NOW READING

Tip Agar Internet Terasa Nyaman untuk Dinikmati

 59
+
 59

Tip Agar Internet Terasa Nyaman untuk Dinikmati

by The Daily Oktagon
  • Penggunaan internet bisa menjadi aktivitas yang positif atau sebaliknya, menjadi hal yang negatif.
  • Kebebasan yang ada di dunia maya membuat konten yang muncul seolah tidak terfilter.
  • Ada beberapa cara untuk menjadikan internet sebagai tempat yang positif dan nyaman.

Kebebasan penggunaan internet terkadang disalahgunakan oleh beberapa orang. Hal ini memberikan dampak negatif dan berujung ketidaknyamanan dalam menikmati internet.

Salah satu contoh hal negatif yang ada di dunia maya, yaitu beberapa orang yang dengan bebasnya berkomentar dengan mengeluarkan nada rasis, politik, dan juga berbau agama.

Hal seperti itu menjadi tidak sehat bagi orang lain. Karena tak semua orang mampu menyaring informasi yang mereka lihat, baik itu dari media sosial maupun kolom-kolom komentar. Para pengguna internet yang masih awam, bukan tidak mungkin akan menerima informasi tersebut apa adanya dan menganggap semua yang mereka lihat adalah benar. Hal itu tentu sangat mengkhawatirkan.

Masalah kebebasan berinternet yang kebablasan menjadi perhatian banyak pihak. Salah satunya yaitu CEO Instagram, Nicholas Thompson, yang mulai menggalakkan pembersihan konten-konten yang negatif di internet. Dilansir dari Wired.com, Thompson merasa kecewa karena ia melihat banyak orang yang mengekspresikan dirinya menggunakan Instagram mendapatkan cemoohan, hinaan, dan segala macam bentuk hujatan pada kolom komentar.

Agar penggunaan internet bisa terasa nyaman dan memberi dampak yang positif, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Memperkenalkan smartphone kepada anak usia dini ternyata berbahaya, lihat di sini.

Gunakan Identitas Asli

Banyak orang merasa bahwa selagi identitas dirinya tidak diketahui (anonymous), dirinya akan terbebas dan tak harus bertanggungjawab atas apa yang ia katakan di internet/media sosial. Untuk itu, sebisa mungkin gunakanlah identitas asli untuk log-in ID di setiap layanan internet.

Dengan menggunakan identitas asli, keinginan untuk berbicara negatif tentu akan sedikit berkurang. Karena terdapat rasa tanggung jawab atas segala sesuatu yang telah diungkapkan di dunia maya. Cara ini akan membuat Anda berada satu langkah lebih maju sebagai pengguna internet sehat dan positif.

Perluas Wawasan

Memperluas wawasan dengan banyak membaca dan mencari informasi yang kredibel tentu akan membuat Anda menjadi lebih berkualitas. Perilaku ‘asal sebut’ pun dapat dihindari dan argumentasi dapat berjalan dengan baik dan lebih membangun. Biasanya, orang-orang seperti ‘asal sebut’ ini disebut sebagai ‘keyboard warrior’ karena kemampuan tangan mereka lebih cepat dari pada kemampuan berpikirnya.

Para keyboard warrior biasanya meninggalkan pesan atau komentar dengan cara yang agresif dan kasar karena identitas mereka yang tidak diketahui. Hal ini sejalan dengan tips pada poin pertama tadi, dimana pengguna internet harus berani menggunakan identitas asli ketika berselancar di internet.

Jadilah Orang yang Positif

Sebelum bisa mengubah internet menjadi ranah atau tempat yang lebih baik, tentu kita harus berkaca pada diri sendiri terlebih dahulu. Menjadi orang yang positif tentu tak selalu berbicara hal yang baik-baik di kolom komentar atau sebagainya. Namun, seseorang juga harus memiliki bentuk komunikasi yang membangun dan tidak menjatuhkan.

Apabila tidak setuju dengan pendapat orang, sampaikanlah alasan dan penjelasan logis dengan bahasa yang mudah dipahami serta tidak provokatif. Cara ini menghindarkan kita dari debat kusir atau yang biasa disebut dengan “twitwar” di dunia Twitter. Memiliki wawasan yang luas akan membuat orang dapat menyampaikan pikirannya dengan tajam, jernih, argumentatif, dan tetap positif.

Pantau penggunaan internet anak Anda agar terhindar dari hal negatif, lihat tips nya di sini.

Menggunakan internet dengan bijak tak hanya membantu orang lain, tetapi juga membuat diri menjadi lebih baik. Lakukanlah dari diri sendiri baru kemudian tularkan kepada orang lain. Karena seperti sifat dari internet itu sendiri, aktivitas berinternet positif perlu diviralkan agar bisa menjadi sifat kita bersama.

0 comments