NOW READING

Tiga Aplikasi Karaoke Paling Keren yang Wajib Dicoba

 3805
+
 3805

Tiga Aplikasi Karaoke Paling Keren yang Wajib Dicoba

by The Daily Oktagon

Siapa sih penikmat digital lifestyle yang tidak suka mendengarkan musik? Rasanya, sebagian besar pasti suka menikmati hiburan lewat suara ini. Musik atau lagu sudah menjadi bagian dari gaya hidup zaman sekarang. Kalau dulu, mendengarkan musik mungkin hanya bisa dilakukan di waktu dan tempat tertentu. Tapi, dengan adanya perangkat pintar seperti smartphone, mendengarkan musik bisa dilakukan setiap saat tanpa mengenal tempat.

Nikmati Musik Makin Asik dengan Aplikasi Lirik di Smartphone

Semakin pintarnya ponsel dengan beragam sistem operasi membuat banyak pengembang aplikasi tertarik untuk membuat aplikasi khusus untuk meningkatkan pengalaman kita dalam menikmati musik. Aplikasi tersebut mulai dari pemutar musik, pencari atau pengenal judul lagu, hingga aplikasi untuk mencari lirik lagu.

Bicara soal aplikasi pencari lirik lagu, saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang bisa diandalkan dan tentu saja direkomendasikan. Karena jujur saja, mendengarkan musik favorit rasanya kurang sah apabila kita tidak ikut bernyanyi melantunkan lirik. Nah, kalau Anda tidak hapal dengan lirik lagunya, saatnya untuk mencoba tiga aplikasi karaoke paling keren yang wajiba dicoba. The Daily Oktagon sudah menyiapkan untuk Anda. Yuk, simak ulasannya.

JOOX

JOOX sadalah plikasi pendatang baru yang dirilis oleh pengembang asal Cina, Tencent, perusahaan yang juga menciptakan aplikasi chatting WeChat. Namun, karena menyajikan fitur-fitur yang sangat berguna plus cara penggunaan yang mudah, JOOX bisa melesat menjadi aplikasi musik yang paling banyak diunduh di App Store dan Google Play.

aplikasi-lirik-01

Di Indonesia, JOOX sudah dirilis secara resmi dan sudah mendukung bahasa Indonesia. Pada dasarnya JOOX adalah aplikasi streaming musik dengan katalog yang sangat beragam. JOOX menyediakan ratusan ribu judul lagu, baik lokal maupun internasional. JOOX bisa di-download secara gratis. Namun tidak semua lagu bisa Anda nikmati secara cuma-cuma. Ada banyak judul lagu yang hanya bisa diputar ketika Anda menyandang status VIP.

Jangan bersedih, karena untuk mendapat status VIP tidak sulit. Selain dengan cara membayar, Anda bisa mendapat status VIP dengan men-share lagu yang sedang Anda dengarkan ke media sosial seperti Facebook. Satu kali share berarti Anda mendapat status VIP untuk satu hari.

Yang bikin aplikasi ini sangat asyik digunakan tak lain adalah fitur pencari liriknya. Jadi ketika Anda sedang mendengarkan musik, Anda pun bisa sembari bernyanyi karena aplikasi ini bisa menampilkan lirik secara otomatis. Lirik yang ditampilkan pun berjalan sesuai dengan lirik yang sedang diucapkan, persis seperti sedang berkaraoke.

Selain mencari dan menampilkan lirik, Anda pun bisa menjadikan salah satu kalimat dari lirik tersebut sebagai quote. Anda bebas menentukan kalimat mana yang ingin digunakan, lalu tentukan ukuran dan jenis font, dan pilih background gambar sesuai keinginan. Setelahnya Anda bisa menyimpannya untuk kemudian di-share di media sosial.

Anda tentu juga suka artikel berikut, Headphone Berkelas Terbaru untuk Manjakan Telinga Audiophile

MusiXmatch

Aplikasi pencari lirik kedua yang kami rekomendasikan adalah musiXmatch. Aplikasi ini bisa digunakan secara cuma-cuma. Dibanding JOOX, fitur yang ditawarkan musiXmatch masih kalah lengkap. Anda tidak bisa streaming musik menggunakan aplikasi ini. Sebenarnya sih bisa, namun Anda harus menggunakan layanan Apple Music yang tentu saja berbayar.

Jadi, musiXmatch lebih nyaman digunakan untuk mendengarkan musik yang ada di dalam smartphone Anda sembari mencari dan menampilkan liriknya. Tentu saja, Anda harus terhubung dengan Internet untuk menggunakan fitur pencari lirik ini.

aplikasi-lirik-02

Tidak kalah dari JOOX, musiXmatch juga bisa menyajikan lirik sesuai dengan timing lirik yang sedang dinyanyikan. Fitur ini membuat kita seakan sedang berkaraoke. Jika lirik lagu tidak tersaji dengan tepat, aplikasi ini mengizinkan Anda untuk mengeditnya.

Kalau suka membuat quote dari lirik lagu, Anda pun bisa menyalurkan hobi tersebut menggunakan musiXmatch. Fitur yang disajikan tak kalah dari JOOX. Anda bebas memilih kata maupun kalimat dari lirik lagu yang sedang didengar, lalu pilih foto yang pas sebagai penunjang. Ukuran dan jenis font juga bisa disesuaikan. Plus, musiXmatch juga menyediakan filter foto untuk memberikan efek dramatis!

Lyrics Mania

Kalau merasa kedua aplikasi yang kami rekomendasikan di atas cukup merepotkan karena yang Anda cari hanyalah aplikasi pencari lirik biasa, maka yang patut Anda coba adalah Lyrics Mania. Aplikasi ini menawarkan interface dan cara penggunaan yang relatif lebih mudah.

aplikasi-lirik-03

Awal membuka Lyrics Mania, Anda sudah dihadapkan dengan ikon “search” untuk mendeteksi judul lagu yang sedang Anda dengarkan. Atau Anda bisa langsung memutar lagu yang ada di storage smartphone dan mencari serta menampilkan liriknya melalui aplikasi ini. Adapun proses identifikasi judul lagu dan pencarian lirik rata-rata hanya membutuhkan waktu kurang dari lima detik.

Menarik sekali kan? Nah, saatnya Anda menentukan mana yang paling cocok dengan selera!

Yuk, simak juga Ini Tiga Drone Paling Inovatif dan Menjanjikan di 2016

0 comments