NOW READING

Tiga Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memulai Bisnis Daring dengan Affiliate Marketing

 1508
+
 1508

Tiga Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memulai Bisnis Daring dengan Affiliate Marketing

by The Daily Oktagon

Foto: Shutterstock.com

Semakin banyaknya bisnis daring yang berjalan saat ini, membutuhkan orang-orang untuk mempromosikan produk jualan mereka kepada pasar, baik domestik maupun internasional. Affiliate marketing bisa menjadi salah satu cara yang dipilih untuk mencari penghasilan, sekaligus tempat pembelajaran untuk menjadi pebisnis besar pada masa depan.

Perkembangan zaman pun memunculkan berbagai metode berbisnis daring yang tidak hanya menjual produk barang atau jasa, tetapi juga mempromosikan produk jualan vendor atau pihak lain kepada konsumen. Metode ini dinamakan Affiliate Marketing, bisnis yang berbasis komisi saat pebisnis dapat menjual produk kepada konsumen. The Daily Oktagon akan menjelaskan cara kerja metode bisnis ini.

Foto: Shutterstock.com

Definisi Affiliate Marketing

Affiliate Marketing, atau pemasaran berbasis afiliasi, adalah suatu metode bisnis daring berbasis komisi; pebisnis yang sebagian besar pemula menjual produk jualan pihak lain kepada konsumen. Metode ini mirip dengan istilah ‘door-to-door’ ketika pebisnis menjual produk yang dimaksud dengan cara menyebarkan tautan atau URL tertentu kepada konsumen. Semakin banyak pengunjung URL yang diberikan vendor, maka semakin besar kemungkinan produk tersebut akan dibeli.

Untuk menjalankan metode ini, kandidat harus mendaftar sebagai ‘afiliasi’ pada vendor produk (merchant) untuk mendapatkan Identitas Afiliasi. Selanjutnya, merchant akan memberikan tautan atau URL dan kode khusus untuk Identititas Afiliasi Anda. Tautan ini akan menunjukkan jumlah konsumen yang membeli produk yang disebarkan oleh afiliasi tersebut. Kemudian komisi akan dihitung berdasarkan jumlah tersebut.

Saat ini sudah banyak sarana jualan daring dari berbagai belahan dunia yang menggunakan metode ini dalam mencari konsumen. Di antaranya eBay, Walmart, Lazada, dan masih banyak lagi. Selain toko-toko besar tadi, banyak juga toko atau bisnis daring kecil yang juga menggunakan metode ini. Produk yang dijual pun berbagai macam; pakaian, aksesori, elektronik, hingga barang-barang unik yang mungkin tidak bisa ditemukan di toko konvensional.

Foto: Shutterstock.com

Cara Memulai

Bisnis dengan metode ini sebenarnya tidak memerlukan modal yang besar. Yang perlu dilakukan hanya menyebarkan URL sebanyak-banyaknya kepada konsumen sehingga traffic pengujung dari tautan yang diberikan meningkat.

Seorang afiliasi dapat menyebarkan secara individual. Namun terkadang akan sangat mengganggu dan hanya diabaikan saja oleh para calon konsumen. Cara lain yang bisa dilakukan dengan membuat sebuah situs atau blog yang sederhana, baik gratis maupun berbayar. Pada blog tersebut, si afiliasi dapat menampilkan berbagai artikel atau ulasan mengenai produk atau jasa yang akan dijual, sekaligus URL afiliasi terkait. Traffic pengunjung yang mengarah pada link-link afiliasi akan terlihat secara otomatis dan dapat langsung masuk ke situs vendor produk. Dengan cara ini, Anda hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin, dan melakukan pembaharuan pada isi dari situs atau blog sehingga pengunjung URL juga dapat meningkat secara terus menerus.

Foto: Shutterstock.com

Mengubah Pola Pikir

“Menjadi pebisnis merupakan cara untuk menjadi cepat kaya.” Ini adalah pola pikir yang harus diubah terlebih dahulu. Menjadi pebisnis haruslah dimulai dari awal dengan modal keberanian dan ide kreatif sehingga calon pebisnis tidak asal memulai suatu usaha sendiri. Memilih produk, menentukan harga jual, melihat pasar untuk tahu kebutuhan konsumen, harus menjadi hal yang paling diperhatikan dalam membangun sebuah usaha.

Khususnya untuk menjalani bisnis daring dengan metode pemasaran berbasis afiliasi, calon afiliasi harus berhati-hati dalam memilih vendor yang terpercaya. Jangan sampai rugi karena kena tertipu vendor yang sebenarnya tidak berwujud. Luangkan waktu untuk mencari informasi mengenai vendor atau produk yang akan dijual sehingga reputasi calon pebisnis tetap terjaga.

Metode bisnis ini memudahkan calon pebisnis karena tidak perlu menyetok produk berbentuk barang, dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun serta tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya. Dengan pasar yang lebih luas hingga internasional, sangat berpotensi memberikan penghasilan dengan nominal yang cukup besar.

0 comments