NOW READING

Tips Menyiapkan Perlengkapan Fotografi Traveling

 4335
+
 4335

Tips Menyiapkan Perlengkapan Fotografi Traveling

by The Daily Oktagon

Saat bepergian, biasanya orang suka menggunakan smartphone untuk mengabadikan lokasi yang sedang dikunjungi atau memotret diri alias selfie. Fenomena ini selaras dengan penggunaan smartphone yang telah meresap ke berbagai kehidupan manusia.

Ketika Anda memang mempunyai misi sebagai seorang fotografer traveling atau setidaknya ingin mengabadikan tempat yang dituju dengan lebih serius, maka faktor perencanaan dan persiapannya tentu haruslah berbeda. Artikel ini berbagi tips menyiapkan perlengkapan fotografi travelling.

Sebelum melanjutkan, Anda wajib baca yang berikut, Gadget Keren Teman Travelling Anda

Kamera dan Lensa

Fotografi tanpa kamera dan lensa entah apa jadinya. Jadi, keduanya adalah komponen paling penting yang wajib ada. Untuk jenis kameranya, Anda bisa memilih berbagai ragam yang ada di pasaran sesuai kebutuhan. Ada DSLR atau mirorrles yang lebih ringan, bahkan smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Ragam kamera yang ada bisa jadi tergantung berapa budget yang ada di kantong. Pilihlah dengan bijak sesuai peruntukan dan tujuannya.

camera-597883_1280

Yang bisa dikreasikan adalah di lensanya. Caranya, mempersiapkan lensa yang tepat untuk obyek yang ingin Anda bidik. Misalnya berencana ke Candi Borobudur atau Prambanan, bawalah lensa wide angle atau telephoto agar bisa menangkap detail arsitektur stupa dengan lebih jelas.

lens-272264_1280

Jika masih punya pilihan, tak ada salahnya membawa masing-masing satu lensa range 24-70 milimeter untuk full frame kamera dan lensa range 17-50 milimeter untuk non full camera. Dengan melihat kebutuhan, bisa jadi sepertinya Anda memperlukan lebih dari satu kamera. Jika memang ada, mengapa tidak!

Tas Kamera

Jika kamera dan lensa sudah, jangan lupa persiapkan tas yang memadai. Mengingat ada berbagai jenis lensa yang Anda bawa, maka tas yang dipilih sebaiknya yang model ransel karena membuat beban terasa lebih ringan.

Jenis ini biasanya juga punya beberapa bagian terpisah yang bisa dipergunakan untuk meletakkan peralatan yang fungsinya berbeda. Bisa jadi untuk perlengkapan fotografi yang lengkap Anda akan memilih lebih dari dua jenis tas.

backpack_33326914

Jangan lupa perhatikan juga kualitas dari bahan tas agar bisa tahan lama. Ada baiknya pertimbangkan membawa tas dengan bahan antiair. Ini untuk mengantisipasi jika Anda bepergian di musim hujan.

Pembersih Lensa

Berikutnya yang penting untuk diperhatikan adalah debu. Anda pastinya tidak mau sudah capek-capek membidik, hasilnya rusak gara-gara debu. Nah, pembersih debu wajib dikantongi supaya bisa digunakan sewaktu-waktu.

Tripod

Tripod bisa jadi akan menyesakkan tas Anda. Tapi, sekarang kan sudah ada tripod yang ukurannya bisa dikerucutkan jadi seukuran kamera. Jadi, tempat tak bisa jadi alasan lagi. Benda ini nanti sangat berguna kalau Anda ingin membidik obyek di tempat yangbanyak gangguannya. Dengan tripod, bidikan Anda jadi lebih bersih, serta bebas blur.
tripod_247236238

 

Pengaturan Awal Kamera

Jika kamera dan lensa sudah siap, sebaiknya sebelum berangkat atur dulu kamera sesuai dengan gambaran obyek di tempat tujuan. Agar nanti bisa langsung menjepret sesampainya di sana, Anda juga sangat mungkin mendapati banyak obyek menarik, seperti satwa langka atau pawa budaya di sepanjang perjalanan. Saat semuanya sudah diatur, berbagai momen pun tidak akan ketinggalan.

photographer-819365_1280

Beberapa Fotografer Tavelling yang Bisa Dijadikan Rujukan

Sebelum sampai ke tempat tujuan, tidak salahnya kita mencari inspirasi terlebih dahulu dari beberapa fotografer travelling yang karyanya cukup menarik dan menggoda. Ada John Huba yang dalam karya fotonya dengan tema traveling Anda bisa mendapatkan berbagai interaksi menarik dengan kebudayaan yang menjadi obyek.

Jika ingin melihat keindahan alam dengan angle yang menakjubkan, Anda bisa melihat karya Jessica Sample. Nah, untuk Anda yang ingin melihat karya fotografi yang berhubungan dengan kota, makanan, atau aktivitas orang di berbagai lokasi coba tengok karya keren Misha Gravenor untuk inspirasi.

Sudah siapkah Anda dengan senjata untuk membidik obyek-obyek menarik? Selamat travelling ya!

Setelah menyiapkan segala perlengkapan, ada baiknya Anda siapkan device lain. Yuk baca dulu, Action Cam Mungil Polaroid Cube Versi Baru Sudah Dilengkapi Fitur Wi-Fi 

0 comments