NOW READING

Tesla Ciptakan Baterai Terbesar di Dunia

 365
+
 365

Tesla Ciptakan Baterai Terbesar di Dunia

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Baterai lithium-ion terbesar di dunia buatan Tesla ini sanggup memberikan cadangan listrik untuk 30 ribu rumah.

Tesla selama ini dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan mobil sport elektrik berkecepatan tinggi. Namun, perusahaan ini sebenarnya tak hanya memproduksi mobil saja. Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk ini juga sangat berjasa dalam pengembangan teknologi di bidang penyimpanan energi dan panel surya.

Berkat keahlian mereka dalam bidang penyimpanan energi, Tesla kini sanggup menciptakan baterai sebagai sumber daya untuk pembangkit listrik. Bahkan, baterai buatan Tesla ini menjadi baterai lithium-ion terbesar di dunia. Baterai berkapasitas 129 megawatt ini diklaim mampu memberikan cadangan listrik untuk 30 ribu rumah selama satu jam, seperti dilansir dari Reuters.

Untuk diketahui, baterai lithium-ion sendiri adalah baterai yang saat ini sangat umum digunakan pada perangkat gadget, seperti smartphone, tablet, laptopdan sebagainya.

Baca juga: Mobil Listrik Tesla Roadster Akan Dikirim ke Luar Angkasa

Foto: Tesla

Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, ini menyematkan baterai tersebut untuk sebuah peternakan angin di Australia Selatan. Peternakan tersebut dimiliki oleh sebuah perusahaan energi terbarukan asal Prancis yang bernama Neoen.

Hal ini sengaja dilakukan Tesla untuk membantu menyediakan cadangan energi yang lebih terjangkau di wilayah tersebut. Jika pengujian pembangkit tenaga listrik besutan Tesla itu dianggap berhasil, nantinya layanan serupa bakal diterapkan di tempat lainnya.

Sebelumnya, pada dua tahun ke belakang, di Australia Selatan memang kerap terjadi pemadaman listrik. Hal inilah yang kemudian membuat CEO Tesla, Elon Musk merasa tertantang untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Tesla Rilis Powerbank Untuk Pertama Kali

Foto: Shutterstock

Bahkan, orang yang disebut sebagai ‘Iron Man’ di dunia nyata ini menjanjikan proyek pengerjaan baterai untuk pembangkit listrik tersebut bisa dilakukan hanya dalam waktu 100 hari. Ia rela tidak mendapatkan bayaran jika janji itu tidak bisa dipenuhi. Namun, pada akhirnya proyek dapat berjalan dengan lancar, dan ia memenuhi apa yang telah ia janjikan.