NOW READING

Trik Membuat Musik Konser Jadi ‘Ramah Telinga’

 513
+
 513

Trik Membuat Musik Konser Jadi ‘Ramah Telinga’

by The Daily Oktagon

Bisa dikatakan, musik tak bisa lepas dari keseharian. Di mobil, radio tak pernah berhenti memutar lagu. Belum lagi para pencinta musik dan concert freak yang hobi menonton satu konser ke konser lainnya. Semua memiliki benang merah, yakni musik dan telinga. Telinga menjadi organ dan indera vital yang pasti akan dimanjakan dengan hentakan musik saat konser. Begitu pula saat mendengarkan musik menggunakan headphone sehingga terasa seperti sedang berada di dalam konser.

Di sisi lain, ternyata kasus kurang berfungsinya atau malah kehilangan pendengaran ternyata kerap terjadi. WHO menyatakan bahwa sekitar 1,1 miliar orang berusia 12-35 tahun mendengarkan musik dengan perangkat audio pribadinya dalam volume yang membahayakan. Yang dimaksud dengan membahayakan adalah menyebabkan hilangnya kemampuan mendengar. Smartphone dan gadget juga punya andil besar di sini.

 

Foto: Shutterstock.com

Selektif Pilih HeadphoneBicara soal smartphone, survei yang dilakukan Nielsen pada 2014 menemukan bahwa 85 persen generasi millenials tak bisa lepas dari smartphone. Masalahnya, earphone bawaan smartphone biasanya tidak dirancang untuk duduk dengan nyaman di telinga. Ini berarti akan ada banyak noise saat digunakan dan orang harus membesarkan volume demi mendengarkan lagu kesayangannya. Bayangkan bila ini sering terjadi setiap hari dan terus berulang.

Penggunaan earphone yang bisa masuk dan duduk dengan nyaman di telinga sangat disarankan. Tips kecil: Biasanya earphone yang bagus dilengkapi dengan bagian bantalan atau bud dalam berbagai ukuran. Ini memungkinkan pengguna memilih mana yang nyaman digunakan dalam telinga. Over-ear headphone seperti Sennheiser HD 4.30G menjadi pilihan tepat, karena bantalan di sekeliling headphone benar-benar menutup telinga dan bisa memblok suara bising di sekeliling.

 

Foto: Shutterstock.com

Beli Earplug!

Merasa aman karena jarang menggunakan headphone dan earphone? Belum tentu. Mereka yang mendengarkan musik secara langsung pun juga bisa terganggu pendengarannya, termasuk para pencinta festival musik! Konser rock, live music dengan skala kafe, kemacetan parah, kebisingan di pasar dan stasiun, adalah lingkungan yang berisiko. Ingin pergi menonton konser penyanyi rock favorit? Lindungi telinga dengan earplug.

Salah satunya adalah dengan Faders VIP dari V-MODA. Earplug ini mencegah rusaknya pendengaran karena bisa mengurangi kebisingan hingga 12dB. Diakui para DJ profesional, pemusik, dan dokter, Faders VIP membuat musik terdengar jernih dan telinga terlindungi.

Selain itu juga ada DUBS Noise Cancelling Music Ear Plugs yang bisa menghadang kebisingan tapi membuat penggunanya bisa mendengar suara dengan jernih. Dilengkapi dengan Dynamic Attenuation untuk mengontrol frekuensi dan cocok untuk para pencinta konser dan live music yang ingin mengurangi kebisingan antara 12-24 desibel.

Jajaran headphone premium yang memanjakan telinga bisa dilihat di tautan ini.

Istirahatkan Telinga

Selain menyarankan untuk menggunakan earplug dan noise-cancelling earphone/headphone, WHO juga menyarankan untuk membatasi waktu mendengarkan musik dari gadget seperti smartphone. Menurut WHO, seseorang sebaiknya tidak terpapar lebih dari 80 desibel selama lebih dari satu jam. Penggunaan aplikasi smartphone untuk memonitor tingkat aman mendengarkan musik juga termasuk yang direkomendasikan.

0 comments