NOW READING

Tip Sederhana Aman Berbelanja Online

 1209
+
 1209

Tip Sederhana Aman Berbelanja Online

by The Daily Oktagon

Sebelum membeli sebuah barang, biasanya kita akan mencarinya sampai dapat meskipun barang tersebut hanya tersedia pada toko online. Terkadang kita juga ragu dengan keaslian barang, apakah toko tersebut terpercaya, bagaimana keamanan dalam sistem pembayaran, dan hal lainnya yang membuat kita enggan untuk memercayai e-commerce tersebut. The Daily Oktagon memiliki tip agar aman saat berbelanja di toko online.

Foto: Shutterstock.com

Riset situs toko online.

Bila Anda memutuskan membeli sebuah barang secara online, pastikan bahwa baik situs, penjual, dan keamanan dalam berbelanja dapat dipercaya. Cari situs yang telah memiliki secure sockets layer (SSL), rating dengan jumlah bintang yang cukup baik, juga testimoni yang bersifat positif dari para konsumen. Alamat dan nomor telepon yang jelas dan benar adanya juga perlu diperhatikan untuk sebuah toko online terpercaya.

Selain itu, terdapat juga istilah untuk teknik penipuan online. Seperti phishing yang berbentuk email penipuan seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank atau perusahaan kartu kredit yang mengajak Anda untuk melakukan berbagai hal, misalnya memverifikasi informasi kartu kredit. Sedangkan pharming mengacu pada sebuah halaman web palsu yang dibuat oleh penipu sehingga mirip halaman akhir dari sebuah situs belanja.

Pahami kebijakan tentang kerahasiaan data.

Setiap poin dalam kebijakan sebuah toko online perlu menjadi perhatian Anda sebagai konsumen. Jika data pribadi seperti gaji per tahun, atau berkaitan dengan gaya hidup dan hal mencurigakan lainnya, Anda tidak perlu melanjutkan transaksi dan langsung cari toko lainnya. Jangan sampai toko memberikan poin di mana mereka dapat menyebarluaskan data pribadi Anda.

Kebijakan mengenai pengembalian barang juga patut diperhatikan. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi jika barang yang dikirim cacat. Dengan begitu Anda meminta penggantian barang cacat dan digantikan dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang tersebut.

Foto: Shutterstock.com

Memilih sistem pembayaran.

Sebagian besar toko online akan menggunakan pembayaran melalui transfer baik tunai maupun antarbank. Jika Anda memilih transaksi antarbank, pastikan untuk menggunakan kartu kredit agar rekening tidak bisa terdeteksi oleh penjual. Bank penyedia kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan, kiriman yang hilang dan barang yang rusak serta berbagai masalah lainnya. 

Jika tidak memiliki baik kartu kredit maupun kartu debit, Anda dapat menggunakan transfer tunai agar bukti transaksi tercatat untuk Anda secara pribadi dan juga pada bank. Untuk mengurangi kemungkinan pencurian nomor kartu kredit, pembayaran yang menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD juga dapat dipertimbangkan.

Simpan bukti transaksi.

Jika transaksi jual-beli sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan berbagai berkas transaksi Anda. Deskripsi produk atau barang, bukti transfer, salinan email Anda dengan penjual, dan nomor resi dari jasa pengiriman. Hal ini untuk meminimalisir tindakan penipuan dan sebagai konsumen Anda memiliki bukti transaksi yang valid.

Biasakan juga untuk memberikan berita saat ingin melakukan transaksi, agar jelas bahwa pembayaran yang dilakukan untuk membayar barang yang Anda beli. Untuk syarat pengembalian barang jika terdapat cacat juga harus diperhatikan, supaya jika hal tersebut terjadi dapat langsung dilaporkan dan dipertanggungjawabkan oleh si penjual.

Foto: Shutterstock.com

Tahan diri agar tidak belanja berlebih.

Untuk menghindari penipuan, jangan sampai Anda tergoda membeli barang dalam jumlah banyak karena iming-iming diskon. Anda tetap perlu memperhatikan waktu dan kebijakan penggunaan dari diskon yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Usahakan juga untuk selalu membeli barang langsung di situs resmi, jangan terpancing pada surel yang memberikan potongan harga jika membeli melalui link yang mereka kirimkan.

Anda pun sebisa mungkin membandingkan harga barang yang sama di toko online yang berbeda. Periksa juga apakah barang yang dijual pada toko online tersebut merupakan barang asli. Hal ini dilakukan supaya penipuan dalam bentuk harga maupun produk bisa diminimalisir dan Anda pun tidak perlu sia-sia karena barang KW atau palsu.

Berbelanja melalui toko online memang nyaman karena kemudahan dan fleksibilitas waktu serta tempat. Pembayaran yang dilakukan pun sangat mudah hanya dengan mentransfer sejumlah uang menggunakan ATM atau mobile banking. Tetapi, Anda pun harus bisa menjadi pembeli yang cermat agar penipuan dan kerugian dalam bentuk apa pun tidak terjadi pada Anda. Selamat berbelanja online.

0 comments