NOW READING

Travel Blogger, Mulai dari Senang-senang Hingga Menyebarkan Kebaikan

 2091
+
 2091

Travel Blogger, Mulai dari Senang-senang Hingga Menyebarkan Kebaikan

by The Daily Oktagon

Ada sebuah ‘identitas’ baru yang kian booming beberapa waktu belakangan ini, yakni travel blogger. Seperti bisa ditebak, mereka adalah orang yang kerap melakukan perjalanan, dan mengabadikannya dalam bentuk jurnal, atau blog.

The Daily Oktagon kali ini akan mengulas serunya menjadi travel blogger, mulai dari senang-senang hingga menyebarkan kebaikan. Penasaran? Langsung simak artikel berikut

Biasanya, catatan perjalanan dalam blog tersebut tak hanya berbentuk satu tulisan panjang, namun juga bisa sebagai karya fotografi. Malah, banyak dari para travel blogger ini yang memiliki kemampuan fotografi cukup mumpuni, berkat latihan otodidak selama perjalanannya. Maklum saja, tentu sangat disayangkan bila mereka telah jauh-jauh bepergian ke wilayah cantik nan eksotis, namun tak membawa foto sebagai kenang-kenangan tempat yang telah dikunjungi.

Tak sedikit pula dari karya fotografi ini yang akhirnya berujung di media sosial. Dengan berbekal foto-foto yang sedap dipandang serta kelihaian bercerita lewat caption di Instagram, tak heran bila banyak travel blogger yang kemudian berhasil menjaring massa yang cukup banyak. Di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Marischka Prudence, Trinity, atau pasangan suami istri Adam dan Susan dengan akun @pergidulu.

Seperti banyak pemilik akun jenis lain yang menarik banyak pengikut, tak jarang akun ini juga didekati para pemilik bisnis untuk urusan sponsorship. Baik dalam benuk materi, maupun akomodasi perjalanan yang ditanggung pemberi sponsor. Pilihan yang mana pun, tentu menjadi satu hal yang sangat menggiurkan.

shutterstock_302186225
Sebelum lanjut, baca dulu Kumpulan Tips untuk Penggemar Travel Photography

Akun-akun Instagram ini juga tak bisa hanya dianggap sebagai sarana pamer foto pelesir semata. Pasalnya, para travel blogger dapat diposisikan sebagai duta-duta pariwisata dari tempat yang pernah mereka singgahi. Apalagi mengingat traveling kini tengah menjadi gaya hidup masyarakat kelas menengah, maka opini dan rekomendasi para travel blogger akan menjadi acuan bagi para pelancong pemula ini. Dengan kata lain, para travel blogger ini ikut menyebarkan kebaikan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, senjata utama para travel blogger untuk menggambarkan kondisi lokasi yang mereka kunjungi, ada dua. Yang satu tulisan, satunya lagi bahasa gambar, alias foto. Tulisan lebih banyak dipengaruhi oleh kepiawaian sang blogger dalam mengolah kata, sementara kualitas hasil foto, ikut ditentukan dengan perlengkapan memotret yang mereka bawa kala bertualang.

shutterstock_267670718
Bila Anda ingin coba-coba menjadi travel blogger, faktor perangkat pendukung ini sebaiknya sudah mula dipikirkan. Kamera mirrorless, dapat menjadi pilihan paling ideal sepanjang perjalanan, mengingat kemampuannya tak kalah dari DSLR, namun dengan ukuran yang lebih ringkas.

Action camera juga dapat dibawa serta untuk mengambil momen-momen dari sudut pandang yang lebih personal atau untuk menangkap aksi Anda di lokasi tujuan. Saat Anda berselancar menunggangi ombak bono di Sungai Kampar, Riau, misalnya. Temukan berbagai action camera menarik di Oktagon!

shutterstock_347031587

Casing waterproof untuk mengambil foto petualangan bawah air, serta tripod maupun monopod pun tak boleh sampai tertinggal.

shutterstock_47139634

Jangan lupa membawa power bank dengan kapasitas daya yang cukup besar, agar device Anda tetap dapat terhubung dengan media sosial dan dapat mengunggah hasil jepretan secara real time. Bila perlu, bawa pula power bank yang dilengkapi solar cell agar baterai selalu dapat terisi penuh meski seharian berada di luar ruangan.

Tak hanya perangkat keras, kenali pula aplikasi-aplikasi yang bisa meningkatan kualitas posting-an Anda di media sosial. Untuk urusan editing foto di Instagram, misalnya, ada VSCO Cam dan Afterlife. Ada pula Hyperlapse yang dapat digunakan untuk membuat video time lapse, atau Boomerang untuk membuat sebuah gambar bergerak.

Jangan Lewatkan artikel menarik ini, Eksplorasi Destinasi Wisata dengan Tiga Aplikasi Traveling Ini

0 comments