NOW READING

Tips Bikin Live Streaming yang Menarik Perhatian Netizen

 3927
+
 3927

Tips Bikin Live Streaming yang Menarik Perhatian Netizen

by The Daily Oktagon
  • Kehadiran fitur live streaming di media sosial membuat banyak orang keranjingan membuat siaran langsung melalui smartphone.
  • Cerita yang menarik akan membuat live streaming yang dibuat menarik perhatian banyak netizen.
  • Faktor kegembiraan bisa membuat netizen juga bergembira ketika menyaksikan live streaming yang dibuat.

Kini semakin banyak pengguna media sosial yang melakukan live streaming, apalagi hampir semua media sosial memiliki fitur untuk melakukan live streaming. Didukung perangkat keras (smartphonetablet PC, atau komputer) dan akses internet yang semakin mumpuni, melakukan live streaming melalui media sosial menjadi kegiatan yang menyenangkan.

live streaming

Semakin banyak pengguna media sosial yang melakukan live streaming, maka semakin banyak juga topik yang dibahas oleh mereka yang melakukan live streaming. Dari banyaknya pengguna media sosial yang melakukan live streaming serta topik yang dibahas, bagaimana cara kita untuk mencuri perhatian pengguna media sosial agar bersedia menyaksikan live streaming yang dilakukan?

The Daily Oktagon akan membeberkan tips agar live streaming yang dipancarkan bisa menarik perhatian netizen.

1. “Kode” Baju yang Tepat

Ini bukan sekadar untuk membuat tampilan fisik terlihat lebih baik, tapi juga agar hasil live streaming dapat lebih maksimal. Misalnya, jangan gunakan baju dengan warna yang relatif sama dengan background sehingga Anda tidak “tenggelam.” Sementara baju dengan warna terang atau neon juga bisa membuat “visual stress” sehingga patut dihindari.

Jangan juga gunakan pula baju dengan logo yang bisa membuat penonton mengira Anda tengah melakukan streaming iklan. Baju garis dan berpola juga tidak disarankan karena dapat membuat ilusi distorsi gambar.

2. Perhatikan Suhu Ruangan

Apa hubungannya suhu ruangan dengan menariknya tampilan? Selain suhu ruangan yang tidak terlalu dingin atau panas akan membuat Anda tampil lebih nyaman, juga terdapat fakta bahwa suara manusia akan terdengar lebih baik jika mesin pendingin udara dimatikan. Dengan kombinasi tampilan fisik dan suara yang baik, hasil live streaming tentu akan lebih OK!

3. Latar Belakang yang Sesuai

Setelah wajah, hal lain yang paling sering dilihat pemirsa live streaming adalah latar belakang pelaku siaran langsung itu. Pastikan latar belakang tempat melakukan siaran langsung terlihat menarik dan sesuai dengan tema yang akan dibahas.

4. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan adalah hal krusial saat membuat video. Agar wajah terlihat menarik, dibutuhkan pencahayaan yang prima. Untuk itu Anda harus mengarahkan sumber cahaya, seperti matahari dan lampu, ke area wajah.

Inilah Alasan Kenapa Live Streaming Semakin Marak Diminati.

Bila pencahayaan dari sekitar lokasi live streaming tidak cukup kuat, nyalakan lampu senter yang ada di smartphone. Pastikan sinar yang mengarah ke wajah cukup terang agar pemirsa bisa melihat area wajah dengan jelas.

5. Posisi Kamera

Banyak pelaku live streaming yang meletakkan gadget perekam seperti smartphone atau webcam dalam posisi yang terlalu rendah, misalnya yang mengarah di bawah dagu. Sebaiknya tempatkan gadget perekam setara dengan posisi mata atau sedikit lebih tinggi. Jika menggunakan laptop yang berada di atas meja, Anda dapat meletakkan beberapa buku di bawahnya untuk menopang webcam pada level mata.

Ingin hasil live streaming yang ideal? Nih lihat contekan Asus ZenFone Live yang mumpuni buat live streaming.

6. Bikin Cerita yang Menarik

Sebelum memulai siaran langsung, buat cerita yang seru, menyenangkan, dan berkesan. Buat cerita itu dalam bentuk naskah, agar cerita yang dituturkan tidak melebar ke mana-mana dan kehilangan fokus.

Cerita yang terlalu melebar dan tidak fokus bisa membuat pemirsa bosan dan kemudian meninggalkan live streaming kita. Selain itu, netizen juga tidak suka jika cerita yang dituturkan merupakan curahan hati pribadi. Oleh karena itu, pastikan cerita yang dibuat bisa menarik perhatian netizen.

Selain menarik, live streaming juga harus atraktif. Ini tips ciptakan live streaming yang atraktif.

7. Interaksi

Saat melakukan live streaming interaksi dengan pemirsa juga dibutuhkan. Anda bukan pembaca berita televisi yang harus patuh kepada produser karena itu berinteraksi dengan pemirsa live streaming merupakan hal yang mutlak dilakukan.

live streaming

Interaksi dengan pemirsa juga akan membangun keakraban dengan penonton. Berikan respon yang untuk setiap komentar dari penonton. Dengan menyebut nama penonton Anda akan semakin akrab dengan mereka. Akrab dengan penonton juga bisa ikut mendongkrak jumlah penonton.

Tips di atas bisa dijadikan panduan untuk menarik pemirsa live streaming. Hal penting lain saat melakukan live streaming adalah bergembira. Jika Anda tampak gembira, pemirsa juga bisa merasakan hal yang sama saat menyaksikan live streaming.

Selamat mencoba.

0 comments