NOW READING

Tiga Bandara Ini Sudah Dilengkapi Teknologi Canggih

 81
+
 81

Tiga Bandara Ini Sudah Dilengkapi Teknologi Canggih

by The Daily Oktagon
  • Beberapa bandara sudah menerapkan teknologi canggih.
  • Teknologi tersebut untuk memberi rasa nyaman bagi penumpang.
  • Ada juga teknologi yang ditujukan agar keselamatan penerbangan di bandara lebih terjamin.

Untuk memenuhi kebutuhan para penumpang transportasi udara yang semakin tinggi, beberapa bandara berbenah dengan menambahkan fasilitas teknologi canggih.

Transportasi udara menjadi andalan masyakarat yang ingin melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang singkat dibandingkan transportasi lain. Bandar udara atau bandara menjadi tempat paling sibuk melayani para penumpang layanan penerbangan. Sudah selayaknya bandara menyediakan layanan yang memberikan kenyamanan bagi para penumpang saat sedang menunggu pesawat.

Tolak ukur kelayakan sebuah bandara dapat dilihat dari pelayanan penumpangnya, kualitas ruangan hingga teknologi yang digunakan. Ada beberapa bandara yang menerapkan teknologi lebih baik dari bandara lainnya, dari atap solar panel, penyaring karbon dioksida, hingga pelayan bandara yang menggunakan iPad. Berikut ini beberapa bandara yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas canggih.

Singapore Changi Airport

Bandara yang terletak di Singapura ini sempat berturut-turut dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia. Bandara ini memiliki fasilitas teknologi yang canggih. Untuk para pebisnis, tersedia tempat gratis untuk cek email, mengetik dokumen hingga fasilitas fotocopy. Desain ruangan di bandara ini sebagian besar menggunakan kaca dengan tampilan futuristik. Hal ini untuk mengurangi konsumsi listrik dari lampu, terutama saat siang hari.

Selain Bandara, Terdapat Pula Hotel Yang Memiliki Teknologi Canggih

Inovasi lain yang terdapat di bandara ini adalah The Social Tree. Ini semacam lokasi khusus untuk penumpang yang ingin mengabadikan momen mereka saat berada di Changi dan membagikannya dengan mudah. The Social Tree memungkinkan penumpang untuk berbagi foto dan video dengan mudah dan cepat karena disediakan akses internet berkecepatan tinggi. Lokasi The Social Tree ini berada di Terminal Central Piazza, setelah counter imigrasi.

Foto: Shutterstock.com

Tak hanya itu, petugas bandara Changi juga sudah banyak yang menggunakan gadget untuk memberikan informasi pada penumpang. Mereka menggunakan iPad yang terhubung dengan pusat data untuk mencari jadwal penerbangan dan pengumuman lainnya.

Incheon Airport

Bandara Incheon dilengkapi dengan teknologi ‘ILS Cat-III B system’. Yaitu teknologi yang mengombinasikan pencahayaan intensitas tinggi dan sinyal radio untuk membantu pesawat ‘melihat’ jalan ketika melakukan pendaratan. Hal ini sangat membantu terutama pada saat cuaca buruk yang menyulitkan pilot melihat jalur landasan. Hal ini bisa mengurangi risiko kecelakaan pesawat ketika mendarat.

Foto: Shutterstock.com

Bandara Incheon juga menyediakan fasilitas menarik selama menunggu keberangkatan pesawat. Salah satunya terdapat bioskop CGV. Bagi penumpang yang memiliki waktu luang saat menunggu, dapat menikmati berbagai film terbaru. Yang juga membuat bandara ini terasa menarik, yaitu adanya fasilitas spa, museum hingga fasilitas untuk membuat kerajinan tangan korea.

Bandara Soekarno-Hatta

Demi meningkatkan daya saing pelayanan dengan bandara lain, bandara Soekarno-Hatta terus meningkatkan fasilitasnya. Terutama di terminal 3 belum lama ini selesai dibangun. Salah satu teknologi canggih yang diimplementasikan, yaitu HHS level 5. Teknologi ini bisa mendeteksi bahan peledak atau bom. Jadi, apabila ada barang yang terdeteksi bom, maka akan langsung dimasukkan ke kantong khusus untuk ditindak lanjuti oleh pihak berwenang.

Foto: Shutterstock.com

Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan airport security system yang berfungsi layaknya intelijen. Dengan teknologi ini, CCTV akan mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masuk ke daftar pihak berwajib.

Selain itu, terdapat fully Intelligence Building anagement System (IBMS) yang membuat terminal 3 bandara Soekarno-Hatta menjadi bangunan yang mengusung konsep eco green. Karena dapat mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik, dan sistem hemat energi lainnya.

Apa Saja Sih Film Yang Menggambarkan Teknlogi Masa Depan? Yuk, Lihat Disini

0 comments