.

Untuk memotret di tengah keramaian, baca contekannya.

Pilih lensa

Berhubungan dengan pencahayaan dan pengaturan pada kamera, pemilihan lensa juga sangat berpengaruh. Lensa 70-200 mm menjadi lensa paling ideal untuk memotret. Berwarna putih krem, lensa ini tidak mudah panas jika dibawa memotret di bawah terik matahari yang garang. Dengan autofokus yang sangat cepat, kualitas foto juga sangat tajam. Lensa 70-200 mm juga terdiri dari beberapa jenis.

Ada juga lensa dengan tipe yang mencantumkan IS atau image stabilization di belakangnya. Lensa ini tentunya berkualitas lebih baik lagi. Para pakar fotografi menyarankan penggunaan lensa f/2.8 non-IS untuk obyek bergerak dan kondisi cahaya tidak stabil atau minim. Ini karena bukaannya yang besar. Sedangkan f/4 IS bisa diandalkan untuk obyek tidak bergerak dan di kondisi cahaya gelap.

0 comments