NOW READING

Temukan Kekuatan Diri Anda melalui Buku ‘Identify Your Strengths’

 663
+
 663

Temukan Kekuatan Diri Anda melalui Buku ‘Identify Your Strengths’

by The Daily Oktagon

Apa kekuatan diri Anda ? Mungkin sudah ada yang tahu, tapi tidak sedikit pula yang masih belum menemukan apa sebenarnya yang menjadi kekuatan diri. Padahal hal itu merupakan modal penting bagi kita untuk bisa menjadi sukses dalam menjalani kehidupan.

Buku ‘Identify Your Strengths’   yang baru saja diterbitkan, bisa membantu untuk mencari dan menemukan potensi dan kekuatan diri yang tersimpan di dalam diri Anda.  Buku ini dikarang oleh Pascal Lasmana, seorang praktisi dan konsultan berpengalaman di bidang human resourches dan sekaligus sebagai pemilik perusahaan konsultan Virtues International.

Menurut Pascal, setiap orang punya kekuatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan diri sesungguhnya. “Sering kali orang bekerja atau berkegiatan belum mengetahui apakah sudah sesuai dengan kekuatan dirinya. Padahal kalau kita tahu seperti apa diri kita sesungguhnya, maka kita pun bisa maksimal. Dan buku ini akan membantu akan hal itu” tambahnya.

Baca juga : Berburu Buku Inspirasi Fotografi di Monogram Books

 

7 Kategori Profil

Dalam buku ini akan dijelaskan cara mengidentifikasi kekuatan diri melalui Virtues Profiling System. Di sistem ini ada 7 kategori profil seseorang, yaitu Visionary (orang yang visioner, banyak berfikir, memiliki banyak ide), Intrapreuneur (orang yang bisa melihat kesempatan, memiliki perhitungan yang matang), Realist (melihat sesuatu lebih detil), Task Master (orang tipe pekerja yang langsung mengerjakan apa yang diperintahkan), Unifier (tipe orang yang memiliki komunikasi yang bagus). Kelima profile tersebut harus didukung dua ‘pondasi’, yaitu Emphaty dan Spiritual.

Selain membantu menemukan kekuatan diri, buku ini juga menjelaskan bagaimana dalam suatu organisasi atau perusahaan, ketujuh profil tersebut bisa bersinergi sehingga menciptakan kekuatan yang saling melengkapi. Dengan begitu akan membawa kemajuan bagi perusahaan.

Karena dalam suatu organisasi atau perusahaan, selain mengetahui kekuatan diri sendiri, kita juga perlu mengetahui kekuatan orang lain, sehingga tahu bagaimana cara menghadapi orang-orang yang tipenya berbeda dari kita. Jadi buku ini tidak hanya dibutuhkan oleh pribadi perseorangan, tapi juga untuk organisasi atau perusahaan. “Buku ini juga cocok dibaca oleh anak sekolah atau kuliah. Karena bisa membantu dalam menentukan ingin melanjutkan kuliah di jurusan apa dan setelah lulus kuliah pekerjaan apa yang dinilai paling cocok atau ingin berkarir di bidang apa” ujar Pascal.

Mengangkat judul ‘Identify Your Strengths’ , buku ini juga mencoba memahami perkembangan zaman. Di mana di zaman milenial sekarang ini, sudah seharusnya orang lebih fokus pada kekuatannya, daripada kelemahannya. “Biasanya orang lebih fokus pada kelemahannya, lalu mencoba untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Padahal seharusnya mereka lebih fokus pada apa yang menjadi kekuatannya. Sehingga mereka bisa menjadi ahli dalam bidang yang sesuai dengan kekuatannya” terang Pascal.

Pascal Lasmana , Pengarang Buku ‘Identify Your Strenghts’

Berdasarkan Pengalaman

Hal lain yang menarik dari buku ini, yaitu ditulis berdasarkan pengalaman, bukan sekadar teori.  “Saya menulis buku ini karena saya adalah seorang praktisi. Buku ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama ini” ujar Pascal. Lebih lanjut dia menceritakan bahwa dia sudah banyak ‘makan asam garam’ pengalaman hidup. Mulai dari sukses membangun bisnis hingga juga pernah mengalami masa-masa keterpurukan. Berbekal kekuatan diri yang dimilikinya  akhirnya kini dia sukses menjadi seorang praktisi dan konsultan.

“Saya pernah membangun restoran, bisnis franchise, pernah juga jadi sales, sering melakukan kegiatan sosial ke berbagai pulau di seluruh Indonesia dan akhirnya kini menjadi praktisi seperti sekarang ini” kata Pascal. Bahkan selain mendirikan perusahaan konsultan Virtues International, Pascal juga masih menggeluti bisnis yaitu dengan membangun resort Pulo Cinta di  sebuah pulau di Gorontalo.

Lebih lanjut Pascal menjelaskan buku ini sebenarnya mulai ditulis pada 2011, namun sempat vakum selama 3 tahun dan akhirnya baru pada awal 2018 ini buku tersebut resmi diluncurkan. “Buku ‘Identify Your Strenghts’ baru berisi sekitar 15% dari apa yang saya tulis seluruhnya. Jadi akan ada seri buku lanjutan lainnya” tambahnya. Dalam menulis buku ini, Pascal juga mengajak rekannya Elizabeth Santosa, seorang Psikolog, untuk menjadi CoWriter-nya.

Hal lain yang menarik dari buku ini adalah ukurannya yang tergolong mungil sehingga nyaman untuk dibawa atau disimpan di tas. Tidak hanya itu, isi buku ini pun terasa enak dibaca karena dikemas dalam bentuk tulisan yang tidak terlalu panjang atau to the point, bahasa yang sederhana serta dilengkapi tampilan gambar dan beberpa quotes. “Buku ini sangat edukatif, friendly dan semua orang bisa dengan mudah mencerna isinya” ujar Pascal Lasmana.

Buat Anda yang tertarik dengan buku ‘Identify Your Strenghts’, bisa mendapatkanya di toko buku Kinokuniya dan di goodly.id.

0 comments