NOW READING

Tip Memantau Perilaku Anak Dalam Menggunakan Internet

 851
+
 851

Tip Memantau Perilaku Anak Dalam Menggunakan Internet

by The Daily Oktagon

Penggunaan internet telah menjangkau berbagai generasi, hingga anak-anak. Banyak anak yang bahkan sudah memiliki smartphone sendiri karena dianggap sebagai kebutuhan.

Seiring dengan hal tersebut, muncul masalah baru yang cukup menjadi perhatian. Orangtua kesulitan memantau konten yang diakses oleh anaknya. Berikut beberapa tip untuk para orangtua agar bisa memantau perilaku anak dalam menggunakan internet.

Foto: Shutterstock.com

Pasang Aplikasi Parental Control untuk Anak

Aplikasi parental control diperlukan bagi orang tua yang ingin melindungi anak dari konten berbahaya. Aplikasi parental control akan memblok konten-konten sensitif untuk anak. Ada keuntungan lain dari pemasangan parental control untuk anak, yaitu terhindar dari malware dan virus yang bisa merusak perangkat yang anda miliki. Salah satu smartphone yang memiliki fitur ini adalah Acer Z320.

Dampingi Anak saat Menggunakan Internet

Orang tua harus meluangkan waktu dengan anak saat menggunakan internet. Ini merupakan kontrol langsung kepada anak ketika berinternet. Anda harus memberitahukan situs yang dapat di akses untuk anak. Berikan penjelasan mengenai fungsi-fungsi internet sehingga anak mengerti dan mengetahui alasan untuk tidak mengakses konten yang dilarang.

Buatkan Akun

Akun yang dibuat oleh orangtua dapat meminimalisasi anak menjelajah ke konten yang mungkin berbahaya bagi mereka. Semua aplikasi yang terpasang di ponsel harus menggunakan akun tersebut. Orang tua memantau dengan secara diam-diam melalui cara ini, cukup efisien untuk mengontrol perilaku anak di internet. Akun Gmail sangat direkomendasikan karena produk Google ini memiliki fitur shared account, sehingga orangtua tetap dapat memantau aktivitas anak tanpa harus log off dari akun utama. 

Foto: Shutterstock.com

Cek History

Sesekali orang tua harus mengecek history pada ponsel anak-anak mereka. Hal ini dilakukan agar orang tua mengetahui hal apa saja yang sudah diakses oleh anak. Jika menemukan hal mencurigakan, jangan langsung menuduhnya. Bertanyalah secara perlahan kepada mereka kapan mereka mengakses situs tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan dari mana mereka mengetahui situs yang sudah mereka akses. Setelah semuanya jelas, segera blok situs yang mencurigakan. Hal ini dilakukan agar anak tidak mengakses situs itu kembali.

Bicarakan Dampak Negatif

Alangkah baiknya jika orang tua terbuka kepada anak untuk membahas mengenai dampak penggunaan internet yang tidak terkontrol. Anak harus mengetahui apa saja risiko jika mengakses situs yang berbahaya. Apa dampaknya bagi mereka, perangkat yang mereka miliki, dan keselamatan mereka. Berikan contoh yang mudah dimengerti agar selalu terekam dalam ingatan mereka untuk tidak melakukan hal tersebut.

Peran aktif, komunikasi dan interaksi yang baik antara orang tua dan anak sangat diperlukan agar terhindar dari konten yang tidak bermanfaat dan bisa mengancam mereka.