NOW READING

Tips Membuat Password Unik Dan Mudah Diingat

 89
+
 89

Tips Membuat Password Unik Dan Mudah Diingat

by The Daily Oktagon

Peneliti keamanan Kaspersky Lab memberikan anjuran bagi para pengguna bahwa password yang unik dan mudah diingat, jauh lebih kuat dan efektif dibandingkan dengan mengubahnya secara teratur, ketika berbicara mengenai menjaga keamanan data online.

Para peneliti juga membagikan beberapa langkah mudah yang dapat diikuti para pengguna untuk membuat serangkaian password unik. Selain itu, para peneliti juga merekomendasikan menginstal alat manajemen password yang dapat secara proaktif mengingat password.

Password merupakan sebuah metode autentikasi yang dirancang untuk melindungi akun online. Namun membuat kata sandi aman dan mudah diingat juga bukanlah hal yang mudah, dan bisa jauh lebih sulit karena banyaknya orang yang memiliki akun online.

Baca juga : Hati-hati Penipuan Viral Di WhatsApp dan Facebook, Ini Cara Menghindarinya!

Jika Anda membuat kata sandi sederhana yang mudah diingat, risiko penyerang untuk meretas akun akan jauh lebih tinggi, dan jika kata sandi cenderung kompleks dan sulit diingat, kemungkinan besar Anda akan terus memakai satu hingga dua kata sandi dan menggunakannya kembali pada beberapa situs web.

Peneliti Kaspersky Lab memperkirakan bahwa kerentanan terbesar kata sandi adalah penggunaannya yang berulang. Seperti rilis mengenai lebih dari 700 juta alamat email dan kata sandi yang tidak terenkripsi baru-baru ini, data dari berbagai kebocoran dapat dengan mudah digabungkan dan digunakan dalam serangan ‘pengisian kredensial’, di mana peretas menggunakan kombinasi email/kata sandi korban untuk membobol akun pengguna lainnya yang memiliki kata sandi yang sama. Risiko ini tidak berkurang dengan hanya mengubah kata sandi, namun harus membuatnya lebih kuat. Selanjutnya, kekuatan ini bukan ditentukan berdasarkan kompleksitas tetapi pada keunikan.

Baca juga : Pesan yang Dihapus di Aplikasi WhatsApp Tetap Bisa Dibaca, Ini Caranya!

David Jacoby, peneliti keamanan di Tim Penelitian dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT), mengatakan, “Masih banyak yang menyalahartikan mengenai makna dari kata sandi yang kuat. Banyak situs web sekarang menuntut password kompleks yang terdiri dari setidaknya delapan atau lebih huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus. Inilah yang kerap diartikan oleh banyak pengguna mengenai kata sandi ‘kuat’, dan itu bisa menjadi mimpi buruk. “

Langkah Membuat Password Unik dan Mudah Diingat :

Langkah 1: Buat “deretan statis” Anda (bagian password yang tidak berubah)

  1. Pikirkan frasa, lirik lagu, kutipan dari film, sajak anak-anak, atau hal serupa yang berkesan bagi Anda.
  2. Ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama.
  3. Di antara setiap huruf tambahkan karakter khusus: @ atau # dan lainnya.

Mulai sekarang, Anda dapat mulai merangkai password unik sendiri berdasarkan langkah dia tas.

Langkah 2: Tambahkan kekuatan asosiasi

  1. Ketika Anda memikirkan akun online yang memerlukan password (seperti Facebook, Twitter, eBay, situs kencan, perbankan online, belanja, atau situs game dan lainnya), tulislah kata pertama sebagai kata yang berhubungan dengan situs terkait.
  2. Misalnya, jika membuat password untuk Facebook, Anda dapat mengaitkan Facebook dengan warna biru di logo: maka, cukup tambahkan kata “biru,” bisa dalam huruf besar. Letakkan kata ini di akhir “deretan statis” sebelumnya.

David Jacoby menjelaskan, “Misalnya frasa yang Anda pikirkan adalah ‘Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,’ dan karakter khusus yang ingin Anda gunakan adalah ‘#’, maka password untuk Facebook Anda adalah sesuatu seperti: T#T#L#S#Hblue. Memang tidak masuk akal saat Anda melihatnya, atau jika seseorang memberikannya kepada Anda. Tetapi, karena sifatnya pribadi, Anda memahami sistem yang digunakan untuk menghasilkan password tersebut dan kaitannya dengan situs tersebut, akan mudah bagi Anda untuk mengingatnya.”

Cara terbaik dalam menyimpan, mengingat, dan mengisi ulang password secara aman adalah melalui alat manajemen kata sandi, seperti Kaspersky Password Manager. Layanan Kaspersky Password Manager, menawarkan fitur enkripsi yang kuat, sehingga mampu meminimalisir ancaman pelanggaran data yang dilakukan oleh pihak ketiga.

 

0 comments