NOW READING

Tips Memilih Lensa Kamera Sesuai Peruntukannya

 174
+
 174

Tips Memilih Lensa Kamera Sesuai Peruntukannya

by The Daily Oktagon

Selain kamera, penggunaan lensa juga harus diperhatikan saat kamu mengambil objek foto. Dengan penggunaan lensa kamera yang tepat, hasil foto jadi lebih bagus dan dramatis.

Jika sudah memiliki kamera mirorless atau DSLR, tentunya kamu memerlukan lensa tambahan supaya hasil foto lebih baik.

Tips Memilih Lensa Kamera

lensa kamera_mikedeere

Credit: mikedeere

Baca juga: Hasil Foto Lebih Indah dengan Lensa Canon EF/EF-S

Lensa kamera sendiri sejatinya memiliki beberapa jenis, dengan penggunaannya yang berbeda. Untuk itu akan kamu berikan tips bagaimana memilih lensa, yang sesuai dengan peruntukanya.

Lensa Wide

Memiliki jarak pandang yang lebih luas, lensa wide biasa digunakan untuk foto landscape. Sudut pandang atau angle sendiri sangat menentukan cakupan pemandangan atau scene yang dapat diambil oleh lensa, yang diukur dalam derajat.

Untuk itu lensa Wide untuk kamu yang sedang traveling yang ingin mengambil objek panorama atau landscape cocok menggunakan lensa ini.

Baca juga: Deretan Lensa Tambahan pada Smartphone untuk Memotret Jarak Jauh

Selain itu lensa ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar pemandangan atau objek dengan ruang yang sempit. Dengan lensa wide memungkinkan kamu untuk menangkap sudut yang lebih luas dengan jarak yang sempit.

Penggunaan lensa wide angle akan memberikan kedalaman perspektif, membuat foreground dan background tampak terpisah pada foto landscape.

Lensa ini biasanya memiliki spesifikasi sudut pandang antara 10 – 40 mm dan menggunaka focal length F3.5 – F4.5.

Lensa Normal

Lensa normal merupakan lensa yang cenderung hasilnya sama dengan jarak pandang yang dilihat mata.

Lensa ini biasanya didapatkan ketika kamu membeli kamera atau yang disebut sebagai lensa Kit.

Baca juga: Adek Berry Luncurkan Buku: Mata Lensa

Peruntukan lensa ini adalah untuk mengambil foto dengan objek yang minim distorsi. Sedangkan untuk Sudut pandang lensa ini bisanya diguanakan pada rentan jarak 45 – 60 mm.

Lensa Tele

Berbeda dengan kedua lensa sebelumnya, lensa tele, biasanya memperlihatkan hasil dengan sudut pandang lebih sempit dibandingkan lensa lainnya. Lensa telefoto akan membuat gambar tampak datar.

Dibandingkan dengan lensa wide, untuk mengambil foto portrait, menggunakan lensa dengan focal length wide angle akan membuat gambar terdistorsi.

Lensa tele_adorama

Credit: adorama

Baca juga: Google dan Samsung Kembangkan Lensa Kontak Pintar

Sedangkan pada lensa telefoto dengan sudut pandang yang lebih sempit akan lebih mudah memisahkan objek dari elemen yang tidak diinginkan pada foto.

Lensa ini sangat berguna untk mebambil gambar dengan jarak pandang yang jauh, untuk itu penguna bisa mengunakannya untuk melakukan zoom.

Dengan sudut pandang yang sempit, lensa ini memiliki kemampuan untuk melakukan pembesaran pada objek yang jauh.

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis lensa dan peruntukanya, diharapkan hasil foto akan lebih bagus dan maksimal sesuai harapan.

Untuk mendapatkan lensa dengan harga terbaik, kamu bisa mendapatkannya melalui promo PANORAMA di OKTAGON.

0 comments