NOW READING

Tip Menjadi Blogger Multimedia yang Berkualitas

 600
+
 600

Tip Menjadi Blogger Multimedia yang Berkualitas

by The Daily Oktagon
  • Semakin banyak yang tertarik untuk menjadi blogger atau vlogger.
  • Namun sayangnya banyak mereka yang membuat konten secara asal-asalan.
  • Ada beberapa tip agar konten multimedia yang dibuat terbilang berkualitas.

Seiring dengan perkembangan konten di internet, makin banyak pula bermunculan blogger dan vlogger. Banyak orang yang kini tertarik untuk membuat konten digital.

Namun sayangnya, tidak sedikit pula yang membuat konten yang hasilnya terkesan asal-asalan. Bisa jadi karena mereka belum dibekali pengetahuan yang memadai seputar pembuatan konten digital yang bagus. Untuk menciptakan konten blog maupun vlog yang menarik, harus melalui segala proses dan persiapan yang matang.

Hal itulah yang menjadi pengetahuan mendasar yang coba diulas lebih mendalam oleh Patrick Fong, seorang blogger multimedia resmi dari Manfrotto yang sudah cukup terkenal. Dia memberikan tip agar Anda bisa menjadi blogger atau vlogger yang andal.

Mengenal lebih dekat Patrick Fong, blogger resmi dari Manfrotto. klik tautan ini.

Pilih Platform yang Cocok

Banyak sekali platform atau media yang bisa dijadikan wadah untuk mengunggah konten milik Anda. Patrick Fong menyarankan untuk memilih dua dari berbagai platform dan media sosial yang dimiliki. Hal ini akan memudahkan Anda untuk tidak hanya lebih konsisten memproduksi, tetapi juga menjaga kualitas konten.

Untuk yang berkonsentrasi membuat konten foto, maka Facebook, Instagram, dan Manfrotto Imagine More Blog lebih cocok untuk dipilih. Namun untuk yang menyukai motion picture atau video, platform seperti Vimeo dan Youtube bisa menjadi pertimbangan. Menurut Patrick Fong, alasannya adalah karena akan lebih mudah menyampaikan konten yang Anda ingin sampaikan dengan platform tersebut karena sifatnya homogen.

Gunakan Alat yang Tepat

“Sumber daya yang baik akan membuahkan hasil yang mengagumkan,” kata Patrick Fong saat menjelaskan tentang perangkat yang cocok digunakan. Selain kamera, Patrick menyarankan penggunaan tripod yang cocok agar hasil video dan foto menjadi lebih baik. Pemilihan tripod juga tidak bisa sembarangan karena masing-masing tripod memiliki kegunaannya.

Saat melakukan produksi dengan menggunakan kamera profesional, tripod yang lebih berat seperti Manfrotto Nitrotech N8 bisa digunakan. Hal ini untuk menjaga agar kamera tidak mudah terjatuh. Selain itu Nitrotech N8 akan menjaga kestabilan gambar sehingga terhindar dari getaran yang akan mengganggu. Tripod Manfrotto MVH500AH dapat dipilih ketika ingin menangkap momen secara cepat, karena ringan dan pengaturannya sangat mudah.


Perhatikan Dasar-Dasar Teknik Kamera

Partick Fong menegaskan betapa pentingnya teknik kamera untuk menghasilkan gambar yang bervariasi. Terdapat lima teknik dasar yang dapat digunakan yaitu pan, tilt, zoom, dolly, dan track. Tilt akan menghasilkan video yang bergerak dari atas ke bawah dan juga sebaliknya. Sedangkan pan akan membuat gambar bergerak dari kiri ke kanan, hal ini juga berlaku untuk sebaliknya.

Teknik seperti zoom, dolly, dan track akan menghasilkan angle yang berbeda dari biasanya. Zoom untuk menegaskan dan memperjelas objek yang direkam. Dolly dan truck akan memperlihatkan dimensi objek yang direkam secara keseluruhan. Cara-cara ini bisa diterapkan untuk menghasilkan video dan foto yang lebih baik dan bervariasi. Kualitas video dan foto yang Anda buat akan terlihat lebih profesional karena bantuan aksesori yang tepat saat proses produksi.

Berbagai tip tadi disampaikan oleh Partick Fong pada acara perkenalan tiga produk terbaru Manfrotto. Acara ini digelar oleh Oktagon, The Daily Oktagon, dan Manfrotto pada Kamis, 12 Oktober 2017 di Gedung Oktagon, Jakarta. Tiga produk tersebut, yaitu Manfrotto Xume Lens Filter Suite, Manfrotto Lykos, dan Manfrotto Nitrotech N8 Fluid Video Head.

Tiga aksesoris dari Manfrotto ini cocok untuk para professional. lihat di sini.

0 comments