NOW READING

Ternyata, Deretan Film Ini Memberi Gambaran Teknologi Masa Depan

 1241
+
 1241

Ternyata, Deretan Film Ini Memberi Gambaran Teknologi Masa Depan

by The Daily Oktagon
  • Ide yang tidak masuk akal namun menakjubkan bisa tergambar dalam sebuah film genre sci-fi.
  • Beberapa teknologi yang awalnya hanya imajinasi, ternyata sudah menjadi nyata dan digunakan dalam keseharian.
  • Berikut deretan film yang menceritakan teknologi terkini berdasarkan daya imajinasi pembuatnya.

Menonton film bisa menjadi hiburan bagi banyak orang. Genre film science fiction (sci-fi) pun menjadi salah satu yang terfavorit.

Banyak sutradara ternama dari berbagai dunia yang berani memproduksi film dengan genre tersebu. Berikut ini adalah deretan film yang menggunakan tema sci-fi tetapi terfokus pada teknologi di masa depan. Kecanggihan yang dihadirkan pada setiap film ini menjadi suatu karya yang masih menjadi populer hingga saat ini.

Untuk Kamu yang ingin mencoba membuat film Sci-Fi sendiri, jangan lupa lihat ulasan Kamera Lumix GH5 di sini.

Foto: Shutterstock.com

Siapa yang tidak tahu tentang film besutan sutradara George Lucas ini? Star Wars sendiri sudah diproduksi sejak 1977 dengan peralatan yang sederhana, namun sarat imajinasi. Film yang menceritakan peperangan antar planet ini menjadi favorit karena tokoh-tokoh yang unik, jalan cerita yang menarik, dan juga berbagai benda dan teknologi yang diprediksi akan hadir di masa depan. Benar saja bahwa beberapa di antaranya sudah terealisasikan menjadi nyata, seperti hologram, layar navigasi, hingga robot bertingkah layaknya manusia atau humanoid. Seri terbaru dari Star Wars pun sangat disukai hingga mendapat rating 8.7 di situs IMDb.

Tron Legacy berkisah tentang seorang anak yang masuk ke dunia virtual buatan ayahnya sendiri. Di dalam dunia tersebut, sang anak bernama Sam Flynn harus bertarung dengan petarung virtual lainnya. Di pertarungan terakhir, Sam harus bertarung dengan ayahnya sendiri untuk menyelamatkan diri serta ayahnya agar kembali ke dunia nyata. Film ini menampilkan kendaraan hingga senjata virtual dengan menyelipkan drama antara ayah dan anak. Jika diikuti dengan seksama, film ini memberikan gambaran mengenai teknologi virtual reality yang masih terus dikembangkan hingga sekarang.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Salah satu film animasi yang menghibur siapa pun yang menontonnya. Big Hero 6 menceritakan seorang anak jenius bernama Hiro Hamada yang ingin mencari tahu penyebab kematian kakaknya, Tadashi. Dibantu enam teman kakaknya dan satu robot bernama Baymax, Hiro berjuang mendapatkan keadilan dan bahkan menyelamatkan nyawa seseorang. Karakter yang menjadi ikon adalah Baymax, robot gembul warna putih yang dibuat dengan teknologi mengetahui rasa sakit yang diderita seseorang. Hal ini menginspirasi dunia teknologi dengan melahirkan robot perawat seperti Robear dari Jepang pada 2015.

Will Caster yang diperankan aktor kawakan, Johnny Deep, ini mengisahkan seorang ilmuan yang ambisius. Will ingin membuat sebuah robot yang dapat berpikir seperti manusia. Robot ini sekarang bisa disebut juga sebagai artificial intelligence. Will berjuang membuat robot yang berisikan otaknya setelah dirinya divonis akan mati dalam waktu satu bulan. Film ini menyampaikan kecanggihan teknologi AI yang sudah dimasukkan otak manusia nyata bukan buatan. Bahkan Facebook pun pernah menggunakan sistem AI untuk menjalankan fitur chatbot mereka.

Menjadi salah satu film favorit, Transformer hadir dengan cerita mobil yang berubah menjadi robot di masa depan. Film fiksi ilmiah ini dibuat oleh sutradara Michael Bay dan telah dibuat hingga seri kelima yang rilis di tahun ini. Karakter robot seperti Optomus Prime, Bumblebee dan mobil robot lainnya bertarung untuk menjaga bumi dari serangan robot planet lain. Film ini pun menginspirasi banyak orang dalam membuat inovasi seperti laptop yang bisa berubah menjadi tablet secara instan.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Deretan film di atas memang sudah pernah tayang di tahun-tahun sebelumnya. Ide-ide yang dihadirkan oleh para pembuat film sangat baru bahkan tidak terpikir sebelumnya. Setelah menonton film tersebut, mungkin Anda juga terinspirasi membuat suatu karya film mulai dari yang sederhana seperti yang dilakukan oleh para pembuat film independen bahkan sampai Youtuber akun Tobuscus, Toby Turner. Siapa tahu teknologi yang awalnya hanya imajinasi, menjadi nyata di masa depan.

Baca juga: Perangkat Berkonsep Unik dan Inovatif Bagi Para Ayah

0 comments