NOW READING

Tiga Update Terbaru YouTube yang Harus Kamu Ketahui

 1312
+
 1312

Tiga Update Terbaru YouTube yang Harus Kamu Ketahui

by The Daily Oktagon
  • YouTube belum lama ini melakukan update pada website mereka.
  • Terdapat perubahan yang signifikan dari tampilan baru YouTube.
  • Pada update kali ini pihak YouTube memfokuskan diri pada pengembangan di platform mobile.

YouTube kembali mengeluarkan update terbarunya. Dalam update tersebut, pengelola YouTube lebih memfokuskan diri pada pengembangan di aplikasi mobile. Selain itu, perubahan logo yang cukup signifikan hadir setelah 12 tahun.

Pada update terbaru tersebut, YouTube membenahi estetika dan juga tampilan mereka agar menjadi lebih indah dan nyaman dilihat. Mereka juga akan segera memperkenalkan fitur-fitur baru yang saat ini masih dalam proses pengembangan. The Daily Oktagon memaparkan aspek-aspek Youtube yang mengalami peningkatan.

 

Foto: Youtube.com

  • Perubahan Logo

Kotak berwarna merah dari kata “Tube” dipindahkan ke depan untuk digantikan dengan tombol play. Tak hanya itu saja, beberapa detail kecil seperti warna dan juga ketebalan tulisan kini menjadi lebih baik dan sedap untuk dipandang mata.

Baca juga tiga pilihan kamera bagi calon YouTuber.

Melansir Theverge.com, Head of YouTube Art Department Christopher Bettig mengatakan bahwa penggantian logo tersebut merupakan suatu modernisasi. Kotak yang sebelumnya berada di tulisan “Tube” itu melambangkan televisi. Namun, kini semua orang bisa menonton layanan streaming dari berbagai macam bentuk layar, selama terhubung dengan koneksi internet.

  • Video Vertikal

Sebelumnya, YouTube hanya mendukung rekaman video yang dibuat dalam format landscape. Namun, pada update kali ini, para pengguna layanan YouTube bisa menikmati video vertikal secara full screen tanpa terganggu, dengan background hitam yang berada di kedua sisi video. Dengan begitu, pencipta konten seperti vlogger bisa berkreasi lebih jauh dengan menggunakan smartphone kesayangan mereka. Video baru tersebut dapat diunggah langsung dari ponsel pintar ke akun YouTube masing-masing.

 

Foto: Shutterstock.com

  • Menggunakan Gestur

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui fitur ini . Anda bisa menggunakan gesture (swipe) untuk melakukan navigasi ketika sedang menonton video. Para pengguna bisa melakukan tap sebanyak dua kali pada layar kiri smartphone untuk mundur (rewind) sekitar sepuluh detik, atau sebaliknya. Tap bagian kanan layar ponsel untuk mempercepat video atau sebagai pengganti tombol fast forward.

Fitur baru lainnya adalah mengatur kecepatan video (Playback Speed) sesuai dengan keinginan. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada pengguna PC desktop, namun sekarang sudah bisa digunakan dalam versi mobile. Mereka yang ingin mengetahui suggestion video lainnya, bisa melakukan swipe ke atas pada layar smartphone untuk melihatnya.

Workshop membuat video YouTube: Viral belum tentu jadi patokan eksis. Baca di sini.

Manuver yang dilakukan YouTube pada update kali ini memang terbilang cukup baik. Karena kebanyakan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka pada penggunaan gadget seperti smartphone untuk mencari hiburan, termasuk menonton video dalam layanan YouTube. Menarik untuk dinanti fitur-fitur terbaru lainnya yang akan segera mereka perkenalkan di update berikutnya.

0 comments