NOW READING

Tips Bebas Khawatir saat Belanja Online

 1029
+
 1029

Tips Bebas Khawatir saat Belanja Online

by The Daily Oktagon
  • Kemunculan berbagai e-commerce membuat masyarakat Indonesia kian gemar belanja online.
  • Data riset Nielsen mencatat 60 persen konsumen mengatakan mereka tidak percaya memberikan data kartu kredit secara online.
  • Pastikan Anda tahu cara aman bertransaksi di dunia maya.

Jika lima tahun yang lalu banyak orang yang masih lebih memilih untuk berbelanja langsung ke toko fisik, kini konsep berbelanja telah bergeser. Tak perlu lagi harus meluangkan waktu khusus, macet-macetan menuju mall, berputar-putar mencari parkir, dan menawar barang karena harga pembuka yang terlalu tinggi. Pun, barang idaman yang ada di manapun bisa dibeli tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Modalnya hanya smartphone atau tablet, jempol yang lincah, dan kartu kredit atau debit untuk membayar.

Riset yang dilakukan Nielsen Global Survey of E-commerce 2014 menemukan hasil menarik tentang kebiasaan belanja online pada masyarakat Indonesia. Tercatat 72 persen konsumen memilih berbelanja online karena mereka ingin berhemat waktu daripada berhemat uang. Lima kategori produk yang tergolong laris manis dalam perbelanjaan online di Indonesia adalah produk travel (tiket pesawat dan hotel), fashion (baju dan aksesoris), gadget (smartphone dan tablet), produk elektronik, serta e-book.

Foto: Shutterstock

Walaupun antusias berbelanja online, tapi ternyata sebagian besar konsumen Indonesia masih mengkhawatirkan keamanan. Data riset Nielsen mencatat enam dari sepuluh konsumen atau 60 persen mengatakan mereka tidak percaya untuk memberikan data kartu kredit secara online. Di sisi lain, sebenarnya konsumen bisa ‘menjaga diri’agar tetap aman saat bertransaksi online. Caranya juga tak sulit.

Baca juga: Tumbas.in: Aplikasi Belanja Modern dengan Harga Pasar Tradisional

Amankan Password

Foto: Shutterstock

Jika harus mendaftar jadi member di situs belanja, pilih password dengan tingkat kesulitan tinggi tapi mudah diingat diri sendiri. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter. Hindari membuat password dari data personal yang bisa dilihat dari KTP seperti tanggal, bulan dan tahun lahir, alamat rumah dan sejenisnya. Jangan lupa juga untuk mengganti password secara berkala.

Pilih Situs Belanja Terpercaya

Foto: Shutterstock

Ada banyak sekali pilihan berbelanja online di internet, bisa di situs e-commerce, atau perorangan yang umumnya menjamur di Instagram atau forum jual beli. Demi keamanan, perhatikan URL situs belanja online tersebut. Sebaiknya pilih yang sudah menggunakan HTTPS. HTTPS ini merupakan protokol yang mengenkripsi data, sehingga tidak akan ada orang yang bisa membaca aktivitas di situs. Salah satu e-commerce yang sudah menggunakan HTTPS adalah Oktagon.

Waspada Harga yang Terlalu Murah

Pernah melihat iklan Samsung galaxy S3, iPhone 7 Plus, atau Apple Watch terbaru di internet yang hanya 40-50 persen dari harga pasaran? Hati-hati! Modus penipuan di internet yang sering terjadi adalah memasang iklan barang yang dijual sangat murah dengan alasan barang tersebut berasal dari black market (barang BM). Padahal bisa jadi toko tersebut fiktif. Setelah pembeli mentransfer uang, barang tak kunjung datang, dan penjual tak lagi bisa dikontak.

Cari yang Menggunakan Rekber

Foto: Shutterstock

Forum jual beli atau e-commerce yang menggunakan rekber alias rekening bersama jauh lebih aman. Uang yang ditransfer pembeli akan ditampung dulu di rekening bersama. Setelah barang dikirimkan dan diterima pembeli, penjual baru akan menerima uang yang ada di rekening bersama. Jika barang tak dikirim, pembeli bisa komplain dan uang akan kembali.

Pilih Metode Pembayaran

Umumnya e-commerce terpercaya akan menyediakan banyak opsi untuk melakukan pembayaran. Bisa dengan transfer ATM, kartu kredit, debit, dan bahkan Cash on Delivery (COD). Pilihan yang paling aman sebenarnya adalah COD karena pembayaran baru dilakukan setelah pembeli melihat langsung fisik barangnya. Namun jika transaksi menggunakan kartu kredit, biasanya pembeli akan menerima

SMS untuk kode otorisasi serta SMS pemberitahuan bila sudah terjadi pemakaian. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya tak usah mencentang opsi ‘simpan data kartu kredit’.

Baca juga: Tren Gaya Hidup Digital, Beli Sayur pun Bisa Lewat Aplikasi Groceria

0 comments