NOW READING

Teknologi AI Terbaru ini Bisa Memanipulasi Wajah Seseorang

 271
+
 271

Teknologi AI Terbaru ini Bisa Memanipulasi Wajah Seseorang

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) belakangan ini semakin beragam, bahkan sampai ada yang dapat memanipulasi pergerakan bibir dan raut muka seseorang yang ada di sebuah tayangan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan teknologi Artificial Intelligence bernama Face2Face.

Baca juga : Penggunaan Artificial Intelligence yang Mempermudah Pekerjaan

AI (Foto: Face2Face)

Teknologi ini dikembangkan oleh peneliti dari tiga perguruan tinggi, yaitu Max Planck Institute for Informatics, University of Erlangen-Nuremberg, dan Stanford University. Face2Face menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi pergerakan wajah. Sebuah webcam yang disertai software khusus akan digunakan untuk merekam wajah penggunanya. Kemudian rekaman ini akan disinkronisasikan dengan sebuah video yang ingin dirubah. Jadilah sebuah video dengan tampilan muka yang bisa diganti dengan muka orang lain. Mirip teknik cropping pada foto.

Baca juga : Google Allo, Aplikasi Chatting Baru Berteknologi Artificial Intelligence

AI (Foto: Face2Face)

Dilansir dari Wired, Face2Face berkerja secara real-time dengan melakukan perhitungan photometric consistency sehingga video terlihat lebih realistis. Para peneliti melakukan percobaan dengan mengganti ekspresi beberapa pelaku politik di dunia, misalnya George Bush, Vladimir Putin, Donald Trump, dan Barrack Obama.

Namun jika teknologi ini tidak digunakan dengan bijak maka akan menghasilkan sesuatu yang meresahkan. Contohnya adalah munculnya berbagai macam berita hoax dengan memanfaatkan teknologi AI.

0 comments