NOW READING

Tips Bikin Video YouTube Keren Pakai Samsung Galaxy S10

 336
+
 336

Tips Bikin Video YouTube Keren Pakai Samsung Galaxy S10

by The Daily Oktagon

Merujuk pada Indonesia Digital Landscape 2019 dari Hootsuite, YouTube menjadi ‘The Most Active Social Media Platform’ di Indonesia, karena sekitar 88% pengguna internet mengakses video YouTube. Temuan ini diperkuat dengan fakta bahwa sekitar 98% pengguna internet di Indonesia menonton video pada smartphone mereka. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka ini melonjak tajam hingga 2 kali lipat, dimana pada 2017 hanya sekitar 43% pengguna internet di Indonesia yang menonton video pada smartphone mereka.

Hal itu mendorong banyak orang untuk membuat video YouTube yang menarik untuk ditonton. Tidak hanya dari segi konten video, tapi juga kualitas video. Tapi di satu sisi para konten kreator juga berharap bisa membuat video YouTube dengan lebih mudah. Salah satunya cukup menggunakan perangkat smartphone.

Baca juga : Jangan Salah Pilih! Ini Beda Fitur dan Harga 3 Seri Samsung Galaxy S10

Yandy Laurens, sutradara muda Indonesia yang telah menghasilkan karya film Keluarga Cemara, memiliki pengalaman dalam menggunakan smartphone untuk membuat konten video. Yandy mengakui keunggulan fitur HDR10+ Samsung Galaxy S10, “Kemampuan Samsung Galaxy S10 untuk merekam video HDR10+ sangat memukau saya.”, ujarnya.

Dynamic range yang dihasilkan sangat luas hingga detail dan variasi warna dapat ditampilkan dengan sangat baik maka mempermudah keinginan sutradara dalam menyajikan gambar sesuai makna yang diharapkan. Dengan kemampuan merekam 10 bit, Galaxy S10 dapat menghadirkan kekentalan warna layaknya camcorder professional. Teknologi ini mampu membantu proses editing, terutama saat color grading sehingga hasil akhir video tidak pecah.

Keunggulan lain yang memukau adalah fitur Ultra Wide Angle yang dapat memperluas sudut pandang pengambilan gambar. Super Steady pada kamera adalah fitur lain yang demikian hebat karena memungkinkan perekaman video dengan mulus, menstabilkan perekaman gambar meski objek video bergerak, hingga cuplikan video yang dihasilkan terlihat halus tanpa goncangan berarti. Ini sungguh sebuah lompatan inovasi pada sebuah smartphone yang sangat berguna bagi pemula bahkan profesional sekalipun yang terjun ke pembuatan film dan video.

Baca juga : Compare Smartphone Lipat Terbaru Samsung vs Huawei

video youtube pakai Samsung Galaxy S10

Yandy turut memberikan lima tips untuk merekam video dengan objek bergerak menggunakan Samsung Galaxy S10 bagi pengguna:

  1. Aktifkan Stabilizer. Saat menggunakan kamera ultra wide, fitur Super Steady dapat diaktifkan, sementara untuk kamera wide dan telephoto dapat mengaktifkan fitur Optical Image Stabilization yang juga mampu meredam goyangan pada saat perekaman video.
  2. Meski telah mengaktifkan stabilizer, usahakan untuk bergerak secara halus. Sebaiknya tidak mengambil perpindahan gambar secara cepat dari satu objek ke objek lain. Kenali gambar yang akan diambil untuk menentukan perpindahan gerakan.
  3. Hindari menggunakan zoom terlebih pada objek bergerak karena akan makin banyak menimbulkan noise. Dekati objek untuk mendapat gambar lebih jelas dan jernih.
  4. Perhatikan angle pengambilan gambar, menggunakan Samsung Galaxy S10 akan memberikan pilihan sudut angle yang berbeda hingga dapat mengatur secara langsung lensa ultra wide, wide dan tele membuat pengguna lebih leluasa menentukan sudut pengambilan gambar supaya objek yang bergerak juga dapat menyampaikan cerita yang diharapkan.
  5. Merekam gambar dengan posisi simetris akan membantu hasil akhir video yang baik. Atur posisi Samsung Galaxy S10 dengan tepat dan coba ambil satu scene yang sama dalam beberapa frame untuk memilih yang terbaik.
0 comments