NOW READING

Tipe-Tipe Promosi Produk yang Dilakukan Seorang Influencer

 1211
+
 1211

Tipe-Tipe Promosi Produk yang Dilakukan Seorang Influencer

by The Daily Oktagon

Menurut penelitian Adweek, 75% perusahaan saat ini menggunakan influencer untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen baru dan untuk konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetap. Ada tipe-tipe promosi produk yang efektif dan bisa dilakukan oleh seorang influencer untuk meningkatkan brand awareness, mendorong pertumbuhan sosial, dan meningkatkan Return On Investment (ROI).

Foto: Shutterstock.com

Product Placement

Salah satu cara untuk mempromosikan sebuah produk adalah product placement; produk ditampilkan oleh influencer atau pesohor melalui karyanya berupa foto ataupun video yang mereka buat. Produk di sini tidak hanya dari fisik, tetapi bisa juga dengan menampilkan logo, pelayanan atau penggunaan produk tersebut. Cara ini salah satu yang efektif untuk menarik perhatian para pengikut dari influencer tersebut. Salah satu figur publik dengan jumlah penggemar yang menggunakan metode ini adalah Lily Allen. Pada video klip berjudul Hard Out There, penyanyi asal Inggris ini menampilkan Instax 90 Neo Classic dari Fujifilm.

Undian Berhadiah atau Kontes

Perusahaan bisa membuat kontes, undian, atau giveaway terhadap produk yang ingin dipromosikan. Minta bantuan influencer untuk menyebarkan undian berhadiah tersebut, bisa juga dengan mencantumkan tagar tertentu atau harus mem-follow akun dari brand produk sebagai syarat untuk ikut berpartisipasi. Dengan bantuan influencer, akan memperbanyak orang yang  ikut dalam undian atau kontes tersebut. Trik ini dilakukan oleh Casey Neistat, salah satu vlogger dengan jutaan subscriber di Youtube. Ia pernah mengadakan kontes berhadiah DJI Phantom 3 dan kamera DSLR Canon EOS 70D.

Tema atau Tagar (Hashtag)

Penggunaan tagar atau menentukan sebuah tema tertentu pada postingan influencer sangat membantu memperkenalkan produk kepada pengguna media sosial lainnya. Cara ini bisa digunakan untuk memadukan produk dengan hal-hal yang sedang viral di media sosial, dan juga mendorong konsumen untuk membuat tagar atau tema dalam postingan mereka sehingga menjadikannya viral.

Foto: Shutterstock.com

Promosi yang Kreatif

Kebebasan dalam berkreasi untuk membuat sebuah konten sangat dibutuhkan bagi si influencer. Karena dengan kreativitas yang dikembangkan akan membuat sebuah produk  terlihat sangat menarik dan mendorong orang untuk menggunakan atau memiliki produk tersebut. Cara ini termasuk cara yang organik dan perlu orisinalitas dari influencer tanpa menghilangkan ciri khas produk itu sendiri.

Campaign to Build Social Followers

Untuk memperbanyak follower pada media sosial suatu produk, perusahaan selalu mengajak influencer untuk berkolaborasi dalam menunjukkan produk kepada pengguna media sosial lainnya sebagai  konsumen baru. Ada banyak cara untuk meningkatkan keterkenalan media sosial tersebut, salah satu yang cukup efektif dengan menggunakan aplikasi seperti Snapchat, Instagram Stories, dan Periscope sebagai media promosinya.

Sebagai perusahaan, penting untuk memikirkan strategi pemasaran terbaik agar produk bisa terjual bukan hanya dari pelanggan tetapi juga dari para konsumen yang baru. Metode dengan mengajak influencer bekerjasama dalam pemasaran produk akan sangat membantu untuk menarik para konsumen muda lainnya dengan cara yang kreatif, yang dapat membuat sebuah citra tersendiri untuk produk maupun perusahaan.

0 comments