NOW READING

Teknologi CGI, Hasilkan Film Gaya Animasi Menjadi Terlihat Nyata

 116
+
 116

Teknologi CGI, Hasilkan Film Gaya Animasi Menjadi Terlihat Nyata

by The Daily Oktagon
  • Canggihnya teknologi dapat membuat sebuah film menjadi sangat mengagumkan.
  • Cara pembuatannya memanfaatkan teknologi CGI yang menggabungkan tokoh manusia dengan karakter animasi grafis.
  • Meski membutuhkan proses yang panjang, namun hasilnya bisa sangat diapresiasi para penonton.

Teknologi CGI adalah menggabungkan tubuh asli tokoh karakter di dunia nyata dengan hasil grafis digital. Penggunaannya mampu menghasilkan sebuah film dengan ide cerita segar yang menakjubkan.

Pasti ada di antara Anda yang pernah menonton film seri Harry Potter atau The Avengers. Tahukah Anda bahwa proses pembuatannya tidak hanya menggunakan teknik pengambilan gambar biasa? Untuk membuatnya lebih sempurna, para kru memanfaatkan teknologi CGI yang sudah semakin berkembang. Teknologi ini sudah banyak digunakan para pembuat film di negara Amerika Serikat. Saat ini, CGI sudah mulai digunakan juga di negara lain termasuk Indonesia.

 

Foto: Shutterstock

 

Awal Mula CGI Digunakan

Sebelum mengenal lebih jauh, perlu diketahui bahwa CGI merupakan singkatan dari Computer Generated Imagery. Jika diterjemahkan, teknologi CGI memanfaatkan grafik komputer atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D dalam efek yang spesial. Penggunaan teknologi ini sudah dilakukan oleh pembuat film, atau di acara televisi, iklan, hingga pemotretan untuk majalah atau brosur.

Efek yang didapat dari penggunaan CGI ini sangat mudah untuk dikontrol. Terutama untuk sebuah adegan yang menggabungkan antara objek atau aktor dan latar belakang. Teknologi ini dapat dibuat dalam bentuk gambar 2D untuk bidang datar atau 3D untuk pembentukan karakter kartun atau bentuk geometrik. Alat yang digunakan dari perangkat lunak seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, juga AutoCad untuk hasil 2D. Berbeda dengan 3D yang menggunakan Autodesk Maya atau Lightwave 3D.

 

Foto: Shutterstock

 

Pelajari teknik awal menggambar animasi sederhana yang mendunia dari ahlinya, Pinot Ichwandardi.

Karya dari Adanya Teknologi CGI

Sudah banyak film dari luar negeri yang menggunakan teknologi ini. Contohnya seperti Life of Pi, sebuah film yang menceritakan seorang anak India yang berjuang mengarungi lautan bersama seekor harimau. Pada kenyataanya, sang harimau hanyalah sebuah boneka kecil berwarna biru yang disunting sedemikian rupa. Hasil akhirnya adalah harimau yang sangat besar dan terlihat seperti hewan nyata.

Di Indonesia sendiri, film mengunakan teknologi CGI pertama adalah Bangkit. Berkisah tentang bencana alam besar-besaran di Indonesia, khususnya Ibukota Jakarta. CGI digunakan untuk menghasilkan hujan hingga ombak besar yang menerjang. Film terbaru yang sudah rilis di 10 Agustus 2017 lalu dengan tokoh utama adalah anak dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rafathar.

 

Foto: Shutterstock

 

Perkembangan Teknologi dalam Perfilman

Saat ini, semakin banyak dari pembuat film yang berani menghasilkan film menggunakan teknologi CGI. Karya mereka banyak yang diapresiasi karena ide yang segar. Namun, memang memerlukan banyak properti dalam prosesnya untuk menjadikannya telihat nyata. Peralatan seperti tali sling, layar hijau, juga set studio yang besar yang mampu memuat properti lainnya.

Selain properti yang beragam untuk mendukung hasil sempurna pada gambar, proses pembuatannya pun memakan waktu lama. Bahkan seperti film animasi ‘The Lego Movie’ tahun 2014 memerlukan waktu hingga 4 tahun selama proses pembuatannya. Masih banyak film lain yang mampu memukau penikmat film dengan menggunakan teknologi CGI ini.

Meski membutuhkan tenaga ekstra dalam pembuatan, namun hasil akhir yang didapat bisa sangat berarti. Kemunculan CGI ini juga menunjukkan bahwa teknologi mampu berperan penting dalam segala hal termasuk perfilman. Bagi Anda yang mau berkecimpung di dunia film, mungkin suatu saat bisa berkesempatan untuk menghasilkan karya berteknologi tinggi ini. Selamat mencoba dan mengeksplorasi kecanggihan teknologi dalam karya.

Ingin membuat sebuah desain karakter animasi dari laptop? Simak komparasinya di sini.

0 comments