NOW READING

Tiga Hotel Dengan Teknologi Digital yang Canggih

 277
+
 277

Tiga Hotel Dengan Teknologi Digital yang Canggih

by The Daily Oktagon
  • Penggunaan teknologi canggih sudah memasuki ranah perhotelan.
  • Inovasi baru yang dilakukan hotel tersebut terbukti dapat menarik tamu hotel.
  • Smartphone hingga robot merupakan teknologi yang digunakan di dalam hotel.

Sebagai tempat penginapan, hotel pasti menyediakan pelayanan yang terbaik. Kasur, ruangan, dan para pelayannya pun sudah dipersiapkan sedemikian rupa sehingga membuat para tamu merasakan kenyamanan dari hotel tersebut. Pelayanan dengan kualitas tertinggi ini bertujuan untuk menarik tamu agar kembali ke hotel tersebut.

Hotel terus berinovasi agar bisa memberikan pengalaman bermalam yang mengesankan bagi tamunya. Inovasi dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan teknologi. Terdapat tiga hotel yang sudah melakukan inovasi itu untuk memikat para pelangannya. Inovasi dilakukan di bagian reservasi hingga pelayanan.

 

Foto: Shutterstock.com

Salah satu dari jajaran hotel terbesar di dunia ini sudah melakukan terobosan baru dalam sistem pelayanan mereka. Sistem pelayanan Hotel Hilton yang ada di Amerika Serikat sudah terintegrasi dengan aplikasi yang bisa diinstal ke ponsel pintar. Pemanfaatan kemajuan teknologi ini sudah dilakukan oleh Hotel Hilton sejak 2012, diawali dengan pemesanan kamar daring melalui aplikasi Conrad Concierge.

Saat ini, Hotel Hilton memiliki aplikasi sendiri di mana reservasi seluruh fasilitas bisa dilakukan dalam genggaman. Tamu Hotel Hilton bisa melakukan pemesanan kamar dan memilih kamar yang diinginkan melalui aplikasi tersebut. Tidak hanya lewat ponsel pintar, penggunaan aplikasi ini dapat diakses melalui tablet dan komputer. Selain itu, tamu dapat melakukan check-in tanpa harus datang ke resepsionis. Semua tamu yang melakukan check-in lewat aplikasi tersebut bisa langsung ke kamar mereka yang sudah dipilih sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan kunci kamarnya? Tidak perlu khawatir, ponsel tersebut dapat digunakan sebagai kunci kamar. Hanya dengan menunjukkan kartu digital yang ada di aplikasi ke alat khusus yang terpasang di pintu kamar, maka secara otomatis pintu akan terbuka. Penggunaan kunci digital ini sudah diimplementasikan ke beberapa Hotel Hilton yang ada di dunia, salah satunya adalah Hotel Hilton Singapura. Sebagai informasi tambahan, fasilitas ini dapat dinikmati oleh anggota Hilton HHonor.

Klik tautan ini untuk melihat restoran unik dengan teknologi baru.

Foto: Shutterstock.com

  • Nuansa Futuristik di Yotel

Bagi para penggemar nuansa masa depan, Yotel menjadi salah satu penginapan yang mewujudkan hal tersebut. Hotel yang sebagian besar teletak di bandara ini dapat ditemukan di enam lokasi, tersebar di benua Eropa dan beberapa negara bagian Amerika Serikat. Yotel juga sudah dilengkapi dengan teknologi modern sebagai daya tarik untuk pelanggan.

Ketika datang ke lobi Yotel dan ingin melakukan reservasi dan check-in, tamu hanya perlu menggunakan layar sentuh. Setelah proses check-in selesai, Yobot sang Bellrobot akan menyambut dan mengantarkan barang bawaan sampai ke kamar Anda. Pengalaman ini meninggalkan kesan bagi tamu yang pertama kali datang ke Yotel.

Hotel yang menyebut kamar mereka sebagai cabin ini, sudah dilengkapi dengan sensor gerakan. Saat tamu datang dan masuk ke kabin, AC akan otomatis menyala. Kasur yang ada di dalam cabin merupakan smart bed yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, seluruh bagian Yotel sudah dilengkapi WiFi yang sangat cepat.

 

Foto: Shutterstock.com

Hotel yang terletak di Nagasaki, Jepang ini seluruh personelnya merupakan robot yang sudah diatur agar bisa melayani tamu dengan baik. Robot yang memiliki berbagai macam bentuk dan rupa akan menjadi pelayan Anda saat menginap di Hen Na. Manusia yang bekerja di hotel tersebut hanya berjumlah 10 orang. Mereka mempunyai tugas sebagai pembersih dan merapikan kamar tamu.

Anda akan disambut oleh robot dinosaurus saat datang ke meja resepsionis. Robot tersebut merupakan robot pintar yang sudah dilengkapi dengan sensor untuk menerima dan menjawab pertanyaan dari tamu. Untuk melakukan check-in, robot wanita siap membantu. Hampir sama dengan Yotel, barang bawaan akan diantarkan sampai ke kamar oleh robot khusus.

Terdapat buku panduan yang diberikan kepada setiap tamu yang hadir ke Hen Na. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada tamu tentang apa yang harus dilakukan saat berkomunikasi dengan robot dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Buku panduan ini juga akan membuat tamu lebih tenang untuk berinteraksi dengan para robot, karena akan sedikit sulit menemukan staf yang bukan robot.

Merasakan pengalaman baru di hotel dengan teknologi canggih ini memang sudah sepatutnya dicoba. Untuk merasakan sensasi dari hotel yang bisa menghibur dan berkesan ini, Anda harus mengeluarkan jumlah yang cukup banyak. Tetapi, demi pengalaman sekali seumur hidup, nilai yang dikeluarkan dirasa akan sepadan dengan apa yang Anda nikmati saat menginap di hotel tersebut.

Buat rumah lebih pintar dengan bantuan smartphone, di sini.

0 comments