NOW READING

Tiga Smartphone Murah dengan Layar Super Tajam

 555
+
 555

Tiga Smartphone Murah dengan Layar Super Tajam

by The Daily Oktagon

Foto utama: Photo by Patrick Tomasso 

  • Meski kadang tidak terlalu penting, namun layar smartphone memiliki peranan besar dalam memberikan kenyamanan penggunaan
  • Teknologi pada smartphone pun sudah mencapai titik yang tinggi dengan layar kecil pada smartphone bisa menampilkan resolusi Quad HD
  • Tapi jangan khawatir, tidak semua smartphone berlayar Quad HD itu mahal, contohnya tiga smartphone rekomendasi berikut ini.

Banyak aspek yang jadi tolok ukur dalam memilih sebuah smartphone. Sebagian orang mengutamakan kamera, sebagian mengutamakan prosesor, sebagian lagi baterai, sebagian lainnya desain, dan ada pula yang mementingkan layar.

Meski tidak banyak yang mengutamakan layar, namun bagaimana pun juga, kualitas tampilan yang baik bakal meningkatkan kepuasan kita sebagai pengguna. Dan ketika mayoritas smartphone saat ini berkutat dengan resolusi layar Full HD, maka smartphone beralyar Quad HD tentunya bakal terasa lebih eksklusif.

Ya betul, smartphone berlayar Quad HD identik dengan harga yang sangat tinggi. Tapi tentu tidak semuanya mahal. Kali ini kami akan merekomendasikan tiga smartphone berlayar Quad HD dengan harga rasional yang tidak menggigit kantong. Meski bukan yang terbaru, tapi ketiganya tetap layak untuk diburu.

Samsung Galaxy S6 edge (Rp 4 jutaan)

Rekomendasi pertama yang bisa dipilih adalah Samsung Galaxy S6 edge. Smartphone keluaran tahun 2015 ini tidak bakal keliatan jadul jika dipakai saat ini atau bahkan untuk dua tahun ke depan. Seperti yang kita lihat sendiri, bahasa desainnya masih tetap digunakan Samsung hingga sekarang.

Ya, smartphone baru Samsung seperti Galaxy A dan Galaxy J series yang rilis tahun ini memiliki bentuk dasar serupa Galaxy S6 edge. Bahkan kalau dibandingkan, Galaxy S6 edge tetap lebih kece karena bodi belakangnya berbahan kaca.

Selain itu, desain layarnya yang melengkung bakal meningkatkan daya tarik yang dimilikinya. Layarnya sendiri berdimensi 5,1 inci, terasa super compact memang. Dengan resolusi mencapai 2.560 x 1.440, praktis kerapatan layarnya mencapai 577 ppi, luar biasa tinggi.

Akibatnya mata kita bakal dimanjakan dengan ketajaman layarnya. Apalagi kontras warna yang dihasilkan juga tergolong di atas rata-rata berkat panel Super AMOLED. Benefit lain yang bisa didapat dari smartphone ini adalah kamera utama 16 MP yang sudah bisa merekam video 4K. Sementara kamera depannya standar saja, dengan resolusi 5 MP.

Adapun yang patut dipertimbangkan adalah hardware-nya, dimana terdapat chipset octa-core Exynos 7420 yang untuk saat ini masuk kategori kelas menengah, bukan flagship lagi. Disokong RAM 3 GB, kita masih bisa menjalankan game kelas menengah dengan grafis yang lumayan dengan lancar.

Baca ulasan Samsung Galaxy J7 Pro di sini, yuk!

LG G5 (Rp 4 jutaan)

Kalau merasa Samsung Galaxy S6 edge terlalu lawas, ada opsi smartphone Korea lain yang sayang untuk dilewatkan, yaitu LG G5. Dirilis tahun 2016, LG G5 adalah flagship yang terlupakan. Bagaimana tidak, smartphone ini begitu cepat dilupakan tertimpa kehadiran smartphone flagship lainnya.

Lalu mengapa tetap direkomendasikan? Jangan lupa, LG G5 adalah pionir smartphone modular. Masuk kategori flagship, LG G5 menawarkan desain unik dimana bagian bawahnya dapat dilepas-pasang untuk menempelkan aksesori atau pun mengganti baterai.

Sama halnya Galaxy S6 edge, LG G5 pun tergolong smartphone compact dengan layar IPS 5,3 inci Quad HD yang dimilikinya. Ketajamannya mencapai 554 ppi yang artinya bisa dibilang sudah maksimal untuk mata manusia.

Nah yang paling menarik dari LG G5 adalah hardware-nya. LG mengemasnya dengan chipset flagship Snapdragon 820 yang masih sangat powerful untuk saat ini. Plus sektor kamera juga haram untuk dilupakan.

Pasalnya LG G5 adalah smartphone dual-camera yang andal. Kamera utamanya beresolusi 16 MP f/1.8 dan kamera sekundernya 8 MP bisa memotret wide angle 120 derajat. Untuk merekam video hasilnya juga bakal maksimal karena sudah ditunjang OIS.

Simak ulasan LG G6 si penantang serius Samsung Galaxy 8 di sini.

Xiaomi Mi Note Pro (Rp3 jutaan)

Berbeda dari Samsung Galaxy S6 edge atau LG G5 yang sangat terkenal, kita mungkin lupa kalau Xiaomi punya satu smartphone berlayar Quad HD, yaitu Mi Note Pro. Sebenarnya cukup wajar kalau smartphone ini kurang dikenal karena hanya dijual di Cina.

Meski begitu, seperti kebanyakan smartphone Xiaomi lainnya, Mi Note Pro pastinya juga bisa dibeli di negara lain, termasuk Indonesia. Hanya saja tidak bergaransi resmi. Dibanding dua rekomendasi sebelumnya, Mi Note Pro hadir dengan layar jumbo 5,7 inci.

Jadi bukan cuma tampilannya yang tajam, mata pun lebih puas memandang layarnya yang luas. Sementara soal desain, Mi Note Pro juga tergolong modis dengan paduan metal dan kaca. Apalagi tepi kiri dan kanan bodi belakangnya dibuat melengkung.

Meski tidak lagi bisa disebut flagship, tapi hardware yang dibawa Mi Note Pro sama sekali belum ketinggalan zaman. Sebagai smartphone keluaran tahun 2015, Xiaomi membekali Mi Note Pro dengan chipset Snapdragon 810 dan RAM 4 GB.

Untuk keperluan bermain game kelas menengah atau pun eksis di berbagai media sosial sudah tentu bisa dijalankan dengan baik menggunakan smartphone ini. Setali tiga uang dengan kemampuan gaming-nya, Mi Note Pro juga masih terasa andal untuk memotret.

Kamera utamanya beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 serta ditunjang OIS. Selain memotret, penggunanya juga bisa merekam video hingga resolusi 4K dengan stabil. Lalu untuk ber-selfie ada kamera depan 4 MP (ultrapixel) yang terasa cukup saja.

Dengan tiga pilihan smartphone ini, semua urusan jadi “aman”. Dari urusan kualitas layar hingga urusan isi kantong.

Baca juga: Xiaomi Mi 5X, Goda Konsumen Kelas Menengah dengan Desain Menawan

0 comments