NOW READING

Tiga Smartphone Selfie Menggoda di Penghujung Tahun

 921
+
 921

Tiga Smartphone Selfie Menggoda di Penghujung Tahun

by The Daily Oktagon
  • ASUS, OPPO, dan Vivo jadi tiga produsen yang terbilang paling aktif dan gencar merilis smartphone selfie terbaru.
  • Menutup rangkaian gadget-gadget yang dirilis sepanjang tahun 2017, ketiganya kompak memboyong ZenFone 4 Selfie Pro, V7/V7 Plus, dan F5 untuk memuaskan dahaga selfie mania.
  • Ketiganya ditawarkan dengan harga yang cukup kompetitif, mulai dari yang paling murah Vivo V7, OPPO F5, dan tertinggi ZenFone 4 Selfie Pro.

Smartphone selfie makin merajalela dipenghujung tahun ini. Jika tahun lalu kita hanya mendengar nama OPPO, maka tahun ini makin banyak produsen yang ikut merilis smartphone selfie.

Apakah Anda termasuk orang yang gemar selfie dan sedang mencari smartphone baru? Jika ya, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran untuk memilih. Kali ini The Daily Oktagon membawa tiga rekomendasi smartphone selfie paling anyar saat ini: Vivo V7, OPPO F5, dan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro.

Vivo V7/V7 Plus

Vivo punya dua seri smartphone selfie yang dirilis berdekatan, yaitu V7 dan V7 Plus. Perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran layar serta kapasitas storage dan baterai.

Vivo V7 berlayar 5,7 inci, sedangkan V7 Plus 5,99 inci. Meski beda ukuran, tapi rasio layarnya sama-sama kekinian, yakni 18:9 dengan resolusi 1.440 x 720 piksel.

smartphone

Untuk kemampuan selfie-nya, Vivo menyematkan kamera 24 MP f/2.0 dengan fitur Face Beauty 7.0. Kalau dibandingkan smartphone lainnya, fitur beautify ini yang paling simpel tidak neko-neko.

Opsi yang disediakan, yakni buffing untuk membasmi flek atau jerawat, whitening untuk memutihkan kulit, dan skin tone untuk mengubah tone warna kulit. Densitasnya bisa diatur dengan menggeser slider.

Simak lima fitur penting yang diusung Vivo V7 Plus di artikel ini.

Selain itu ada juga fitur Smart Beauty yang fungsinya untuk menerapkan efek beautify saat eksis di medsos atau pun berkomunikasi via video call. Contohnya seperti WhatsApp atau Facebook.

Walaupun kamera depan Vivo V7 dan V7 Plus cuma ada satu, tapi juga sudah dilengkapi mode portrait alias bokeh. Cukup mengejutkan, hasil bokeh-nya terlihat rapi terlihat fokus di wajah. Dengan begitu, foto selfie jadi lebih artistik.

Di pasar Indonesia, Vivo V7 Plus sudah lebih dulu dijual sejak September dengan banderol Rp4,7 juta. Jika dirasa kemahalan, Anda bisa mengalihkan bidikan ke Vivo V7 yang dijual lebih terjangkau, hanya Rp3,8 juta.

ASUS ZenFone 4 Selfie Pro

Pada awalnya, ASUS tercatat sebagai pelopor smartphone selfie di Indonesia lewat smartphone ZenFone Selfie pada tahun 2015 lalu. Kemudian absen ditahun 2016, dan kini kembali lagi dengan merilis ZenFone 4 Selfie Pro.

smartphone

Tidak seperti Vivo V7 yang punya layar 18:9, layar ZenFone 4 Selfie Pro masih standar karena punya bezel atas dan bawah yang tebal. Ukurannya juga standar, 5,5 inci dengan panel AMOLED yang hemat daya.

Sebagai smartphone selfie yang punya pangsa pasar wanita, ASUS merancang ZenFone 4 Selfie Pro dengan desain yang cantik, tipis, plus pilihan warna menarik, terutama merah.

Untuk ber-selfie, kamera depannya ada dua. Satu beresolusi 12 MP dengan normal angle, satu lagi 5 MP wide angle 120 derajat. Kita bisa mengaktifkan kedua kameranya lewat mode portrait (bokeh) yang sepertinya sudah jadi standar saat ini.

Melihat perbedaan antara ASUS Zenfone 4 Selfie dengan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro hanya di artikel ini.

Menariknya, ASUS juga menggembar-gemborkan fitur Duo Pixel dengan kamera utama yang beresolusi 12 MP yang bisa memproduksi gambar dengan melipatgandakan resolusi menjadi 24 MP. Hasilnya jadi lebih tajam, tapi proses motretnya jadi lebih lama.

Untuk fitur beautify-nya lebih lengkap dari Vivo dengan fitur yang bisa membesarkan kelopak mata atau mengecilkan dagu. Ada pula fitur Beauty Live biar wajah kelihatan mulus saat beraksi (live) di media sosial. Untuk menebusnya, ASUS membanderol ZenFone 4 Selfie Pro seharga Rp5 juta.

OPPO F5

Satu lagi opsi smartphone selfie yang baru saja dirilis adalah OPPO F5. Dilihat dari namanya, tentu saja ini adalah suksesor F1 dan F3 series yang sudah lebih dulu sukses. Tidak seperti F3 yang punya dua kamera depan, kamera selfie OPPO F5 menyusut jadi cuma satu.

smartphone

Namun, kali ini resolusinya meningkat jadi 20 MP. Plus, OPPO mengklaim punya fitur AI Beauty dan kamera depannya ini bisa mengenali jenis kulit dan jenis kelamin berdasarkan database ribuan foto wajah yang mereka miliki.

Simpelnya, AI Beauty bermanfaat untuk menciptakan foto selfie kece yang tetap terlihat natural, tidak seperti dempulan. Misalnya, tidak menghilangkan garis wajah atau pun bulu halus seperti kumis atau jenggot.

OPPO F5 didukung teknologi AI, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Sama seperti Vivo V7 dan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro, OPPO F5 juga punya mode selfie portrait yang membuat foto wajah jelas terlihat, sementara foto background blur. Kalau dibanding dua pesaingnya di atas, memang hasil jepretan selfie F5 sedikit lebih bersih.

Selain membawa AI Beauty, OPPO F5 juga tergolong kekinian karena layarnya yang memiliki rasio 18:9 dengan dimensi jumbo mencapai 6 inci. Dengan kemampuan kamera yang tidak kalah menarik dari F3 Plus, OPPO justru membanderol F5 lebih terjangkau, yakni Rp4 juta.

0 comments