NOW READING

Tiga Kunci Pintar Ini Membuat Rumah Lebih Aman

 60
+
 60

Tiga Kunci Pintar Ini Membuat Rumah Lebih Aman

by The Daily Oktagon
  • Perangkat kunci pintar ini mengadopsi teknologi Internet of Things.
  • Pengontrolan sistem keamanan rumah bisa dilakukan dari jarak jauh dengan mengandalkan smartphone.
  • Kunci pintar ini memiliki desain sederhana dan mudah digunakan.

Rumah seringkali menjadi target para pelaku kejahatan. Terlebih lagi jika kondisi rumah sedang kosong karena ditinggal oleh penghuninya. Ada beberapa produk kunci pintar yang akan membuat rumah lebih aman.

Berbagai macam perangkat keamanan rumah sudah banyak tersedia. Bahkan seiring perkembangan teknologi, kemampuan perangkat tersebut juga semakin canggih. Terutama berkat hadirnya teknologi Internet of Things (IoT), yang memungkinkan satu perangkat bisa ‘berkomunikasi’ dengan perangkat lainnya.

Membutuhkan referensi perangkat pintar untuk rumah pintar lainnya, dapat dicek disini

Konsep teknologi inilah yang diterapkan pada beberapa kunci pintar. Pengontrolan sistem keamanan rumah bisa dilakukan dari jarak jauh dengan mengandalkan smartphone.

August Smart Lock Pro

August Smart Lock Pro merupakan sebuah alat bundar ‘DoorSense’ yang bisa disematkan pada lubang kunci di bagian dalam pintu. Dengan begitu bagian luar pintu tidak berubah dan tetap bisa digunakan seperti biasa. Alat bundar yang menempel ini akan dihubungkan ke smartphone melalui bantuan perangkat lain bernama August Connect Wifi Bridge.

foto : august.com

Dengan August Smart Lock Pro, pemilik rumah bisa mengetahui ketika pintunya dibuka atau ditutup, melalui notifikasi yang masuk ke smartphone-nya. Pemiliki rumah juga bisa mengirimkan keyless access, berupa kode tertentu, ke orang lain yang dipercaya untuk membuka pintu rumah. Tenang, kode ini tidak bisa digandakan, jadi hanya bisa sekali pakai.

Kemampuan lain dari perangkat ini, yaitu bisa mengunci pintu secara otomatis ketika si pemilik rumah meninggalkan pintu, terutama ketika sedang terburu-buru. Begitu juga sebaliknya, August Smart Lock Pro juga dapat membuka pintu secara otomatis ketika Anda sudah berada di depan pintu.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga bisa dioperasikan melalui perintah suara dari aplikasi Siri, Alexa atau Google Assitant. Bahkan August Smart Lock Pro juga kompatibel dengan perangkat smart home lainnya, seperti Nest, Airbnb, dan Home Away.

Otto

Otto memiliki desain yang minimalis sehingga tidak membutuhkan banyak ruang untuk pemasangannya. Perangkat ini tidak memiliki lubang kunci, hanya berbentuk bulatan polos. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup menyentuhkan jarinya ke area depan kunci untuk membuka atau mengunci pintu.

foto : meetotto.com

Tapi syaratnya pemilik rumah harus mengantongi smartphone yang sudah ter-install aplikasi Otto dan terhubung via Bluetooth ke perangkat ini. Selain itu juga disediakan cara lainnya, yaitu dengan mengatur empat digit kode tertentu. Nantinya pemilik rumah harus memasukkan kode tersebut dengan benar. Kode ini juga bisa dibagi ke orang lain, baik secara permanen atau sementara, menggunakan aplikasi Otto. Dengan begitu orang yang sudah Anda percaya bisa membuka atau mengunci pintu dengan aplikasi Otto yang ter-install di smartphone, pemilik rumah juga bisa membuka atau mengunci pintu dari jarak jauh melalui koneksi wifi.

Untuk lebih tahu lebih lanjut tentang Otto, bisa klik disini

Nest Hello

Nest Hello merupakan perangkat bel pintu yang dilengkapi kamera beresolusi HD. Kamera ini akan terhubung ke smartphone pemilik rumah. Ketika ada orang yang mendekati pintu rumah pada jarak tertentu, Nest Hello akan langsung memberikan notifikasi peringatan di smartphone. Selanjutnya perangkat ini akan mengirimkan gambar atau video orang tersebut.

foto : nest.com

Kamera yang ada di sistem Nest Hello ini, adalah kamera pintar yang dapat mengatur intensitas cahaya sehingga foto atau video yang dikirimkan ke smartphone dapat dilihat dengan sangat jelas. Selain itu, Nest Hello juga dilengkapi dengan michrophone dan speaker untuk berkomunikasi dengan orang yang datang ke hadapan pintu rumah.

Meski tergolong perangkat keamanan, namun ternyata penggunaan ketiga kunci pintar tadi terbilang mudah. Desain perangkatnya pun terlihat simpel dan mudah dipasang, namun dengan tetap menjamin sistem keamanan yang dibawanya.

0 comments