NOW READING

Tingkatkan Promosi Festival dengan Media Sosial

 2202
+
 2202

Tingkatkan Promosi Festival dengan Media Sosial

by The Daily Oktagon
  • Beragam jenis festival dari kebudayaan hingga hiburan seperti musik dibuat oleh pihak-pihak baik dalam maupun luar negeri.
  • Supaya acara festival semakin dikenal publik, salah satu bentuk promosi yang paling ampuh dan umum saat ini adalah melalui dunia maya, khususnya media sosial.
  • Pengeluaran akan berkurang, namun efeknya akan besar kepada pengguna media sosial pada umumnya.

 

Memasuki pertengahan tahun, semakin banyak festival yang akan diselenggarakan belakangan ini. Festival budaya, festival musik, hingga peragaan busana baik di kota besar maupun daerah-daerah di Indonesia. Pihak penyelenggara tentu perlu mempromosikan acara tersebut agar banyak pengunjung yang datang untuk meramaikannya. Saat ini terdapat berbagai macam media promosi yang bisa dipilih sesuai dengan target pasar dan keefektifan masing-masing media.

Media yang paling umum untuk melakukan promosi adalah televisi dengan target para penonton program televisi yang tergantung dari jam tayang iklan tersebut. Kemudian papan reklame dengan bentuk besar dan terletak di berbagai lokasi sehingga dapat dilihat banyak orang. Bisa juga memasang iklan pada halaman majalah yang sudah memiliki target pembacanya tersendiri. Namun, biaya yang dikeluarkan untuk promosi melalui semua media tersebut tidaklah sedikit.

Lama durasi dan jumlah tayang iklan pada stasiun TV akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan. Belum lagi membuat konsep iklan yang tentu memiliki biaya tersendiri. Dengan pemanfaatan teknologi digital, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Berbagai situs dan media sosial pun memberikan fasilitas untuk mempromosikan sesuatu, khususnya sebuah event. Anda bisa memasang iklan pada media tersebut baik yang dikenakan biaya yang tidak sebesar televisi maupun secara cuma-cuma.

 

Foto: Shutterstock.com

Promosi Melalui Media Sosial

Menggunakan dunia maya sebagai sarana untuk beriklan sebenarnya sudah banyak dilakukan para pengusaha. Mereka mempromosikan produk jualan mereka untuk dijual kepada konsumen. Sebagian besar dari mereka memilih menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Kedua media sosial tersebut memberikan fasilitas untuk mempromosikan produk dengan harapan konsumen mereka tersebar di berbagai wilayah.

Saat ini, tidak hanya produk berupa barang yang bisa dipromosikan, tetapi juga sebuah event. Pihak penyelenggara dapat memanfaatkan media sosial untuk memberitahu kepada khalayak mengenai acara yang akan berlangsung. Dari poster, banner, hingga bentuk video singkat mengenai acara atau siapa yang akan menjadi bintang di dalamnya. Semua hal tersebut dapat dibuat dan disebarkan lebih luas dibanding papan reklame atau majalah sekali pun.

Cara Mudah Beriklan dengan Satu Akun

Penggunaannya sangat mudah dipelajari siapa pun. Bagi pengguna Instagram, Anda perlu membuat halaman Facebook karena kedua media sosial ini telah terintegrasi satu sama lain. Lalu, buat profil bisnis pada akun Instagram. Setelah menyiapkan iklan, pengguna perlu memilih tujuan iklan, target pemirsa, dan format iklan pada Pengelola Iklan atau Power Editor. Bentuk iklan yang ditayangkan bisa berupa foto, video, karosel, dan juga Instastory.

Memang akan ada anggaran tertentu yang dikeluarkan. Namun, penentuan anggaran ini bisa dengan jumlah besar atau sesedikit mungkin. Hal ini akan mempengaruhi lama iklan akan tayang pada setiap post yang dimuat. Jika semua sudah siap, iklan tersebut sudah bisa terbit. Nantinya pihak Instagram akan memberikan pemberitahuan saat iklan disetujui dan siap untuk dijalankan.

 

Foto: Shutterstock.com

Memanfaatkan Giveaway dan Affiliate Marketing

Cara berpromosi lainnya bisa dengan membuat giveaway untuk pengguna media sosial lainnya. Pihak penyelenggara maupun pihak sponsor dapat memberi tiket acara secara gratis. Buat syarat seperti ikut mempromosikan acara dengan memberi foto dan keterangan yang unik. Pemenang ditentukan dari keterangan yang paling menarik, juga like terbanyak pada unggahan. Ajak juga influencer dari media sosial yang memiliki pengikut sesuai dengan target penonton.

Program lain yang juga bisa menjadi pilihan adalah affiliate marketing. Masih banyak jutaan pembaca yang mencari dan mengunjungi sebuah blog. Buatlah blog dengan konten artikel terkait acara yang akan berlangsung. Kemudian beri tautan menuju situs resmi acara dan akan terlihat seberapa besar traffic dari pengunjung situs. Secara tidak langsung, akan banyak orang yang rajin mengakses internet untuk tahu mengenai acara festival yang Anda buat.

Cara melakukan affiliate marketing dengan baik dapat dibuka di sini.

Era digital menuntut orang-orang untuk berpikir lebih kreatif terutama dalam mempromosikan suatu hal. Tak terkecuali para pihak penyelenggara sebuah acara, baik yang targetnya sebatas anak sekolah atau yang lebih luas dari itu. Memanfaatkan media sosial menjadi satu solusi untuk mengiklankan sebuah acara hingga festival. Para pengguna media sosial pun akan dapat melihat dan memungkinkan mereka untuk datang ke acara tersebut.

0 comments