NOW READING

Tips Jitu Membeli Kamera Mirrorless

 3848
+
 3848

Tips Jitu Membeli Kamera Mirrorless

by The Daily Oktagon
  • Kamera mirrorless dianggap cocok untuk kita yang baru ingin menekuni hobi fotografi. Karena, meski ringkas, tapi memiliki kemampuan hampir setara dengan DSLR.
  • Sebelum membelinya, kita mesti mengenali segmen kamera, soal lensa, dan fitur pada kamera mirrorless.
  • Lalu, menyesuaikannya dengan kebutuhan kita lewat beberapa fitur tambahan yang biasanya terdapat pada kamera mirrorless; misal, Wi-Fi atau layar yang bisa diputar untuk foto selfie.

Era digital kini mempermudah banyak hal, termasuk dalam hal memborong gadget. Anda tak perlu lagi repot-repot pergi hunting ke berbagai toko elektronik. Kehadiran internet akan meringkas waktu dan tenaga Anda dalam mencari gadget yang Anda inginkan.

Nah, apabila Anda ingin membeli kamera mirrorless dalam waktu dekat, sebaiknya Anda menggali informasi terlebih dulu. Karena harga kamera mirrorless tak semurah kamera poket, Anda perlu paham spesifikasi yang Anda mau.

Seperti tips-tips berikut yang wajib Anda ketahui saat membeli kamera mirrorless. Apa saja ya?

Kenali Segmen Kamera

Setiap produk pasti tak hanya hadir dalam satu segmen saja. Ragam segmen, mulai dari entry level hingga pro, diperlukan untuk mempersempit spesifikasi dan harga yang sesuai dengan keinginan. Belum lagi, tak semua orang paham cara menggunakan kamera mirrorless.

Jika Anda pemula, mulailah mencari kamera mirrorless dengan spesifikasi yang pas untuk pengguna awal. Biasanya, spesifikasinya akan menyesuaikan tipe pengguna dan harga. Semakin canggih sebuah teknologi atau produk, akan semakin mahal juga harganya.

kamera fujifilm mirrorless

Beberapa merek seperti Fujifilm, Samsung, Nikon, dan Panasonic telah menghadirkan produk-produk mirrorless untuk segmen entry level. Kamera mirrorless kini dijual dengan harga mulai Rp 4-20 jutaan.

Atau simak juga ulasan Sony A6000 yang kini banyak digemari anak muda

Pilihan Lensa

Biasanya, ada dua opsi saat pembelian kamera mirrorless. Pertama, Body Only (BO) atau badan kamera dan lensa dibeli terpisah. Kedua, Body dan Lensa Kit atau kamera disertai lensa bawaan.

Namun, Anda perlu memahami bahwa kamera mirrorless memiliki konsep interchangeable lens atau lensa dapat diganti-ganti. Tentunya, Anda akan menemui banyak pilihan lensa di pasaran. Fungsinya? Bisa bermacam-macam, seperti lensa untuk kebutuhan jarak jauh dan lensa detail tajam.

Pilihan lensa dari pabrikan kamera pun dijual dengan beragam harga. Jika budget Anda terbatas, lensa terjangkau dapat Anda beli dari Samsung. Namun, apabila Anda tak masalah merogoh kocek lebih untuk lensar, Anda dapat membeli merek-merek seperti Canon, Fujifilm, atau Nikon.

Baca juga, bahasan tentang kamera mirrorless yang diprediksi berpengaruh terhadap masa depan industri fotografi

Fitur Wajib

Anda pasti tak akan melupakan fitur dan spesifikasi yang wajib dimiliki kamera mirrorless pilihan Anda. The Daily Oktagon merangkum beberapa fitur wajib kamera mirrorless.

Di antaranya, fitur autofokus cepat dan burst yang mampu menangkap momen tertentu, sensor kamera minimal 4/3, hingga shutter speed yang dapat menangkap gambar berkualitas, baik saat malam atau pencahayaan gelap.

Ukuran Kamera

Anda jangan salah kaprah bahwa kamera mirrorless itu kompak atau ringan seperti kamera poket. Sebetulnya lebih tepat jika dibandingkan dengan kamera DSLR, tentu kamera mirrorless lebih ringan.

Pada akhirnya, Anda akan melengkapi kamera Anda dengan ragam pilihan lensa lain yang mau tak mau memenuhi tas kamera mirrorless Anda. Panasonic GF7, Lumix GX8, Fujifilm X-T10, dan Olympus OM-D E-M5 II adalah beberapa pilihan kamera mirrorless yang cukup ringan.

Simak pula tips memotret makanan dengan kamera mirrorless berikut ini

Fitur Tambahan

Sebetulnya, fitur ini tak terlalu penting di kamera mirrorless. Fitur Wi-Fi dan bluetooth merupakan beberapa fitur tambahan yang banyak dihadirkan banyak pabrikan kamera.

selfie dengan kamera mirrorless

Tambahan fitur di atas dapat mendukung kegiatan Anda yang gemar berbagi foto di media sosial. Repotnya, Anda harus terkoneksi internet dan ponsel untuk menikmati fitur di atas. Contoh fitur lain yang kini banyak hadir di kamera mirrorless adalah layar LCD yang dapat diputar untuk selfie dan mode underwater.

0 comments