NOW READING

Tiga Tips Membuat Foto Tak Biasa di Momen Spesial

 3335
+
 3335

Tiga Tips Membuat Foto Tak Biasa di Momen Spesial

by The Daily Oktagon

Pernikahan adalah momen penting yang harus selalu diabadikan. Tak jarang, sengaja dipasang photo booth agar tamu undangan bisa ikut berbagi kebahagiaan. Biasanya, photo booth terdiri dari backdrop, properti yang disesuaikan dengan konsep acara, plus pencahayaan. Kamera yang digunakan berjenis digital single-lens reflex camera (DSLR), serta mesin pencetak. Namun, jangan sampai konsep photo booth yang itu-itu saja malah membuat atmosfer pesta menjadi hambar.

Ada kabar baik bagi Anda yang selalu ingin tampil beda. Dengan sedikit bantuan perangkat digital, Anda bisa membuat konsep photo booth yang kreatif, tidak biasa, bahkan otomatis. Mulai dari menyegarkan konsep yang sudah ada, menggunakan kamera khusus, hingga memanfaatkan layanan cloud. Artikel ini membahas tiga tips membuat foto tak biasa di momen spesial. Coba cara berikut.

Hasil Foto Lebih Segar dengan Polaroid dan Action Cam
Jika Anda masih menginginkan konsep photo booth standar seperti yang disebutkan di atas, tetapi tetap ingin sesuatu yang berbeda, bisa coba untuk mengganti kameranya. Jika bosan menggunakan kamera DSLR atau mirrorles konvensional, Anda dapat menggunakan kamera instan Polaroid Z2300BL.

Regular_Image_-_Konsep_Photo_Booth_Segar_-_Polaroid_Z2300BL

Seperti kamera Polaroid analog pada umumnya, Z2300BL dapat mencetak foto berukuran 2 x 3 inci pada kertas ZINK Zero Ink yang dijual dalam paket isi 30 lembar. Kertasnya sendiri selain anti air dan anti sobek, juga didesain seperti stiker. Sehingga tamu Anda dapat dengan mudah menempelkan di kamar mereka. Tidak hanya itu, tersedianya slot microSD berarti Anda tetap punya backup digital untuk dicetak sebagai album atau diunggah ke media sosial.

Sebelum mempraktikannya, baca dulu artikel menarik ini, Polaroid Snap, Kamera Saku Digital yang Bisa Mencetak Tanpa Tinta

Ide lainnya, Anda dapat menggunakan action camera seperti GoPro HERO4 Black Edition atau Xiaomi Yi yang lebih terjangkau untuk mendapatkan sudut foto yang lebih pas untuk foto grup. Apabila ingin hasilnya lebih baik, bisa tetap menggunakan kamera DSLR atau mirrorles dengan tambahan lensa wide atau fish-eye.

Video Booth Slo-Mo
Sejak kehadiran kamera yang mampu merekam video gerak lambat, banyak bermunculan photo booth atau lebih tepatnya video booth berkonsep Slo-mo. Secara teknis, persiapannya tidak terlalu rumit, bahkan mirip seperti photo booth biasa. Perbedaannya terletak pada properti yang digunakan.

Regular_Image_-_Slo-Mo_1

Properti di sini bukan lah rambut palsu, kumis-kumisan, papan dengan tulisan, atau topi yang sudah umum digunakan. Anda bisa menyediakan seperti potongan kertas warna-warni, glitterconfetti, hingga silly string. Ketimbang properti statis, benda-benda itu akan terlihat lebih bagus dalam gerak lambat. Bisa juga, para tamu diinstruksikan untuk berjoget atau berekspresi dengan mimik-mimik lucu.

Pilihan kamera yang dapat digunakan adalah Sony Cyber-Shot RX10 II yang mampu merekam video super Slo-mohingga kecepatan 1.000 fps. Alternatif yang lebih terjangkau dari Sony adalah model RX100 IV dengan kecepatan rekam Slo-mo hingga 960 fps.

Regular_Image_-_Slo-Mo_-_Kamera_Sony

Kekurangan video booth adalah hasilnya tidak bisa dibawa pulang oleh tamu Anda. Tapi, jangan khawatir Anda tetap bisa menontonnya di aplikasi populer, seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Video menarik di situs Vimeo berikut dapat dijadikan referensi.

Photo Booth Otomatis
Layanan Jepret Allegra mengizinkan tamu undangan acara Anda lebih terlibat dalam proses mengabadikan momen. Karena platform berbasis cloud ini mengumpulkan foto dengan hashtag atau tagar khusus yang di-posting di media sosial seperti Instagram, Twitter, Path, atau Google+. Anda bahkan tidak perlu menyiapkan photo booth.

Semua foto yang telah dibidik oleh Jepret Allegra dapat ditampilkan secara real-time di monitor, proyektor, atau di situs web Anda lewat fitur Live Gallery. Selain itu, foto juga dapat dicetak sebagai suvenir yang dapat dibawa pulang para undangan. Serunya lagi, para undangan dapat memilih sendiri foto yang ingin dicetak menggunakan monitor touch-screen.

Regular_Image_-_Jepret_Allegra_1

Jepret Allegra merupakan layanan buatan DyCode, developer aplikasi asal Bandung yang bisa Anda sewa. Paketnya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan budget maupun skala acara.

Regular_Image_-_Jepret_Allegra_2

Nah, setelah melihat contoh-contoh di atas, kira-kira konsep mana yang cocok untuk acara Anda berikutnya? Atau Anda malah jadi punya inspirasi menciptakan konsep sendiri? Selamat mencoba!

Pasti Anda juga suka yang menarik berikut, Mengenal Lebih Jauh GoPro Hero4 Sessions

0 comments