NOW READING

Transjakarta Berencana Menggunakan Bus Listrik

 313
+
 313

Transjakarta Berencana Menggunakan Bus Listrik

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Transpostasi menjadi salah satu hal yang akan diperbaiki dalam masa kepemimpinan Gubernur baru Jakarta. Terlihat dari gagasan Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menggunakan bus berteknologi listrik sebagai bus Transjakarta. Ia pun meminta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk mengkaji hal tersebut secepatnya.

foto : shutterstock

Jika bus listrik bisa dipakai di Jakarta, maka biaya transportasi publik ini pun tidak perlu disubsidi lagi. Hal ini terkait biaya operasional yang lebih terjangkau dibandingkan bus yang dipakai saat ini. Selain itu, bus listrik juga diklaim lebih aman, karena bisa meminimalisir kejadian terbakar yang beberapa kali terjadi pada bus Transjakarta saat ini. Bus listrik sudah pernah diuji coba dan mampu mencapai jarak 1.700 kilometer untuk sekali pengisian daya listrik.

Untuk Indonesia sendiri, Presiden Joko Widodo menargetkan penggunaan kendaraan listrik sebagai moda transportasi publik. Rencana ini diharapkan bisa tercapai di 2025 dengan 20% kendaraan yang ada sudah menggunakan daya listrik.

Baca juga: Microchip untuk Pembayaran Transportasi, Bagaimana Bisa?

0 comments